Tips Merawat Pagar Rumah; Pagar Besi Maupun Kayu

Pagar merupakan elemen pelengkap padasebuah rumah. Belum lengkap rasanya sebuah rumah jika tidak memiliki pagar. Fungsi utama pagar untuk melindungi rumah agar aman dari gangguan kejahatan, seperti pencurian. Selain untuk menjaga keamanan rumah, pagar rumah juga bisa menciptakan keindahan dan daya tarik tersendiri bagi eksterior atau tampilan luar rumah. 

Pagar Minimalis. Adv
Kebanyakan orang malas merawat pagar minimalis mereka karena letaknya diluar. Padahal jika pagar dirawat dengan baik, Anda tidak perlu menanggulangi kerusakan yang terjadi pada pagar Anda seperti berkarat atau lapuk. Ketahui beberapa cara dalam merawat pagar rumah agar tetap awet dan tahan lama. Beda material beda pula cara merawatnya. Oleh sebab itu, perhatikan dengan seksama beberapa tips dibawah ini tentang caramerawat pagar rumah dengan bahan material besi dan kayu.

Pagar Besi 

Pagar besi merupakan pagar yang terbuat dari bahan dasar besi. Untuk mempercantik tampilan pagar besi, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Misalnya, memberikan hiasan pagar, ornamen pagar, mengecat seluruh permukaan pagar atau bisa juga dengan cara mengatur tinggi ideal pagar rumah. Merawat pagar besi agar tidak berkarat bisa terbilang mudah. Demikian informasinya! 

Lindungi pagar dengan menggunakan cat. Pagar rumah yang terlalu sering terkena terik panas matahari serta guyuran air hujan dapat mempercepat pengeroposan pada besi pagar yang akhirnya menjadi rusak atau berkarat. Untuk mengantisipasi hal itu Anda perlu melindungi pagar minimalisAnda dengan menggunakan cat. Mengecat pagar rumah bertujuan untuk melindungi besidari terik panas sinar matahari serta guyuran air hujan yang mengandung asam. Dengan dilapisi dengan cat efek dari panas serta guyuran air hujan akan terkurangi sehingga menjadikan pagar rumah Anda menjadi awet. 

Oleskan minyak. Selain cat untuk melapisi pagar rumah, Anda bisa menggunakan minyak yang dapat melindungi pagar rumah dari keropos. Pemberian minyak pada pagar rumah ini bertujuan agar airhujan tidak tertahan lama menempel pada pagar Anda. Sehingga pagar rumah memiliki umur yang awet dan tahan lama.

Selalu membersihkan pagar rumah. Bersihkan secara berkala pagar rumah Anda dari kotoran guna menjaga keawetan pagar tersebut. Bersihkan pagar dapat menggunakan sikat dan sabun untuk menghilangkan kotoran yang menempel.

Pagar Kayu

Pagar kayu merupakan furnitur eksterior rumah yang dapat membuat rumah menjadi terlihat alami dan berkelas. Keindahan pagar kayu menjadi keindahan eksterior yang patut di perhatikan dari sebuah rumah. Karena fungsinya untuk memperindah tampilan sebuah rumah, maka merawat pagar kayu menjadi sangat penting agar pagar selalu tampak cantik. Berikut caranya:

Mencegah rayap. Rayap merupakan masalah utama yang menyerang material kayu. Pagar kayu juga sangat rentan untuk terserang rayap. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menggunakan bahan anti rayap yang diaplikasikan sebelum memoles kayu dengan cat atau finishing yang lainya. Untuk perawatan secara berkala guna mengusir rayap anda bisa menggunakan semprotan anti rayap setiap enam bulan sekali.

Mengatasi warna yang kusam. Paparan sinar matahari serta hujan mengakibatkan warna pagar kayu akan menjadi kusam. Untuk memunculkan warna pagar kayu kembali Anda bisa mengecat pagar kayu yang telah dicampur dengan anti rayap atau jamur. Selain itu ada cara yang lebih mudah tanpa harus mengecat ulang. Anda bisa mengoleskan produk perawatan khusus kayu. 

Mengatasi jamur. Masalah lain yang sering timbul pada pagar kayu adalah jamur. Hal ini umumnya terjadi akibat material kayu yang lembab. Musim hujan tentu menjadi masalah besar bagi pagar kayu. Anda busa mengecat pagar dengan menggunakan cat poles alami yang mengandung antiseptic sehingga jamur tidak bisa tumbuh. 

Itulah beberapa tips dalam merawat pagar minimalis rumah Anda agar terlihat indah dan tahan lama. Semoga bermanfaat!

4 comments:

  1. Kalau pagar rumah saya dari besi. Paling keluhannya warna yang memudar dan berkarat. Yang paling ampuh emang harus di cat ulang. Makasi mba tipsnya ^^

    ReplyDelete
  2. Iya pagerku pager besi kudu dicat ulang ini, sering kena hujan jadi karatan

    ReplyDelete
  3. Rempong ya, punya rumah yang berpagar. Mau ngerawatnya suka males. Noted mb, siapa tahu niat ngebersihin hehehe

    ReplyDelete