Report Mudik Lebaran ke Lombok, 10-24 September 2009

Sebenarnya perjalanan mudik kali ini tidak fokus karena Lebaran 1430 H. Tapi, sebagai Team Advance trip mancing bos kantor. Dimana trip mancingnya akhirnya deal per tanggal 21 September untuk Fun Fishing Trip. Dengan lokasi di seputar perairan Gili Trawangan. Serta Sport Fishing Trip di 22-24 September di spot Tanjung Bangko-Bangko, Lombok Selatan.
Alhamdulillah, 2 trip mancing cukup sukses.
Report trip mancing akan dibuat tersendiri.

Keberangkatan

Itinerary Bis
Mengingat sudah tidak ada PO Bus yang melayani trip Semarang-Mataram, pilihan startnya bisa dari Solo atau Jogja.Kami sendiri memilih start dari Solo. Berikut rute perjalanannya:

10 September 2009
Semarang-Solo : Bis Joglo Semar : Rp 35.000/orang/seat.
Berangkat jam 08.00 WIB

Solo-Mataram : Bis Safari Dharma Raya : Ro 400.000/orang/seat.
Berangkat jam 5 sore dari pool bis belakang Terminal Tirtonadi-Solo.

Catatan khusus dari 2 trip ini, baik bus Joglo Semar pun Safari Dharma Raya ada resiko double no kursi. Jadi pastikan Anda selalu membawa tiket dan datang lebih awal di masing-masing pool bis. Sebab, bagaimanapun cara Anda memesan tiket dan harganya, yang akan berlaku adalah hukum alam. Siapa cepat dia dapat..:D

Kontak Bis Joglo Semar :
Town office Yogyakarta: 0274-623700
Town office Semarang: 024-7477700Miranda Resto-Mb Lina/ TIC Pemuda 024-3586980
Town Office Solo: 0271-743087/ 0271-7050441

Kontak Bis Safari Dharma Raya :
Telp : 024-3522222, 024-3520034, Fax : 024-3543033
Pak Kris , Jl. Dr. Cipto No. 82A Semarang Email kesini

Itinerary Kereta
Ditulis nanti yak. Secara harus googling dulu bahan-bahannya..:)


Itinerary Pesawat
Trip pesawat juga belum ada yang langsung Semarang-Mataram. Pilihan transitnya bisa dari Jogja atau Surabaya.Ikut trip keluarga bos kantor kemarin, mereka memilih transit di Surabaya.

19 september 2009
Semarang-Surabaya : Pesawat Sriwijaya Air : Rp 400.000,-an rb/org/seat.
Berangkat : Jam 09.45 WIB dan 17.20 WIB

Surabaya-Mataram : Pesawat Lion Air : Rp 679.000,-an/orang/seat ??? liat dari ngintip copy tiket keluarga bos.
Tipe pesawat Boeing entah berapa..:D
Landed di Mataram pukul 17.00 WITA [waktu Indonesia Tengah].
Berangkat : Jam 14.00 WIB dan bisa molor.

Kontak person utk pesan tiket :
Heru FYahoo Msg : e_ticketz@ yahoo.com / HP: 081908334748
Kontak Pak heru dari link ini

Skedul di bandara menyebutkan landed pesawat sekitar jam 16.00 WITA. Tapi ternyata molor 1 jam. Jadi, sebaiknya sedia bahan bacaan dan snack ringan. Untuk berjaga-jaga jika waktu transit dan take off-landednya molor. You know, we are still and stay at Indonesia..:P

Itinerary Mobil/Motor
Untuk pilihan ini, sangat disarankan Anda memilih jalur tengah. Semarang-Salatiga-Boyolali-Ngawi dan seterusnya sampai Lombok.

Alasan utama adalah kenyamanan selama berkendara dan juga banyaknya pom bensin yang tersedia sepanjang jalur. Yang pasti, sebagian besar jalan bukan jalur bis, apalagi truk, tronton dan sebangsanya.

Yang perlu diperhatikan adalah jalur-jalur hutan karet diBanyuwangi. Pastikan Anda seiring dengan rombongan mobil/motor lainnya dan tidak masuk ke areal tersebut diwaktu tengah malam. Lebih baik menghindari bahaya daripada mengundangnya kan?

Perjalanan
Itinerary bis-mobil/motor-kereta hampir pasti akan melewati 2 x penyeberangan pulau.

Yang pertama di Pelabuhan Ketapang-Banyuwangi, ke Pelabuhan Gilimanuk-Bali. Kedua, Pelabuhan Padang Bai-Bali, ke Pelabuhan Lembar-Lombok.

Berikut rincian biaya nyebrangnya:
More..


Ketapang-Gilimanuk:
Rp 10.000/orang ??? [untuk itinerary kereta]Belum Konfirmasi harga tiket terbaru
Rp 75.000,- s/d 88.000,-/motor/2 rider ??? Belum Konfirmasi harga tiket terbaru
Rp 94.000,-/mobil/se penumpangnya.
Bus, gratis. Sudah termasuk harga tiket.

Perjalanan hanya 30-45 menitan. Bisa naik ke kapal atau kalau mau diam di mobil. Dengan catatan tidak ketahuan ABK Kapal..;p

Padang Bai-Lembar:
Rp 18.000/orang [untuk itinerary kereta]
Rp 75.000,- s/d 86.000,-/motor/2 rider http://beta.kaskus.us/showthread.php?p=120086112
Rp 550.000,-/mobil/se penumpangnya.
Bus, gratis. Sudah termasuk harga tiket.

Mengingat perjalan kapal yang cukup lama, sekitar 3-7 jam [7 jam hanya jika ombak sedang sangat besar], sangat disarankan menambah stok snack/pop mie/roti/buah-buahan. Untuk pop mie/teh/kopi, Anda bisa membeli air panas dikapal. 1 cup/gelas/cangkir Rp 2.000,- atau bahkan seribu rupiah jika Anda langsung membeli lebih dari 3 cup/cangkir/gelas. Hemat beberapa ribu rupiah daripada membeli langsung diatas kapal. Satu gelas kopi nescafe cream misalnya, bisa jadi 4-6rb.
Beberapa kapal malah menawarkan penyewaan kamar atau bed/kasur. Range kamar antara 25rb-40rbm tergantung jumlah penumpang kapal saat itu. Semakin ramai akan semakin murah. Bed/kasur antara 15-30rb dengan pertimbangan yang sama.

Fun Holiday @ Lombok
Asumsi Anda sampai di Lembar jam 7 pagi WITA. Untuk mobil/motor/bus tidak masalah. Anda bisa langsung tancap gas kearah manapun. Senggigi cuma 1 jam-an. Kota mataram-Cakranegara-Ampenan? Sekitar 45 menitan.

Yang agak repot, kalau Anda pakai kereta. Nyampe di Pelabuhan Lembar Jam 7 pagi biasanya masih dipaksakan sebagai ongkos malam. Dan bisa naik 2 x lipat dari standar ongkos biasa. Misal, Lembar-Terminal Bertais, ongkos biasa 3-6rb rupiah. Bisa ditembak jadi 10-12rb-an /orang. So, pinter-pinter nawar an d nego aja.


Wisata Kuliner

Rumah Makan di seputaran kota Mataram-Ampenan-Cakranegara
RM Dirgahayu : lokasi disamping barat Mataram Mall.
Menu khas, pelecing ayam komplit atau bebalung[sop buntut ala Lombok]. Kisaran harga, makan berlima, 3 org dewasa dan 2 anak kecil, 150-an rb. Termasuk minum. Bebalung 17rb500 per porsi.
RM Sukaraja : lokasi sebelah kiri jalan menuju Ampenan dari arah Mataram [jalannya dua arah]. Disamping bank BRI Ampenan atau beberapa meter setelah lapangan Malomba Ampenan. Menu khas, bebalung-pelecing-sate pusut. Kisaran harga porsi bebalung 15-20-an rb. Satu pelecing ayam komplit
RM Denny Bersaudara ; lokasi, belok kiri sedikit dijalan Pajang, gang kecil beberapa meter sebelum sampai di Pom Bensin Pajang. Atau lampu merah pom bensin Pajang. Atau 200 meter sebelum Mataram Mall.
Menu khas, bebalung-pelebing ayam-sate sumsum-pusut dan lain-lain.

Khusus untuk penyuka B2, silakan bisa hunting diseputar kawasan Cakranegara. Tanyakan saja di karyawan hotel atau polisi yang terlihat. Biasanya mereka bisa menunjukkan lokasi warung/resto/rm-nya.

Warung Tenda diseputar pertokoan Cakranegara.
WR Ayam Bakar Taliwang : Lokasi sebelah kiri jalan. Catatan, dilokasi yang sama sebenarnya ada sekitar 4 warung tenda. Tapi, yang ini gampang ditandai. warungnya paling ramai..Menu khas, pelecing ayam komplit, beberapa menu ikan bakar.

RM-Warung-Resto di Senggigi-Gili Trawangan
RM Padang. Lokasi didepan Senggigi square yang baru.
Per porsi kabarnya 15an ribu.
Warung Menega : Lokasi, sebelah kiri jalan menuju Senggigi dari arah Ampenan.
Persis sebelum Hotel Bintang Senggigi. Menu yang disarankan, Kerang Bakar Saus Tiram. Beberapa menu ikan kerapu-kakap bakar. Per porsi antara 30-an rb sampai ada menu yg 160rb/kg.
Resto Taman Senggigi : Lokasi sebelah kiri jalan raya Senggigi. Bisa jalan kaki dari Sheraton atau Hotel Senggigi Beach. Menu aneka macam standar turis, meski juga ada menu lokal/Indonesia. Range harga 30-an rb keatas per porsi.


Wisata Pura-Makam-Kolam Kuno
Pura Batu Bolong ; Lokasi selalu dilewati jika menuju ke Senggigi atau sebaliknya kembali ke Ampenan-Mataram.
Makam Batu Layar ; Sama dengan lokasi Pura Batu Bolong. Hanya berjarak satu tikungan teluk..:)
Makam Bintaro ; Lokasi kiri jalan arah pulang-pergi Senggigi-Mataram. Dekat juga dengan makam Cina.
Pura Taman Mayura; Ada kolam renang publik. Sekitar 1,5 jam bermobil dari Senggigi. Kolam ini kabarnya adalah pemandian keputren jaman kerajaan Bali masih berkuasa di Cakranegara. Pura Taman Narmada; Ini yang agak jauh lokasinya. Sekitar 2 jam bermobil dari Senggigi. Ada air awet muda. Dan beberapa kolam renang publik.


Wisata Pantai-Air Terjun
Selain Pantai Senggigi, Pantai Kuta-Tanjung Aan dan Pantai 3 gili, ada beberapa teluk yang viewnya bagus buat foto-foto. Ada Malimbu, Kerandangan dan Tanjung Sire [lokasi Hotel Oberoi, yang rate kamarnya dalam dolar]..

Air terjun sendiri ada 2 lokasi yang umumnya gampang dicapai. Air terjun Sendang Gile dan Cemara Siu. Lokasi di desa Senaru, sekitar 4-5 jam bermobil dari Senggigi. Anak tangganya lebih dari 1500-an looooooooo...Jadi, kalau engkel lutut sudah meragukan, sebaiknya pikir-pikir dulu ya. Cemara Siunya sendiri, sekitar 1 jam perjalanan kaki dari lokasi air terjun Sendang Gile.

Untuk kontak person khusus oleh-oleh khas Lombok seperti Mutiara&Gerabah, hanya akan dipost khusus di milis BA_Oot.

No comments:

Recent

recentposts

Random

randomposts