Delapan Tips Menjaga Kesehatan, Yang ke5 Pasti Kesukaan Kamu

Keputusan memilih judul di atas, auto teringat salah satu meme yang sempat beredar. Agnes Mo, penyanyi yang kini sering ‘manggung’ di negeri paman Sam, pernah dijadikan meme ini. “Wader, wader, wader”, begitu plesetan dari sharing tips sehat Agnes. Iyap, Agnes menyebutkan, minum air putih yang banyak, salah satu tipsnya tampil segar sampai saat ini.

Untuk saya, kebetulan juga menerapkan yang sama. Seringkali, ketika sedang sangat malas minuman bergula dan berwarna, tegukan air putih nan banyak sangat membantu menjaga tubuh. Sekarang, kembali bekerja dan menghabiskan waktu lebih banyak di belakang meja, 2 liter air putih wajib dihabiskan dalam sehari.


Nggak dong. Semacam kebetulan, pas tadi pagi cek tema arisan blog, pas pula menemukan satu postingan tentang pola hidup sehat. Di tips ini, ‘konsep’nya hitungan mundur, dari angka 1 sampai angka 8. Intip yuk ..

Cobain bareng yuk ^^

Pertama, sama juga dengan sebutan satu jam, yaitu berolahraga. Sayangnya, satu-satunya olahraga yang saya tekuni harian, Cuma jalan kaki. Tidak sampai persis satu jam pula. Jadi, di kompleks Madrasah Alam Sayang Ibu (MSI) – tempat kerja baru saya, jarak antara kantor, perpustakaan dan kamar asrama guru serta staf madrasah, sekira 70 sampai 80an meter. Nah, saban hari, bolak-baliknya minimal tiga, empat kali. Manalagi kalau sedang tidak berhalangan, bolak-baliknya bisa mengikuti jadwal sholat berjemaah. Lumayan kan, jalan kaki 500an meter setiap hari.

Kedua, dua jam tanpa handphone. Ini juga masih gagal dikerjakan rutin harian. Hiks. ‘Puasa’ handphone, paling kalau pas sedang update blog begini. Adapula ngepasi saat mengejar deadline jon online lainnya. Masih juga di MSI, setiap rapat rutin di hari Senin, Kamis dan Sabtu, auto ‘puasa’ handphone juga. Memang tidak full dua jam. Tapi, intip sekali dua, mengecek apa ada chat WA berisi undangan gabung WAG berisi job online baru ^^

Ketiga, tiga kali makan sehari. Nah, karena kerja di balik meja lagi, suapan nasi maksimal 5 sdm kembali harus diterapkan. Kalau tidak, ibarat BB akan sukarela merangkak menuju angka 70kg. Hiks.

Keempat, empat jenis buah setiap hari. Wah, nggak kelakon juga yang ini. Bolak-balik, lagi Cuma suka apel. Sesekali pisang, jeruk, atau pir. Tapi, kalau tomat dipaksakan masuk ke jenis buah, rasanya sudah cukup terlakoni dong yak. Hihihi

Kelima, sholat lima waktu, on time. Alhamdulillah, masih di MSI, sangat terkondisikan untuk melakukan ini. Sayangnya, di tiga minggu terakhir, flu, batuk dan asma, memaksa subuh suka ‘masbuq’ (terlambat mengikuti imam, penuh di rakaat sholat).

Keenam, enam ribu langkah setiap hari. Hmm, itu yang diatas tadi, 500an meter jalan kaki, sudah masuk enam ribu langkah nggak ya. Cobain ngitung ah..

Ketujuh, tujuh gelas air putih. Wah, ini sih, sudah lebih. Di MSI, saya membekal dua tumbler. Khusus air putih, kapasitasnya 750ml. Kalau dihabiskan tiga tumbler per hari, sudah 2250 ml dong. Kalau tambah satu tumbler minuman panas, kadang-kadang kopi, sesekali teh manis, sehari saya bisa meminum 3 liter air. 

Tuh, tumbler minuman panas dan air putih saya. Dokpri

Kedelapan, juga yang terakhir, delapan jam tidur sehari. Nah, ini juga agak sulit. Bukan apa-apa. Rutinitas harian, biasanya selesai di pukul 10 malam. Jam empat, maksimal jam 5 pagi, badan sudah auto terbangun. Kalau pun berhalangan sholat, badan yang masih rebah, tapi sebenarnya telinga sudah mendengar suara-suara. Mejamin matanya, semacam usaha biar bisa lelap lagi. Usaha yang seringkali gagal. Mau ditambal dengan tidur siang? Semacam lebih sering gagal juga. Paling hanya rebah, ngorok sekian menit, dan terbangun kembali.

BACA LAGI: Tips Sehat Blogger Lombok Itu Begini


Nah, sekarang, yuk coba menjadi sehat dengan delapan tips di atas. Ah iya, tambahan lainnya, sunnah Rasulullah SAW, jangan makan sebelum lapar, dan berhenti sebelum kenyang. Sunnah ini, ampuh mencegah perut buncit karena kebanyakan makan atau minum. Juga bisa saling pinjam baju, bareng anak wedhok yang abg. 

Bagaimana pun, ikhtiar sehat memang selayaknya dilakukan. Tubuh ramping, perut rata, hanyalah bonus esktra. Setuju? ^^

4 comments:

  1. Sederhana namun berefek luar biasa.

    Tetap sehat kak.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih tips sehatnya mb muslifa, nice tips. Dari 8 tips ada 3 yang memang jarang saya lakukan, tidur 8 jam, olahraga satu jam, sama jalan kaki enamribu langkah....

    ReplyDelete
  3. Aku masih susah banget kadang kalau harus puasa nggak pegang handphone selama dua jam. Padahal dulu tiap hari nggak pegang handphone aja nggak apa-apa dan happy happy aja.

    ReplyDelete
  4. SATU jam olahraga? Satu menit syukur syukur dengan niat aja cukup, wkwk..
    DELAPAN jam tidur, masih agak syusah deh, hehe..

    Intinya yg penting niat dan kebiasaan ya buat do it all :D

    ReplyDelete