Kota SeJuta Budaya, Sambut Visit Jateng 2013

Beberapa waktu lalu, pojok-pojok Semarang ramai dengan baliho, spanduk-spanduk SPA --Semarang Pesona Asia--. Meski tidak mengikuti aktif setiap acara-acara SPA waktu itu, aku tidak bisa memberikan review konstruktif. Satu sisi, sampai hari iniaku pribadi tidak terlalu merasakan dampak dari kegiatan SPA tersebut. Beberapa kali melintas-mampir-bermain ke lokasi-lokasi wisata di kota Semarang atau daerah-daerah lainnya di Jawa Tengah, yang umum aku temui hanya wisatawan-wisatawan lokal. Masih sama-sama warga Indonesia..^_^
Berbeda sekali jika berkunjung ke lokasi-lokasi wisata di Bali, Jogjakarta atau Lombok. Hampir kapanpun berkunjung, selalu bisa bertemu wisatawan mancanegara.
Akhir tahun 2012 ini, PemProv Jawa Tengah kembali meluncurkan program wisata. Dengan logo Visit Jateng 2013, PemProv menetapkan 4 kota di Jawa Tengah sebagai destinasi wisata utama. Magelang, Cilacap, Jepara dan Sragen. Dus 50 atraksi budaya selama tahun 2013.
Besar harapan, dengan program wisata ini, semakin banyak destinasi-destinasi wisata yang bisa dikunjungi wisatawan manca. Semoga, amin.
Mendukung 4 destinasi wisata yang ingin di kedepankan di Visit Jateng 2013 ini, aku mengulas sedikit saja beberapa andalan wisata 4 kota tersebut.

Magelang
Wisata Kuliner: Yang cukup khas dari kota ini, beberapa menu seperti Sop Kacang Merah/Snerek, Kupat Tahu/Tahu Pojok, Getuk Trio, Potil. Karena bosku di kantor kelahiran Magelang, aku sudah cukup akrab dengan kuliner-kuliner tersebut. Beberapa kali berkunjung ke Magelang, salah satu kuliner itu hampir pasti kami nikmati.
Wisata Taman/Taman Bermain: Ada Taman Kyai Langgeng, Masjid Agung/Jami' Magelang, Gunung Tidar, Ketep Pass dan areal Gn Merapi di Muntilan.

Sragen
Wisata Kuliner: Aku pribadi belum pernah dengan sengaja berwisata ke Sragen. Jadi, sharing jenis kuliner disini, semata hasil dari gugling ^_^ Yang terbanyak disebutkan, Soto Girin, Sate dan Tongseng Kambing. Baiklah, semacam harus memasukkan kota ini sebagai destinasi wisata satu waktu nanti.
Lokasi Wisata:lokasi Gunung Kemukus, Ziarah Makam, Sangiran. Desa Sangiran bahkan sudah masuk di buku mata pelajaran Sejarah (duluuuuuuu ^_^), sebagai salah satu situs temuan kerangka nenek moyang di Indonesia.

Cilacap
Wisata Kuliner:Wah, bahkan sudah ada akun twitternya khusus untuk info kuliner cilacap..^_^. Jadi, langsung simak di TKPnya saja yaaaaaa...^_^ (dah mulai kehabisan stok kata-kata :D)
Lokasi Wisata: Nusa Kambangan, pantai Teluk Penyu, Benteng Pendem dan banyak lagi lokasi wisata pantai lainnya. Dan menurutku, dengan banyak destinasi wisata pantai, Cilacap hampir bisa dipastikan mempunyai varian kuliner olahan hasil laut yang beragam. Harusnya si....^_^

Jepara:
Menurutku, dibandingkan 3 kota lainnya, Jepara paling siap sebagai destinasi wisata Internasional. Sarana-prasarana penunjang sudah lengkap. Mulai dari varian kuliner yang bisa memenuhi ekspektasi setiap wisatawan lokal/luar negeri. Akomodasi dan transportasi, dus kondisi-kondisi jalan juga lokasi wisata yang mendukung.
Wisata Kuliner:Beberapa kali berkunjung ke Jepara, meski belum merasakan langsung kuliner khas kota ini, beberapa makanan disana sangat highly recommend untuk dicoba. Koleksi fotoku khusus kuliner di Jepara, menyusul yaaaa. harus ngubek-ngubek memori, entah FD atau PC/HP nih..:D
Lokasi Wisata:Jepara juga memiliki destinasi wisata lengkap, kecuali wisata gunung/mountain trekking. Spot-spot pantai, dari yang asri dan teduh dengan hutan bakaunya yang lebat, sampai pantai landai yang 'teduh' dengan wisatawan lokal yang selalu ramai berkunjung. Kemudian, sentra-sentra kerajinan ukir kayu/furniture. Bahkan, Karimun Jawa yang juga destinasi utama para pemancing pro dari kota-kota besar Indonesia lainnya. Dus, spot-spot diving yang bahkan sudah menjadi destinasi rutin wisatawan luar negeri.

2nd LBI Logo


Sebagai blogger kambuhan --yang masih mencintai menulis kalau ada tuntutan lomba dan giveaway-giveaway gratisan :D-- dukungan utamaku adalah memberikan ulasan terbaik di blog ini. Berharap ulasan-ulasan dan olah pikirku memberikan sumbangsih juga untuk program Visit Jateng 2013. Tentunya dengan harapan, program ini menapai tujuan idealnya dengan maksimal.

Salam hangat dari Banyumanik-Semarang



2 comments:

  1. Menurutku Jawa Tengah juga g kalah sama provinsi lainnya.

    aku juga punya kenangan disana meskpun sbentar.

    Jalan-jalan siang :D

    ReplyDelete
  2. Banyumanik, enggone tukul yo mas he he.
    Aku biyen pernah kerjo nang UNgaran Mas (USG), pernah juga dolan nang banyumanik.
    salam kenal

    *************************************

    ReplyDelete