Link Banner

KBA Dasan Cermen Tangguh Antisipasi Resesi Global

Di era digital yang berkembang pesat saat ini, informasi yang beredar terkait resesi dunia mengemuka. Lombok umumnya tak terhindar pula dari ancaman resesi global ini. Dampak negatif dari dua tahun masa pandemi Covid-19, bencana alam dan faktor ekstra lainnya. Lantas, bagaimana bisa bertahan dari ancaman tersebut?

KBA Dasan Cermen Juara 1 Awarding KBANNOVATION 2019. FB Official KBA Mataram

Lombok sendiri, secara khusus pernah terdampak serius oleh rentetan panjang gempa yang dimulai di akhir Juli 2018 sampai sekitar Oktober di tahun yang sama. Meski kini eksis dengan spot pariwisata yang termasuk Top 5 Daerah Super Prioritas (DSP) dan sirkuit Mandalika dengan event dunia, hantaman krisis saat pandemi juga tak terelakkan. Dua kondisi yang signifikan memberikan dampak ekonomi serta sosial bagi masyarakat Lombok, juga masyarakat di wilayah kecamatan Dasan Cermen, kotamadya Mataram, NTB - Nusa Tenggara Barat.

Beruntung, ada sebagian wilayah di Lombok, tepatnya kampung atau desa yang mendapat program-program positif dari berbagai lembaga. Salah satunya, program Kampung Berseri Astra (KBA) dan Desa Sejahtera Astra (DSA). Tersebar di kotamadya Mataram, tiga kabupaten mulai dari Lombok Barat (Lobar), Lombok Tengah (Loteng) dan Lombok Utara (KLU).

KBA dan DSA Tersebar Hampir di Seluruh Lombok


Sampai di penghujung tahun ini, KBA dan DSA tersebar di tiga kabupaten serta kotamadya Mataram, ibukota provinsi NTB. Empat pilar program utama KBA dan DSA, yakni Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan, mendasari berbagai program yang aplikatif bagi masyarakat dan komunitas yang berada di wilayah dari masing-masing KBA dan DSA tersebut.

Sinergi KBA Dasan Cermen dengan Start Up, Pra Design Kampung Wisata Edukasi. FB Official KBA Mataram

Secara khusus, KBA sendiri merupakan program kontribusi sosial berkelanjutan ASTRA. Dimana implementasi berdasar pada empat pilar di atas, untuk kebermanfaatan sebesar-besarnya bagi masyarakat di wilayah program.

Yang terbaru, di kabupaten Lombok Utara (KLU), tepatnya di kecamatan Gangga telah di-launching DSA yang dilaksanakan di aula Kantor Bupati KLU – web Jaring Pos (23/08 2021). Semoga di tahun 2023, menyusul pula lahirnya KBA atau DSA di kabupaten Lombok Timur (Lotim) – kampung kelahiran saya, sehingga lengkaplah seluruh wilayah pulau 1000 masjid mendapatkan manfaat serba positif dari KBA atau DSA. Aamiin.

KBA Dasan Cermen, Semakin Berdaya Dengan Pilar Program Aman dan Tangguh


Ahmad Sahrul, Ketua Pelaksana KBA Dasan Cermen, menyatakan kebanggaan dengan bertambahnya pilar program di wilayahnya. Kecamatan Dasan Cermen sendiri berada di kotamadya Mataram, diresmikan sejak 2016 lalu. Keberadaan KBA dengan empat pilar program, telah terbukti nyata memberikan beragam manfaat positif bagi masyarakat d Dasan Cermen sendiri, juga masyarakat di lingkar terdekat wilayah ini.

Kick Off Kampung Wisata Edukasi. FB Official KBA Mataram/Dasan Cermen

Di wawancara melalui fitur chat online, menyenangkan untuk bisa mengenal Ahmad Sahrul yang fasih dan lancar mengisahkan program-program di KBA Dasan Cermen. Saat ini, aktif berkegiatan dengan dua sosial media utama, yaitu Facebook dan Instagram dengan masing-masing nama akun sama KBA Mataram.

Referensi digital selama enam tahun terakhir aktif menjadi KBA, masyarakat Dasan Cermen telah meraih beberapa prestasi di tingkat nasional. Diantaranya:
  • Juara 1 Awarding Avicenna/Kader Kesehatan, Aisah Ramli di tahun 2018.
  • Juara 1 KBA Nasional di KBANNOVATION 2019, dimana penerimaan apresiasi diwakilkan oleh Ibu Lurah Dasan Cermen dan Supiandi, S.E. M.Ec. Dev di Belitung.
  • Juara 2 Awarding Avicenna/Kader Kesehatan, Murniati di tahun 2021.
Prestasi-prestasi yang membanggakan. Bukti atas komitmen dan konsisten mempraktekkan program-program sesuai dengan empat pilar awal dibentuknya KBA. Penambahan pilar program ke-5, Aman dan Tangguh, idealnya diharapkan membantu membentuk masyarakat Dasan Cermen secara spesifik, menjadi wilayah serba aman serta tangguh dalam menghadapi ancaman apapun. Lalu bisa bergerak bersama pihak-pihak lainnya, bersinergi, bangkit bersama untuk Indonesia.

Lima Pilar Program KBA Dasan Cermen Tangguh Hadapi Resiko Resesi Global


Aisah Ramli dan Murniati, benar hanya dua dari ibu di wilayah kecamatan Dasan Cermen yang telah mendapatkan kenangan terbaik mereka bersama KBA Dasan Cermen. Di balik layar, bersama dengan Ahmad Sahrul, mereka sosok nyata yang komit serta konsisten bergerak di dalam berbagai kegiatan yang dipayungi 5 Pilar Program Utama KBA.

Masih dari dua referensi digital utama, yakni akun resmi KBA Dasan Cermen di Facebook serta Instagram, program-program nyata sebagai bagian dari 5 Pilar Program terus berjalan. Rutinitas harian, mingguan, bulanan, selama enam tahun terakhir KBA ini berjalan. Rutinitas kegiatan di bidang Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, Kesehatan serta Aman dan Tangguh, sejatinya juga mengajarkan kompleksitas serba positif. Ada tanggung jawab, kesabaran luar biasa, amanah besar, mind set serba positif dan aspek-aspek keberlanjutan.

Salah satu produk dari Pilar Program Kewirausahaan KBA Dasan Cermen. FB Official KBA Mataram

KBA Dasan Cermen, bersama-sama juga dengan program pemerintah setempat – Poli Konseling Remaja di Puskesmas misalnya, aktif menyasar remaja melalui Posyandu Remaja. Program positif apapun, tentu dampak keberlanjutan menjadi salah satu aspek yang diharapkan bersama. Ke depan, tidak menutup kemungkinan, dari siapapun yang terlibat aktif di posyandu remaja KBA Dasan Cermen, akan menyusul lahir sosok-sosok seperti Aisah Ramli, Murniati dan Ahmad Sahrul.

Ahmad Sahrul pula, yang optimis dengan penambahan Pilar Program ke-5, Aman dan Tangguh, “Semoga masyarakat Dasan Cermen mendapatkan manfaat nyata dari pilar program terbaru ini. Kami juga mampu implementasikan programnya, sehingga rasa aman dan ketangguhan kami bisa digunakan dalam menghadapi masalah-masalah yang ada. Baik ekonomi, sosial atau pun yang lainnya. Harapan baik lainnya, program berjalan lancar, termasuk yang masih dalam perencanaan.”

Produk lainnya dari Pilar Program Kewirausahaan di KBA Dasan Cermen. FB Official KBA Mataram

Lokasi Dasan Cermen berjarak sekitar 1.5 jam berkendara dari tempat tinggal saya. Tak sabar rasanya, ingin segera berjumpa langsung dengan Ahmad Sahrul, Aisah Ramli, Murniati juga para remaja yang menghidupkan aktivitas di posyandu Remaja KBA Dasan Cermen. Praktek nyata mereka, eksis dan berdaya dalam program-program yang dipayungi 5 Pilar Program, tentu sungguh bisa menjadi inspirasi di wilayah lainnya. Bisa jadi di salah satu desa di Lotim, atau bahkan mungkin di kampung saya persis, kecamatan Selong di ibukota kabupaten Lotim. Semoga, aamiin.

Lalu, resesi global semoga tertinggal sebatas diskusi di grup-grup chat online. Program nyata Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, Kesehatan serta Aman dan Tangguh, yang aktif bergerak bersama masyarakat di masing-masing wilayah KBA dan DSA, penangkal tangguh ancaman resesi.

Berdaya bersama, bangkit dengan aman serta tangguh untuk Indonesia tercinta.

Referensi:

  1. Web Utama SATU Indonesia: https://anugerahpewartaastra.satu-indonesia.com/
  2. Sosial Media KBA Dasan Cermen Mataram: https://www.facebook.com/kbamataram https://www.instagram.com/kbamataram
  3. https://diskop.ntbprov.go.id/program-kampung-berseri-astra-dasan-cermen-jadi-contoh-kotaku/
  4. https://jaringpos.com/23/08/2021/bupati-lombok-utara-launching-desa-sejahtera-astra-kecamatan-gangga/
#BangkitBersamaUntukIndonesia #KitaSATUIndonesia
Bunsal
Hi, you can call me Bunsal, despite of my full name at my main blog domain. A mom blogger based on Lombok, Indonesia. I do blogging since 2005 and lately using my new email and the domain, start on 2014.

Related Posts

Post a Comment