Memiliki sebuah kucing adalah impian bagi banyak orang, terutama kucing adalah hewan yang lucu serta sangat menggemaskan. Salah satu jenis kucing yang banyak diminati oleh para pecinta kucing adalah kucing ras Himalaya. Dibandingkan dengan kucing lain, harga kucing ras Himalaya lebih mahal, namun fisik dari kucing ras Himalaya sendiri juga berbeda dengan kucing pada umumnya. 

Kucing, salah satu hewan peliharaan yang paling disukai. Dokpri

Cara Perawatan Kucing Ras Himalaya 


Pada umumnya, cara merawat kucing ras Himalaya sama dengan kucing pada umumnya. Namun kucing ras ini lebih mudah terkena penyakit dibandingkan kucing lain sehingga perlu menjaga kebersihannya. Selain itu, kucing ini sama mudahnya dengan merawat kucing lainnya. 

Berikut adalah beberapa tips dalam merawat kucing ras Himalaya yang bisa dilakukan: 

1. Tempatkan di Ruangan Tertutup 

Seperti yang diketahui, harga kucing ras Himalaya cukup mahal, dan hal ini juga berbanding lurus dengan sikapnya. Sikap kucing Himalaya lebih tenang dan lembut sehingga tidak terlalu cocok untuk lokasi luar atau pun yang terbuka. Kucing Himalaya menyukai tempat yang hangat serta mudah bersosialisasi dengan sekitarnya. Meskipun bersifat lembut, kucing Himalaya memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi. Oleh karena itu, pastikan ruangan memiliki ruang yang luas agar kucing dapat bergerak bebas. 

2. Sayuran 

Sama seperti manusia, kucing Himalaya juga disarankan untuk mengkonsumsi sayur untuk merawat tubuhnya. Namun tidak semua kucing menyukai sayuran, terutama untuk kucing Himalaya yang masih bayi. Untuk memudahkan para kucing memakan sayuran, para pemilik bisa mencampurkan sayur dengan daging kesukaan kucing. Dengan begitu, para kucing akan tetap memakan sayur dengan lahap. Namun pastikan jumlah sayurnya tidak terlalu banyak karena kucing hanya membutuhkan sedikit sayur untuk tubuhnya. 

3. Rutin Mandi 

Salah satu hal yang membuat harga kucing ras Himalaya mahal adalah bulunya yang tebal dan indah. Oleh karena itu, para pemilik kucing harus rajin membersihkan dan memandikan kucing agar bulunya tidak rontok dan rusak. Cara memandikan kucing Himalaya sama dengan kucing lainnya, hanya saja shampoo yang digunakan biasanya ada yang khas. Pastikan untuk memandikan kucing minimal 2-3x seminggu. Jika memiliki budget lebih, bawalah kucing ke salon kucing untuk perawatan bulunya. 

Jenis dan Harga Kucing Ras Himalaya 


Untuk para pecinta kucing yang ingin merawat kucing ras Himalaya sebaiknya mengetahui jenis serta harga kucing ras Himalaya. Hal ini penting untuk diketahui, agar para pemilik bisa mendapatkan kucing sesuai dengan yang diinginkan. 

Berikut adalah beberapa jenis kucing ras Himalaya untuk dijadikan hewan peliharaan: 

1. Doll face 

Sesuai dengan namanya, kucing jenis ini memiliki muka seperti boneka. Selain mukanya yang lucu, pada umumnya kucing ini memiliki badan yang gendut bagaikan boneka. Hidungnya pesek dikarenakan mukanya yang lebar serta memiliki wajah berekspresi datar. 

Dibandingkan dengan kucing lainnya, kucing ini memiliki mata yang bagus berwarna kebiruan dengan sorotan yang sayu. Kucing ini sangat lucu ketika masih bayi dan akan berkembang besar ketika memasuki usia 1 tahun. Jadi akan membutuhkan perawatan lebih ketika mulai membesar. Untuk kucing ras Himalaya yang bayi harganya berkisar antara Rp 650.000 sampai dengan Rp 1.800.000. Ini sudah termasuk yang kucing Himalaya asli. Sedangkan untuk kucing yang lebih besar dan sudah vaksin harganya mencapai Rp 1.800.000. 

2. Ultra Face 

Kucing berjenis ultra face juga sangat lucu dan berwatak seperti boneka. Hidungnya sangat pesek namun tetap membuatnya sangat lucu. Secara keseluruhan wajahnya datar dan matanya sayu membuat kucing ini terlihat malas. Namun kucing ini sebenarnya termasuk aktif dan menyenangkan. Persilangan kucing ini dengan jenis kucing lainnya sering menghasilkan kucing yang unik, namun sebagian orang masih mencintai kucing Himalaya. Harga kucing jenis ini juga tidak beda jauh dengan doll face. 

Namun jika para calon pemilik ingin harga yang lebih murah bisa memilih kucing dengan campuran Himalaya. Harga kucing campuran berkisar antara Rp 850.000 an. 

Kucing Ras Himalaya. Cred. Wikipedia
Pada dasarnya harga kucing ras Himalaya memang lebih mahal dibandingkan dengan kucing-kucing lainnya yang sering jadi peliharaan. Namun jika memiliki budget terbatas, dapat membeli kucing ketika masih bayi atau kecil. Harga kucing ketika belum divaksin juga biasanya bisa lebih murah dibandingkan dengan yang sudah divaksin. 

Perbedaan betina dan jantan juga menentukan harga kucing, karena betina biasanya akan lebih mahal. Jadi jika menginginkan kucing Himalaya yang murah, orang dapat membeli yang masih bayi dan merawatnya sampai besar. Jika mengingikan keturunan, maka carilah yang betina. Untuk para pecinta kucing yang ingin lebih tahu mengenai kucing dapat mengunjungi https://www.cekaja.com/info/15-jenis-kucing-termahal-di-dunia/.

0 Comments