Link Banner

Trip Wisata Impian di 2018

Raja Ampat? Backpacker ke luar Indonesia?

Yang paling saya inginkan sebenarnya masih di seputar wilayah Lombok. Trekking pembayar rindu pada wangi ilalang jalur pendakian Rinjani, namun kali ini bersama suami dan anak-anak saya. Juga snorkeling seru, bisa di tiga gili di ujung utara –Trawangan, Meno dan Air, atau Gili Kondo dan Gili Bidara di sisi timur – sepaket bersama trip mancing dan ngopi asyik di warung Hutan Pohon Raksasa, pun Gili Nanggu serta si cantik Kedis di barat daya Lombok.

Siluet Rinjani dari sudut tenggara kota Selong, Lombok Timur.
Bidikan putri sulung saya dari atas pohon mangga di depan rumah. Dokpri
Tak jauh dari Lombok, destinasi-destinasi tak kalah indah dan cantik plus masih sangat alami tersebar di empat kabupaten di Pulau Sumbawa. Wae Lebo di ujung barat, bening dan tenangnya suasana di Amanwana Resort pun kecantikan air terjun Mata Jitu di Pulau Moyo, air terjun Agal. Sedikit lebih jauh ke timur, sabana cantik Doro nCanga dengan berbagai bukit ketinggian serba 500 mdpl serta ternak-ternak liar pun denting kalung kawanan sapi di pagi berkabut plus latar Tambora yang gagah. Di ujung paling timur, pulau Sangiang yang menyimpan banyak pengetahuan, baik tentang gunung berapi, adat dan istiadat masyarakat penghuninya.

Bahkan, menyebutkan sebagian tempatnya saja, terasa di satu tulisan ini sangat tidak cukup.

Trip wisata impian, jadi ide duo blogger kece Semarang, Mara Solelah dan Erina Julia. Akrab juga dengan panggilan Mara So, gadis multi talent, karena selain jago nulis juga jago masak (hail you galz). Erina? Jeng-jeng is her middle name, I'm sure.

Jadi, seindah apa sih tempat-tempat di dua paragraf di atas dan masih bikin saya enggan travelling jauh-jauh ke luar Lombok dan Sumbawa?

Rinjani dan Gili-Gili Cantik Lombok


Rinjani adalah tentang dataran setinggi 3726 mdpl, berada agak di sisi timur pulau Lombok, dengan kawasan kaki gunungnya tersebar di tiga kabupaten – Timur, Tengah dan Utara. Rinjani juga adalah tentang Danau Segara Anak, kaldera seluas hampir seribu hektar dan kedalaman 230 meter. Rinjani juga masih tentang Puncak Baru Jari, gunung anakan di salah satu sudut Danau Segara Anak, masih selalu kepulkan asap dari puncaknya. Sekali masa, menjadi asbab harus dikeluarkannya surat peringatan agar para pendaki semakin waspada serta tidak berada terlalu dekat dari kawasan Baru Jari.

Gili Petagan, kawasan mangrove di Lombok Timur.
Tanpa mendung pekat, lereng timur Rinjani akan menjadi latar foto. Dokpri
Di hari cerah, berapa lapis warna biru yang kamu ingin tangkap?
Gili Kapal, Lombok Timur. Dokpri
Saya masih hanya telusuri jalur pendakian dari dua pintu utama, Sembalun di Lombok Timur dan Senaru di Lombok Utara. Namun, kisah dari dua jalur ini –rasa-rasanya, tak pernah bisa selesai saya tuliskan ulang. Terlalu banyak, libatkan banyak manusia dari banyak negara, pun seribu satu sisi cerita, bahkan hanya dari satu trip pendakian.

Hanya satu sudut dari surga bawah laut, empat kawasan gili di 4 kabupaten Lombok.
Spot Gili Meno, Lombok Utara. Dokpri
Sesekali, kisah pendakian Rinjani juga bisa saya tuliskan dengan sisi-sisi indah beberapa gili cantik di Lombok. Tentu saja, yang paling sering, kisah-kisah birunya pantai dan putih pasir tiga gili di sisi utara. Banyak pendaki mancanegara, yang habiskan satu atau dua malam pertamanya di Gili Trawangan, baru kemudian teruskan pendakian tiga hari dua malam ke Rinjani. Saya? Sungguh sangat idamkan habiskan waktu di Gili Kondo dan Gili Bidara di sisi timur, pandangi puas-puas rambat sinar pagi di lereng Rinjani atau senja kepagian karena tertutupi Rinjani, kemudian sebaliknya, tatapi noktah gili-gili di semua sisi Lombok dari Puncak Anjani. Ada yang mau bangunkan saya dari mimpi indah ini?

Pesona Samawa, Dompu dan Bima
Saya menyukai segala sesuatu yang berbau alam, apalagi jika pemandangannya mengingatkan pada lukisan-lukisan dari berbagai sudut indah di seluruh dunia. Keindahan yang banyak dan tersebar juga di empat kabupaten di Pulau Sumbawa, pulau terbesar di propinsi Nusa Tenggara Barat.

Noktah sapi, ternak liar di sabana Doro nCanga Dompu.
Bukit ini 'hanya' di ketinggian 400 mdpl. Dokpri
Saya beruntung. Sepanjang tiga tahun terakhir, bisa kunjungi spot-spot indah di Dompu, datangi keheningan surgawi Amanwana Resort Pulau Moyo (meski masih harus bersabar, karena belum bisa kunjungi langsung air terjun Mata Jitu), serta nikmati event-event adat khas setempat. Pawai budaya busana Rimpu di kota Dompu yang tembus rekor MURI nasional. Cantiknya para gadis Samawa (Sumbawa) di Pesona Festival Moyo 2017. Pun ragam kuliner khas Dompu, Bima dan Sumbawa.

Hanya dua sub bagian ulasan dari destinasi di delapan kabupaten propinsi NTB, namun tripnya akan butuh waktu –mungkin, sebulan penuh. Bisa jadi lebih. Plus masih banyak lagi destinasi-destinasi yang terpaksa harus menunggu untuk dikunjungi.

Trip wisata impian saya bersama keluarga. Melelahkan? Akan selalu pantas dan setara dengan setiap keindahan dari spot-spot cantik di atas.

Related Posts

12 comments

  1. Klo sya pngen ngetrip k luar Pulau Lombok jg mbak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip bang..
      Take your time. Tinggal nyangking gagdet dan backpack juga kan?
      Happy travelling, then ^^

      Delete
  2. Lombok adalah salah satu destinasi impianku.. membaca post ini jadi makin pengeeeen ke sana.. semoga terwujud tahun ini... Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mb Mechta, kabar2i kalo jadi ya.
      Bebas kalau mau diskusi itinerary dan spot2 impian ^^

      Delete
  3. Duhhh makin mupeng deh ke Lombok, moga tahun ini bisa kesana. Temeni ya mbaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yok yak yuk mbak Wati.
      I am waiting ^^

      Sak puase mbak, feel free buat diskusi itinerary detail yooo ^^
      Ajak anak2 dan pak sumami, jadi liburannya makin komplit plit plit ^^

      Delete
  4. Banyak banget yaa tempat asyik di Lombok mba..

    ReplyDelete
  5. Lombok ya mbak, duh jadi pengen ke sana sambil ketemu guru les bahasa Inggris waktu jaman SMP. Gunung Rinjani...aduh...pengen mendaki gunung juga. Makasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  6. Belum pernah ke ntb, pgn bgt ih...

    ReplyDelete
  7. aku iri mba... pengen ke lombok kok kudu nabung extra hiks

    ReplyDelete
  8. Greetings of the day! We are glad you are here! We are excited you shared this excellently written article here. Share more stuff, please.

    ReplyDelete

Post a Comment