Wakil Lombok Terbaik 8 di ROTY 2019 Indonesia

Gawe besar Hotel Frontliner Association (HFLA) Indonesia, yaitu Receptionist of The Year (ROTY) 2019 sukses terlaksana di Sabtu 23 Nopember lalu. Harris Riverview Hotel and Residences Bali, menjadi venue dari event antar pekerja frontliner ini. HFLA NTB mengirimkan dua wakilnya, dua pemenang utama dari event ROTY 2019 NTB, di akhir September lalu. 

ROTY 2019 Indonesia juga berlangsung sehari penuh. Para juara dari masing-masing event ROTY di daerah, berlomba memberikan pengetahuan terbaik mereka. Keandalan yang harus dibuktikan dari dua tes awal. Pertama, di Writing and Presentation Test.

Comittee HFLA NTB di ROTY 2019 Indonesia. Dok HFLA NTB

Rinaldi Maulana, wakil NTB, berbatik Sasambo biru di tengah. Dok HFLA NTB

BACA LAGI YUK: BEASISWA 9JT UNTUK JUARA ROTY 2019 NTB


Di tes awal ini, semua peserta diberikan kesempatan dengan waktu tertentu. Materi-materi pertanyaan yang bertalian dengan tanggung-jawab utama mereka. Di tes paling awal ini, umumnya peserta akan bisa menyelesaikan relatif cepat. Batasan waktu sekitar 45 menit, terkadang sudah bisa diselesaikan hampir di setengah dari batasan waktu ini. Tambahan tes presentasi, peserta mempertunjukkan kepiawaian mereka berkomunikasi ke publik.

Di sesi berikutnya, peserta akan membuktikan kemampuan berbahasa asing, serta ‘public speaking skills’. Disebut sebagai Debat Session. Di sesi ini, berlangsung di tiga batasan waktu, dengan topik-topik yang berbeda. Peserta dibentuk berkelompok, masing-masing tujuh orang. Masing-masing sesi debat, disiapkan dua topik berbeda.

Di sesi debat ini, kemampuan argumentatif peserta diuji. Bagaimana mereka menyajikan pendapat dan pandangan mereka sesuai topik debat, dan mempertahankannya terhadap argumentasi tim lain. 

Ellan Arjawa Sugatha, Febrianti dan Rinaldi Maulana, 3 peserta wakil HFLA NTB. Dok HFLA NTB
ROTY 2019 Indonesia telah dilaksanakan 12 X. Dok HFLA NTB
Dua tes awal ini, kemudian menjadi rujukan menentukan 10 finalis besar. Finalis yang harus kembali melalui satu tes utama, baru kemudian bisa meraih predikat juara. Role Play, merupakan istilah untuk tes final. 

Di tes Role Play, semua finalis mendapatkan tes terpisah dan contoh-contoh kasus yang sering terjadi di meja resepsionis hotel. Adakalanya, seorang tamu yang kesulitan berbahasa Inggris, namun komplain tentang layanan hotel yang begini dan begitu. Contoh kasus lain, bagaimana mengatasi tamu yang menginginkan lokasi kamar yang anti bising, meski itu suara dari mesin pemotong rumput misalnya. 

Usai tes Role Play serta rembug para tim juri, tiga pemenang dari ROTY Indonesia 2019 akhirnya diumumkan. Pemenang pertama diraih wakil dari Bali, Ida Ayu Dinda Intening Anggraghani, mewakili The One Legian Hotel Bali. Dinda juga juara dari ROTY 2019 Bali. Pemenang kedua berasal dari Surabaya, sementara pemenang ketiga berasal dari Jakarta.

Tim HFLA NTB, berdasarkan total nilai dari tiga tes, meraih urutan ke-4. Rinaldi Maulana, mewakili tim, naik ke panggung dan menerima apresiasi sebagai peraih Top 8 finalis ROTY 2019 Indonesia.

BACA LAGI: PERSIAPAN ROTY 2019 NTB


Tiga Juara ROTY 2019 Indonesia. Dok HFLA NTB
Adam Malik, salah seorang tim HFLA NTB dan kesehariannya menjadi Manager FO Villa Ombak Gili Trawangan, menyebutkan pencapaian HFLA NTB sudah memenuhi target. 

“Kita memang belum menargetkan juara. Jadi, meraih finalis ke-8, sudah menjadi prestasi tersendiri. Apalagi, HFLA NTB juga baru mengadakan event ROTY untuk yang paling pertama kali. Untuk event selanjutnya, tentu kami juga terus berupaya melahirkan kualitas FO yang terbaik,” tegas Adam Malik. 

Kembali ke ROTY 2019 Indonesia, Bali menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan lomba yang ke-22. Event ROTY 2020 nanti, diharapkan akan semakin banyak peserta yang berlomba, mewakili masing-masing daerahnya.

9 comments:

  1. wow, keren, ya, aku baru tahu ada event seperti ini, hehehe. semoga next makin banyak peserta biar makin produktif

    ReplyDelete
  2. Aku baru tahu kalo ada event lomba untuk resepsionis tingkat Nasional. Keren ya yang menang artinya terbaik dari perwakilan masing-masing daerah di Indonesia

    ReplyDelete
  3. Ternyata seru banget ya pemilihan receptionist of the year ini pake debat segala. Selamat buat para pemenang!

    ReplyDelete
  4. Wih, kereen. Dgn kompetisi kayak gini bisa memaksa peserta buat trs belajat ya mba 💪

    ReplyDelete
  5. Lomba seperti ini memang akan berimbas pada peningkatan pelayanan ya..bagus sekali..

    ReplyDelete
  6. Ternyata ada ya kompetisi receptionist of the year. Bisa jadi pemicu semangat kerja para resepsionis yq mbak supaya kerja mqksimal dan dapat penghargaan

    ReplyDelete
  7. Aku baru tahu, Bun ada event seperti ini. Congrats ya, Lombok juara!

    Bener sih ya, jadi front liner itu butuh berbagai macam skill karena merekalah yang menjadi 'wajah' hotel pertama kali ada tamu datang

    ReplyDelete
  8. Baru tahu kalau ada kompetisi macam ini, keren deh...bikin semangat untuk belajar terus

    ReplyDelete
  9. Kalau ada lomba seperti ini yang disertai apresiasi kemampuan, tentunya akan makin baik ya kualitas pelayanan standar hotel di Indonesia.

    ReplyDelete