Link Banner

Cara Jitu Membunuh Malas Ngeblog Dengan Ngefiksi

Begitulah salah satu cara efektif saya, membunuh rasa malas ngeblog. Sampai saat ini, masih yang terampuh. Cuma, memang tidak selalu tayang di blog ini. Lebih sering di platform menulis lain, seperti Kompasiana.
Berburu sunmori atau sunrise pantai Labuhan Haji, Lombok Timur. Dokpri

Persis seperti hari ini. Sejak ambruk gara-gara mendadak kumat vertigo di Sabtu pagi, 10 Juni lalu, praktis tidak mampu menulis. Total tiga pekan! Sehari dua sembuh, mengerjakan yang lain, energi menulis hampir selalu sudah habis. Ide sih banyak. Masalahnya, duduk diam, memilah diksi dan menguraikan ide tulisan itu yang belum mampu.

Syukurlah, menargetkan diri mulai aktif menulis lagi di hari ini, berbarengan dengan hari terakhir batas waktu satu lomba blog. Dimana? Salah satu komunitas blogger terlama saya, Gandjel Rel, yang berbasis di kota Semarang, Jawa Tengah.

Malas Ngeblog Itu Manusiawi


Iya. Sesuka apapun kita terhadap sesuatu, selalu ada masanya kita memang tidak mampu melawan rasa malas. Ngeblog, misalnya. Padahal, ngeblog ya menghasilkan uang. Ngeblog juga menjaga trafik web personal kita. Yang terbaik, tentu ya menjaga otak kita tetap bekerja positif, kreatif dan merawat pengetahuan. Dasarnya sedang malas, tiga contoh manfaat positif tersebut ya sebatas diingat doang. Tidak menggerakkan untuk menulis sesuatu.

Bagi saya, kadang, tingkat malasnya pun semacam ‘sempurna’. Sudahlah tidak menulis, semua sosial media pun ‘menyepi’, padahal sedang tidak Hari Raya Nyepi. Eh..

Ngeblog di cafe, kadang sangat membantu menjaga mood selesaikan satu tulisan. Dokpri

Sejatinya, aktivitas menulis bukan hanya di blog saja. Gaya menulis kita, bisa kita bangun di banyak platform sosial media. Mulai dari status, keterangan foto atau video, atau narasi yang disisipkan di salah satu video terbaru di kanal kita.

Tapi ya itu tadi. Terjebak rasa malas, jadinya malah cuma scrolling. Pembaca yang hening. Tak terasa, kadang bisa sebulan penuh, sama sekali tidak update blog. Kalau pun akhirnya menulis, terpaksa memilih fitur back date. Hehehe..

Tak Hanya Ngefiksi, Ini Rumus Jitu Membunuh Malas Ngeblog


Sebenarnya, dengan judul sub bagian di atas, mengikuti satu arisan blog amat sangat membantu melawan rasa malas. Bagaimana tidak. Selama satu periode arisan, mau tak mau, suka tak suka, mau malas sebagian atau sempurna, wajib hukumnya kita update blog sesuai tema yang dipilih peserta yang dapat arisan.

Keringanan berikutnya, tema tulisan ya dikeroyok ramai-ramai. Alias ditawarkan ulang ke peserta arisan, sedang pengen nulis tema ringan apa. Jadilah, blog para peserta arisan, bisa tetap ter-update. Peserta arisan juga belajar menjaga tanggung jawab, menuntaskan menulis di setiap tema, sampai arisan berakhir.

Huhuhu, mau lagi dong, arisan blog bareng Gandjel Rel.

Ngefiksi atau mbaca buku fiksi, kerap membantu saya membunuh rasa malas ngeblog. Dokpri

Ah ia, selain ngefiksi dan arisan blog, berikut beberapa rumus jitu, yang ampuh membantu saya membunuh rasa malas ngeblog:

Pertama, ngefiksi. Setelah memasang tulisan ini di blog, saya akan melanjutkan dengan satu fiksi di akun saya di platfom Kompasiana. Ditunggu ya. Pasti koq saya pamer di semua sosial media. Tolong dibantu doa, semoga lancar sebagai kumpulan cerpen. Tampiasih ^^

Kedua, wajib ‘ain membekal buku di dalam tas, kemana pun pergi. Meski sebenarnya si buku yang terbawa, tidak selalu terbaca sampai selesai, minimal ketika terjebak buat menunggu, waktu menunggu terselamatkan bersama satu buku. Seperti minggu lalu. Saya ikut kakak sulung ke sawahnya di desa Tetebatu, kampung halaman almarhum bapak. Alhamdulillah, bisa juga selesaikan satu chapter buku ‘Dari Cinta ke Cinta’.

Ketiga, kabur sejenak, berburu sunrise atau set. Beruntung saya berada di kota pesisir. Pantai terdekat hanya berjarak 7 km saja. Lebih sering ya berburu matahari terbit, karena kampung kelahiran saya berada di sisi timur Lombok. Pemandangan indah pagi hari, bisa memicu buat menendang rasa malas menulis, jauh ke Timbuktu.

Keempat, mendadak rajin menyirami tanaman atau memasak. Hahaha. Ia, dua hal yang lebih sering saya lakukan, ketika sedang tertimbun rasa malas menulis. Penat dengan berjibunnya ide tulisan di otak, tidak sejalan dengan gerakan tangan serta hati, menuliskannya segera. Ide-ide, jadi dialihkan dulu ke koleksi tanaman atau praktik resep sederhana.

Nah, alhamdulillah. Tulisan sederhana di atas, setidaknya berhasil sesuai target. Enyahkan rasa malas. Blog jadi terupdate, demikian juga satu akun sosial media. Skuy, buruan dicontek rumus jitunya. Mana tau blog kamu juga jadi berhenti sebagai sarang Spiderman, eh, laba-laba ding.

Bunsal
Hi, you can call me Bunsal, despite of my full name at my main blog domain. A mom blogger based on Lombok, Indonesia. I do blogging since 2005 and lately using my new email and the domain, start on 2014.

Related Posts

There is no other posts in this category.

19 comments

  1. Pokoknya segala cara dilakukan supaya semangat nulis lagi ya. Aku juga suka berkebun dan memasak. Kadang aktivitas itu malah bisa jadi ide konten tentang tanaman dan resep masakan ala aku :)

    ReplyDelete
  2. di note nih, untuk saya yang masih tidak bisa melawan rasa malas, haha
    kalau saya cara ngadapinya iya tergantung mood sih, ngalir saja, kalau ada ide harus langsung ditulis saja gitu, di kertas atau note HP, iya walau terkadang ada ide tulisan terlintas dikepa, karena rasa malas, tidak jadi nulis

    ReplyDelete
  3. wow kalo aku ngefiksi malah makin mumet mbaa hahah biasanya kalau aku malas ngeblog yaa aku nonton film dulu atau baca2 buku dulu. biar lebih fresh gituu

    ReplyDelete
  4. iya mba, aku juga kalau males ngeblog banget aku baca buku yang banyaaakk, dari sana entar ada inspirasi lagi buat nulis, atau kalo ngga baca, melakukan perjalanan supaya banyak inspirasi juga

    ReplyDelete
  5. Bisa juga kumpulkan status di semua media sosial yg kita punya dalam jarak waktu tertentu. Olah lagi dan update, bisa jadi artikel juga lho, hehehe
    Itu salah satu cara saya bahas status melebar kemana-mana jadi artikel deh

    ReplyDelete
  6. Wah keren deh bisa ngefiksi. Aku, huhu gak bisa deh ngefiksi begitu. Kalo pun dipaksa, palingan bisa cerpen aja. Hahah, naluri fiksiku udah tumpul sejak nikah kayaknya. Dulu zaman single, apalagi saat patah hati, jiwa fiksi mendominan. Sekarang entah ke mana. Hehehehe.

    ReplyDelete
  7. Aku juga ngalamin writer block kemarin, sempat vakum karena memang sedang stuck banget untuk nulis, plus baru keluar dari rumah sakit juga. Belum pernah kepikiran buat nulis fiksi sih karena selama ini sering nulis cerita pribadi aja tapi kayaknta seru

    ReplyDelete
  8. Aku malah sempatt vakum setahun Mbaa.. bayangkaan 😂 padahal awal ngeblog juga aku banyak banget nulis flash fiction gitu. Dulu seru karena punya banyak temen yang hobi nulis fiksi singkat. Bahkan seru-seruan bikin fiksi 100 kata, 123 kata, dst.

    ReplyDelete
  9. Memang akan selalu ada aja alesan untuk gak menulis di blog yaah, mulai dari sibuk, gak sempet padahal mah emang males ajaaa hahaha

    Semoga kita bisa semangat menulis terus yaaah

    ReplyDelete
  10. Selalu ada cara untuk menemukan semangat blog ya mba. Kalau saya alasannya random, ga selalu ituu aja hehe. Kadang liat hadiah lomba blog, kadang tiba2 aja timbul ide menulis :D

    ReplyDelete
  11. Yang suka bikin males ngeblog itu karena kalau lagi nulis maunya jangan dikit-dikit diinterupsi. Tapi kalau siang susah deh 🤣 Kalau malam eh udah capek 🥲

    ReplyDelete
  12. semangat menulis memang bisa banget turun naik yaaa mba.. dan memang wajar walaupun jangan sampai kebablasan yaaa

    ReplyDelete
  13. Duh udah lama banget gak ngefiksi, kalau sekarang nulis malah ngelantur kemana2 deh ceritanya hehe, saya kalau lagi gak mood nulis, biasanya baca webtoon atau nonton aja dulu, jadi otak refreshing lagi :)

    ReplyDelete
  14. aku banget iniii, pernah sampe sebulan ga nulis apa2 wkwkwk padahal biasanya adalah 2-3 tulisan

    ReplyDelete
  15. Keren banget, pas males nulis blog tapi masih berkutat dengan menulis fiksi. Kalau aku pribadi males nulis dah taktinggalin semuanya haha :P
    Kalau aku biasanya memilih kegiatan yang ketiga, walau kaburnya gak ke tempat wisata, tapi kyk lebih banyak bertemu org aja sih. Kadang gtu bikinnambah2 inspirasi hehe.
    Wah Gandjelrel aktif arisan2 dan meet up2 gtu ya mbak?

    ReplyDelete
  16. Hi Bunsal salam kenal! Malas ngeblog emang bikin menjadi-jadi alias kalau diterusin bisa berminggu-minggu Hiatus alias blognya jadi sarang laba-laba.

    Makasih tipsnya, nanti daku praktikkan kalau lagi low semangat ngeblognya.

    Akun Kompasiana -nya apa? Nanti kufollow.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat bunsay.
      Di Kompasiana, nama akun masih sama koq, pakai /muslifaaseani juga ^^

      Delete
  17. Bisa konsisten menulis blog selerti dulu adalah hal yang susah buatku. Pingin rasanya bisa menulis tiap hari. Tapi kerjaan rumah yang tiada habisnya sudah bikin tenaga habis dan akhirnya nggak bisa mikir lama.

    Mungkin solusinya harus coba dipaksakan menulis walau cuma 1 paragraf.

    ReplyDelete
  18. Aku juga suka ngefiksi tapi selalu bingung bikin ending. Jadi sering setengah jarang banget yang selesa, perlu banyak belajar lagi ni sama bunsal

    ReplyDelete

Post a Comment