Atit Peyutttttttt..:((

Nyampe Lombok, hal pertama yg teringat diotak is Beberok Kangkung!

Untuk yang mengenal makanan khas Lombok, Beberok Kangkung adalah sejenis lalapan berbahan dasar kangkung yang direbus dan dimakan dengan sambal tomat.
Sambal tomat itu sendiri, bahan dasarnya, cabe rawit merah, terasi, garam dan tomat.
Penyedap hanya pelengkap.
Kenapa menjadi begitu menarik dan terkenal?
Coz, kangkung Lombok is just so different with other kangkung didaerah manapun.
Ya, blum smua daerah diIndonesia siy.
At least, diSemarang, Malang, dan beberapa kota besar di Jawa [sisan bilang, aku blum nyampe Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Irian dan pulo2 kecil laen..palagi mpe kluar negri :D]
Di Lombok sendiri, bagian Barat, Tengah dan Timur punya resep masing2 utk si Beberok ini.
Yang aku idam2kan, tentu yg a la Lombok Timur..Sambal Tomat dasar dan that kangkung..:P
Hihi, dah ngeces lagih..

Senin, 11 September, pas laper, itulah yang kusebut pertama kali ke Mamak,"Mak, makan pake Beberok Kangkung ya..."
Dan itulah menu utamaku spanjang hari..Saking ngidamnya, rasanya gak ikhlas makan nasi dan beberok, kmudian dicampur dg lauk lain..Not today dulu-lah..
Selasa? Beberok Terong..Masih dengan Sambal Tomat dasar, kali ini bahan utamanya Terong Ungu mungil mentah yg muda dan segar..Sayang, yang ini baru termakan diKamis siang, saat rendezvous bersama Mandri dan Bintang-nya, Mbak Yuni dan Amarnya, juga Elok [temen kuliah di Lombok]..

Knapa jadi sakit perut?
HuuHuu, aku lupa kalo pernah punya maag..aku lupa kalo perutku dah gak akrab ma cabe rawit merah Lombok yg super pedas [dah 2th stengah diSemarang, dan perutku dah akrab dg sambal bergula jawa, cabe merah kriting yg gak pedas dan makanan serba berkecap manis :D]..dan juga efek trip yang melelahkan, kejutku akan Bapak yg ambruk dan gak sadar sampe 6 jam lebih, justru saat aku kadung beli tiket diJumat pagi [syukurnya, pas jam 2 siang, Bapak sudah sadar dan dengan sangat terpaksa tetap aku pamiti utk pulang ke Semarang]..
Smua kombinasi diatas, memaksa beberok kangkung dan terong ungu sukses ditolak perutku..
Jumat pagi dengan feses cair dan BAB 3x..
Jumat malam, BAB yg smakin sering diatas bis yang melaju kencang memburu waktu..
Muntah 2x, dan BAB yg tak berkurang dihampir spanjang perjalanan kembali dari Mataram-Semarang..

trasa bgitu desperate, dan ingin mati saja [dieeeeeeee, hihi]
Syukurlah, Salwaa bisa buat aku survive..Salwaa samsek gak muntah, tidur dg nyaman paling tidak 4 jam lebih..temani ngobrol2 seruku..main ayun2an di RM yang disamperin bis yg kutumpangi [hiks, ternyata, Salwaa justru batuk/pilek pas nyampe rumah Ungaran, Minggu 17 Sept kemarin. Smalem, pas nganterin bajunya, batuk Salwaa masih ngekel...:((]

dan aku mang asli manusia ber-tobat sambal..
nyampe Semarang, dg perut yg terus2an aku ganjal Neo Entrostop, masih juga pede bikin rujak pedas, ngabisin mangga harum manis, oleh2 dari Lombok [mangap buat yg gak aku kirimin yaaaaaaa...]
gak usah ditebakpun, spanjang Senin, episode BAB yg bolak/lik ulang tayang..
sampepun terpaksa aku gunakan lipstik, just in case orang2 pertanyakan pucat bibirku..gila, brasa sampe habis air tubuhku [hihi, basa apa'an niy..]

this sec, 1 tablet New Diatabs dah mampu redam sakit dan BAB bolak/lik..
lunch tadi dah bisa ngabisin 1 mangkok mi rebus dan nasi yg banyak..
smoga, sminggu stelah hari ini, sambal goreng andalan dah warm welkam diperutku..
hehe, totally tobat sambal human being yak..:P

1 comment:

  1. Whalahh..
    postingan terpendek euy...
    bingung ane.. :(

    ReplyDelete