Tahun ini, Faber Castell merayakan ulang tahun ke-260. Masa yang panjang dari sebuah dedikasi tanpa henti, bagi anak-anak dan setiap jenjang pendidikan mereka. Ungkapan selamat disampaikan dari beragam kalangan. Bukti dari eksisnya brand Faber Castell, di dunia kreasi tanpa henti.

Sebagian dari dedikasi tersebut, yakni penyelenggaraan Webinar Refleksi Pendidikan; Diantara PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dan PTM (Pembelajaran Tatap Muka) terbatas. Webinar ini berlangsung pada Sabtu, 5 Juni 2021 lalu. Yang menarik bagi saya, ditengah segala keterbatasan dari PJJ yang telah berlangsung, ada juga dampak positif pandemi bagi anak-anak. Apa saja?

Beruntungnya ikuti Webinar Faber Castell di 5 Juni lalu. SS Webinar di Zoom


Tantangan PJJ yang beresiko berlanjut pada PTM


Sebelum menuliskan sebagian dari dampak positif pandemi, tentu penting juga untuk tahu, dilema dari PJJ yang selama ini telah berjalan. Beberapa kendala yang cukup umum dan seringkali diungkapkan oleh para orang tua, diantaranya:

Pertama, model PJJ yang dilaksanakan tidak didukung oleh kurikulum pembelajaran yang sesuai. Salah satu yang mencolok, dimana tidak ada keseragaman standar penilaian dan standar proses dari setiap materi pelajaran itu sendiri.

Kedua, tidak semua peserta didik memiliki ponsel cerdas (smartphone). Di sebagian institusi pendidikan, permasalahan ini diatasi dengan kunjungan langsung guru ke rumah siswa. Namun, kendala selanjutnya, apakah kebijakan ini diberlakukan secara konsisten selama PJJ berlangsung?

Ketiga, permasalahan teknis seperti keterbatasan sinyal di daerah pedalaman. Hal tekni ini, ditambah keterbatasan pengetahuan guru dan orang tua dengan sistem pembelajaran online.

Tiga permasalahan umum di atas, membuat pilihan PJJ tidak optimal. Baik untuk siswa sendiri, para guru, serta para orang tua. Akhirnya, PTM terbatas mengemuka. Berikutnya, Ibu Saufi mengingatkan, untuk kembali membiasakan jam tidur dan bangun anak-anak. Juga membiasakan melakukan penerapan protkes ketat 5M.

Penenang hati selama PJJ, sisi positif yang dicapai anak. SS Webinar

Nah, dibalik dilema di atas, ternyata ada sisi positif pandemi dan pelaksanaan PJJ selama ini. Dua diantaranya, anak-anak memiliki kesempatan membangun karakter yang lebih kuat. Hal ini disebabkan, waktu interaksi yang semakin banyak serta upaya bersama mengatasi kesulitan selama PJJ, antara ibu dan anak-anak. Disamping itu, soft skill anak-anak juga terasah. Yang tadinya anak sudah kehabisan energi di sekolah, kini sebagian pekerjaan rumah tangga juga bisa dilakukan mereka. Tentu setelah menyelesaikan tugas-tugas PJJ mereka.

Lekatnya Faber Castell di Dunia Kreatif Pendidikan


Di akhir materi webinar, Ibu Saufi menyatakan apresiasi atas produk-produk Faber Castell. Sekian kali bekerja sama, Faber Castell sering meluncurkan produk yang tepat dengan kebutuhan anak-anak. Salah satu yang langsung dipraktekkan saat webinar, cara mengerjakan ujian online dengan Styluss dari Paket Belajar Online Faber Castell.

Ibu Saufi, moderator dan Pak Christian H. dari Faber Castell. SS Webinar

Contoh sederhana, saat masa liburan di akhir tahun lalu, paket-paket Creative Art Series sangat cocok untuk keluarga yang masih #stayathome. Nah, di masa antara pemberlakuan PTM terbatas dan masih ujian online sekarang, diluncurkan Paket Belajar Online.

Product Manager PT Faber-Castell International Indonesia, Christian Herawan, menjelaskan bahwa produk ini memang diluncurkan berdasarkan survey kepada masyarakat. Bahwa, sistem PJJ bisa jadi nyaman, jika dalam prosesnya didukung peralatan yang memadai.


“Paket Belajar Online ini terdiri dari Pen Case yang berisi lengkap kebutuhan alat tulis dan belajar. Nah, untuk pembelajaran online, dilengkapi juga dengan Stylus. Dimana anak-anak bisa lebih mudah menulis, menjawab ujian online dengan lebih presisi, serta bisa pula digunakan untuk kebutuhan online lainnya,” demikian urai Christian saat webinar.

Paket ini telah tersedia lengkap di banyak platform belanja online, seperti Shopee, Tokopedia, BliBli dan lainnya. Bisa juga kita beli di took alat tulis favorit. Paket ini dijual di kisaran harga mulai dari Rp 30.000,- sampai Rp 35.000,- an. Jadi, cukup terjangkau oleh banyak kalangan.

"Intip lagi, skuy.. Coloring Your Own Canvas Bag with Faber Castell, Nih - Cara Jitu Hancurin Writing Blocks dan Kenalan Makin Dekat Dengan Orang Lombok" Color My Canvas Bag with Faber Castell Creative Art Series, Writing Blocks? Ya nulis saja lagi ^^, dan Masa sih Orang Lombok Sepedas Cabai?

Webinar yang berlangsung sekitar dua jam lebih, berlangsung hangat dipandu moderator Andri Kurniawan, PR Manager Faber –Castell. Kehangatan yang semakin petjaaaah saat diskusi. Para peserta yang berinteraksi, saling bercerita keseruan, kelucuan dan keunikan-keunikan saat melakukan proses PJJ bersama anak-anak. Apalagi saat diputarkan video-video viral antara anak-anak dan ibu mereka saat belajar online. Saya pribadi, juga tak tertahan buat membagikan, bagaimana saya bersitegang dengan si bungsu saat menjawab salah satu soal. Ia berkeras, jawaban harus pas sesuai isian di bagian kosong berisi titik-titik. Kalau sampai terlewat, ia lebih khawatir dimarahi guru karena melewati batas kotak isian, dibanding menjawab soal dengan benar.

Betapa pun, PJJ dan PTM masih menjadi pilihan yang tak terhindarkan. Siap tak siap, bersama tantangan dari sekian banyak dilema, kita semua tentu sama berusaha agar anak-anak tetap mendapatkan pendidikan terbaik mereka.

#PaketBelajarOnline

8 Comments

  1. Ibu Saufi lucu banget ya mbak, seru memang dalam berdiskusi ditambah produk faber castell yang melengkapi PJJ dan PTM

    ReplyDelete
  2. Nggak nyangka aku, ternyata umur Faber Castell ini sudah 260 th ya.. pantas saja inovasi2nya kereeen, termasuk paket belajar online ini ya..

    ReplyDelete
  3. Aku juga dari dulu suka pakai produknya Faber Castell, apalagi pensil warnanya lebih mudah terlihat warnanya, termasuk buat anak balita

    ReplyDelete
  4. Keren memang ya acara webinar kemarin itu. Penjelasannya kena banget. Sepanjang acara terpana dan ikut angguk-angguk... Acaranya keren dan produknya juga bagus banget. Top deh

    ReplyDelete
  5. Terjangkau banget ya pake Faber Castellnya. Anak-anak bisa makin kreatif ketika harus mengerjakan hal-hal yang menarik bagi mereka secara online, pun mengerjakan berbagai soal online pun jadi mudah.

    ReplyDelete
  6. Paket Faber Castell ini membantu banget untuk PJJ, sepertinya masih akan PJJ kita ya belum ada tanda-tanda aman tatap muka, tetap semangat!

    ReplyDelete
  7. Aku jadi ingin beli stylusnya nih, membantu banget anak2 untuk belajar memegang pensil walau belajar online via hp.

    ReplyDelete
  8. bagaimana cara membelinya mbak? lalu apakah ada aplikasi pembelajarannya juga?

    ReplyDelete