Aplikasi Favorit Blogging Aktif

Aktivitas blogging lekat dengan keharusan miliki stabilnya koneksi internet. Nyatanya, di balik layar, masih banyak aplikasi lain yang hampir selalu digunakan setiap hasilkan tulisan baru dan mejeng sebagai post terbaru di blog.

Ba!! Yuk nge-blog. Dokpri
 Apa saja nih?

Aplikasi Fave di Gawai Pintar Alias HP

Di zaman serba digital sekarang ini, gawai-gawai pintar sudah dibenamkan berbagai aplikasi terbaru yang sejatinya jika dioptimalkan semua, memang sudah bisa difungsikan dan sangat mendukung aktvitas kerja kantoran umum. Semacam pekerjaan administrasi ringan. Untuk dunia blogging, terkadang masih banyak aplikasi bawaan gawai pintar tersebut yang tidak terpakai. Tidak perlu ambil contoh di gawai-gawai pintar kekinian. Gawai pintar yang saya miliki sekarang, meski tak bisa dipasangkan IG dan fitur karaoke smule, fitur-fitur atau aplikasi lainnya sudah sangat mendukung saya tetap eksis nge-blog.

Beberapa yang tersering saya buka, di antaranya:

Pertama, si amplop merah alias gmail. Biasanya hanya akses akun email tertua saya. Kalau tak salah ingat saya buat di awal 2005, akun yang lekat dengan ativitas blog utama saya, beberapa milis yang kini anggotanya masih terkumpul di Whatsapp Group (wag) sampai beberapa back up email dari email yang jauh lebih tua lagi (email yahoo dari tahun 90-an). Sekarang, di gawai saya terbuka tiga akun email. Dua email personal, terkait blogging dan job online.

Kedua, WAG dong. Yang ini bahkan lebih kompleks lagi. Pekerjaan iya, pertemanan iya, transaksi online ya iya.

Ketiga, browser. Yang tersering saya pakai, Opera Mini. Bukan apa-apa. Koneksi stabil dari kartu yang saya gunakan, memang paling lancar jaya di browser berikon huruf O besar berwarna merah. Browser berikon bumi bulat hijau, tersering untuk akses youtube dan login ibangking.

Keempat, aplikasi wajib lain buat pekerja online seperti saya, yaitu kanal-kanal social media. Twitter, Facebook dan Instagram (IG). Sayangnya, karena spek gawai pintar saya tidak mendukung, akun IG harus saya buka di HP lain atau lebih sering via PC.

Aplikasi Fave di Personal Computer (PC) atau laptop.
Di banyak PC warnet sederhana milik kakak saya di rumah, atau laptop kakak yang juga sering saya pinjam, beberapa aplikasi favorit masih tidak jauh berbeda dengan yang saya buka di gawai pintar.

Tambahan lainnya, diantaranya:

Aplikasi Edit Foto, saya paling sering menggunakan photoscape. Kadang-kadang gunakan Paint atau Microsoft Photo Editor.

Aplikasi teks atau penulisan, masih dirajai wordstar. Sedikit dukungan dari notepad, terutama saat harus kopi paste bahan-bahan rujukan tulisan.

Aplikasi Sosial Media. Tetap sama, dengan ekstra Gramblr untuk upload koleksi foto ke akun IG. Sesekali membuka tweetdeck saat ada hashtag campaign, atau kampanye hashtag tertentu yang butuhkan usaha massif nan cepat demi raih trending topic (TT).

Aplikasi-aplikasi lain sebatas dukungan bagi update beberapa aplikasi terfavorit di dua bagian besar di atas.

Aplikasi-aplikasi sederhana di atas telah menemani saya di dua tahun terakhir makin fokus nge-blog. Tak lagi terikat kontrak menulis, aplikasi di atas sudah cukup bisa diandalkan untuk berbagai jenis job online yang paling banyak harus libatkan akun-akun social media saya.

Wah, semoga sedikit bocoran saya tentang aplikasi favorit pendukung aktivitas blogging saya ini bisa bermanfaat juga buat kamu –iya, kamu, yang tertarik untuk konsen nge-blog. Tema asyik yang dipilih mbak Rahma ( www.rahma21.com ) dan mbak Nyi Penengah Dewanti ( www.nyipenengah.com ) untuk arisan blogger Gandjel Rel Semarang di akhir September ini.

Arisan rutin yang digagas demi menjaga produktivitas tulisan di blog. Sekaligus pilihan tema-tema ringan, namun tetap ada muatan informasi yang semoga bisa berikan manfaat bagi pengunjung rutin blog.


Sekarang, kamu sudah siap ikutan nge-blog. Dong ayok intip contekan dan segera unduh pun pasang aplikasi-aplikasi sederhana di atas. Entah di gawai pintarmu atau di lappy kesayangan. Cuzzz..

2 comments:

Rahma Mocca21 said...

Makasih bunsal.. aku juga bisane gur photoscape kl via lappy lom pernah pake yg lain. Tfs ya

Dani Ristyawati said...

Kayaknya sekarang email dan WA sudah jadi bagian tak terpisahkan yang mendukung kegiatan sehari-hari ya...

Recent

recentposts

Random

randomposts