Tonjang Beru dan Buwun Sejati, Destinasi Desa Wisata Baru Di Awal 2018

Lombok makin eksis dengan destinasi wisata alam yang tersebar mulai dari pantai, pegunungan, air terjun pun pemandangan alami pedesaan. Kini, spot-spotnya juga makin beragam dan menunggu kamu untuk segera berkunjung. Nah, salah dua dari banyak desa wisata yang selama ini telah saya kunjungi, yang terbaru berada di Lombok Tengah dan Lombok Barat. 

Teluk Bumbang di kejauhan, view cantik di Tonjang Beru. Dokpri
Tonjang Beru, dengan pemandangan keren mengarah ke Teluk Bumbang dan Teluk Awang. Dua teluk cantik yang berikan pemandangan berbatas horizon di samudera Hindia. Dekat pula dari kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Tunak. Makin lengkap, karena kini sudah ada Taman Kupu-Kupu, taman edukasi baru selain yang sudah eksis di Elephant Park Lombok Utara. 

Buwun Sejati sendiri berada di daerah subur dan lekat dengan sumber air yang tak habis-habis. Kecamatan Narmada, juga diakrabi traveler sebagai daerah di mana terdapat Taman Narmada dengan air awet mudanya. Buwun Sejati merupakan desa wisata baru yang dikembangkan dari lima dusun, juga dekat dari spot Sesaot serta Suranadi, dua destinasi yang telah lebih dulu dikenal.

Sisi-sisi Indah Tonjang Beru

Saat pertama kunjungi Tonjang Beru, tak banyak yang saya tahu kecuali bahwa tempat ini berada di Lombok Tengah. Masih di garis pantai panjang Lombok di sisi selatan, berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. 

Ladang jagung dengan latar Teluk Bumbang di kejauhan. Dokpri
Telah pernah susuri Kaliantan, Sungkun, pun sering lintasi jalan raya yang berada tepat di sisi kompleks pelabuhan Teluk Awang, ternyata masih juga saya menahan nafas. Lekuk beberapa pantai bersama dengan beberapa karang di pantai dan ujung lembah, terlihat bak lukisan karena kabut samar dari bias ombak serta langit yang memang sedang agak mendung. 


Lombok memang pecahan surga yang masih bisa dikunjungi di bumi.

Pemandangan ini serupa magnet. Menarik saya kembali dan kembali, penasaran lepel dewa, mungkin masih ada sudut pandang yang jauh lebih indah lagi. Kemanusiawian yang tak pernah merasa cukup .. :D

Ecotourism Park, TWA Gunung Tunak. Dokpri
Tonjang Beru juga janjikan wisata ekstrim. Perbukitan yang mengarah langsung ke spot pantai di Teluk Bumbang, bisa menjadi jalur sepeda MTB. Teluk Bumbang dan Teluk Awang, dua spot favorit pemancing-pemancing di Lombok. TWA Tunak miliki banyak spot tebing dengan pemandangan lautan lepas Samudera Hindia.

Putri Sulung saya ikut saat trip ke Tonjang Beru Lombok Tengah. Dokpri
Keragaman Budaya dan Alaminya Buwun Sejati

Di Narmada, saya sudah pernah eksplor Sesaot, Suranadi dan tentu saja kunjungan berulang ke Taman Narmada. Satu spot yang benar-benar ingin saya kunjungi, Mushola yang dibangun dengan arsitektur kelenteng atau vihara. Salah satu dari banyak representasi beragamnya masyarakat Narmada. Muslim, Hindu dan agama lain hidup rukun berdampingan.

Tari Sekar Jagad dari gadis Bali cantik di Buwun Sejati. Dokpri
Desa wisata Buwun Sejati menggambarkan ulang ini semua. Panorama walk dari persawahan, goweser asyik lintasi pematang sawah, temui keluhuran tradisi dari pura pun kesederhanaan masyarakat pedesaan yang tak pelit berbagi senyum ramah. Cilokak, kesenian khas Sasak Lombok, lekat dengan tradisi budaya pun kisah-kisah lalu Islam di Lombok. Bersanding dengan kerling tajam penari Bali dari gadis-gadis Hindu cantik di tarian Pujawali atau Sekar Jagad. 

Destinasi wisata yang tunjukkan kealamian hutan-hutan dengan berbagai buah-buahan asli hutan. Manggis, duku, durian, pun buah-buahan yang jamak tersedia di meja makan. Persawahan subur. Sungai-sungai yang dialiri gemercik air bening di sela bebatuan, sesekali air berbuih keputihan di musim hujan yang basah. Latar barisan perbukitan menjadi penyempurna cantiknya Buwun Sejati.


Kamu ingin kunjungi yang mana dulu? Tonjang Beru berada searah dengan pantai-pantai selatan Lombok femes macam Kuta, Tanjung Aan dan Gerupuk. Meski saat ini memang hanya bisa nikmati pemandangan, saya meyakini suatu hari Tonjang Beru menjadi destinasi yang sama lengkapnya dengan destinasi pantai cantik Lombok lain.

Gadis Sasak Penenun songket Lombok di Buwun Sejati. Dokpri
Buwun Sejati akan cantik sempurna dan mengesankan jika kamu mengambil paket tur sepedanya. Jangan lupa tas kain, buah-buahan segarnya sangat menggoda untuk dibawa pulang dan dinikmati di rumah sembari kenang segala hal indah dari sudut-sudut cantik Buwun Sejati.

Sekarang, kamu hanya perlu siapkan gadget dengan ruang memori lega. Sisipkan Tonjang Beru dan Buwun Sejati di itinerary liburan terbaikmu di Lombok. Lalu kisah trip saya kali ini memang tak perlu terbantahkan. Saya tunggu ^^

13 comments:

  1. seger ijo-ijo akoh banget deh itu. semoga liburan nanti bisa ke sana. etnik dan tradisonal nya dapet banget ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Yurma.
      Sudah ijo2, airnya default dingin senantiasa.
      Jadi melebay :))

      Spot yang gampang juga dicapai dengan transportasi umum.
      Salam sore dari Lombok.

      Delete
  2. Duh mbakkk,,, habis baca ini aku ndak kudu book tiket ke Lombok,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buruan..Aku tungguin ^^

      Sepuas2nya deh ider2 di Lombok.

      Delete
  3. Aq sudah 2x ke lombok mbak, itu aja masih pengen lagi krn yg 2x itu ada tugas kantor. Semoga diberi umur dan rejeki lebih bisa ke Lombok lagi bareng keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Mbak Esti.
      Kabar-kabari yaaa kalo berjodoh ke Lombok lagi.
      Apalagi bisa rame-rame bareng keluarga. Ider Lomboknya bisa dipuas-puasin. ^^

      Delete
  4. Pengen ke lombok, apalagi baca artikel ini... Semoga next bisa ke lombok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, paket komplit sekeluarga ya.
      Excited banget bisa nemenin kembarnya mbak Wieta yg cantik2 ^^

      Ditungguuuu ^^

      Delete
  5. Duh jadi pengen balik lombok lagi buat eksplor tempat ini hehehe..nabung sik ya sambil nunggu gendhis agak gedhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus aku yg lengket lagi ma Gendhis dong ^^

      Gagal move on dari kiutnya si sulung.
      Peluk2 dan kiss2 dari Lombok.

      Delete
  6. Bunsal .... Aku jd mupeng deh pengen kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayyyooo...
      Jalan-jalan asyik plus seru kita.
      Kabar-kabari yaaaa kalo sampe jadi main kemari.

      Salam jelang siang ^^

      Delete
  7. Lombok salah satu tempat wisata yang ingin kukunjungi di Indonesia 😀

    ReplyDelete