BKB & BKL, Posyandu Rutin Bulanan

Putraku, Yusuf Alfa (29bulan), habiskan potongan terakhir seiris semangka merah, 'bingkisan' setiap posyandu rutin bulanan di lingkungan Rukun Warga (RW) kami. Aku celingukan, menyapu setiap pojok ruangan yang digunakan sebagai lokasi Posyandu ini. Biasanya selalu ada dipojok ruangan, pojok meja, atau bawah meja, batinku. Nyatanya, celingukan hampir 4x an, ternyata bak sampah yang aku cari-cari tidak ada.
Baiklah, karena tidak membawa tas, sampah plastik bekas pembungkus sampah aku selipkan di saku belakang celana.
Minus kecil. Seringkali di abaikan. Mungkin bulan depan, aku bawakan saja bak sampah mini dirumah..^_^
*paragraf khusus, edisi pencitraan banget ini* :D

BKB-Bina Keluarga Balita
Selain rutin melakukan proses timbang-ukur (berat badan-lingkar kepala & tinggi badan), posyandu di lingkunganku --RW V Pedalangan-Banyumanik--, juga aktif dengan kegiatan BKBnya. Balita mulai dari 0 tahun-maksimal 5 tahun.
Sasaran utama adalah balita-balita yang memang belum dimasukkan ke sekolah-sekolah, play group-play group reguler.
Selain konsultasi rutin proses tumbuh-kembang balita kita, juga ada materi-materi khusus yang disampaikan oleh kader-kader BKBnya.
Senin, 14 Januari 2013 lalu, materi khususnya membahas pewarna-pewarna dan zat-zat adiktif pada makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Bagaimana kita seharusnya memberikan perhatian berlebih pada sumber/pilihan makanan sehari-hari keluarga dirumah. Mengutamakan kualitas daripada prinsip kepraktisan. Usaha maksimal agar penerus kita (anak-anak) bisa hidup sehat di sisa umur mereka.

BKL-Bina Keluarga Lansia
Para Lansia juga mendapatkan perhatian khusus pemerintah dengan digalakkannya program-program Bina Keluarga Lansia.
Pre Lansia di umur 55th ke atas.
Dan lansia di umur 60th ke atas.
Rutin setiap bulan, dilakukan proses timbang-ukur juga. Untuk memberikan pengawasan maksimal pada kondisi kesehatan para lansia. Dus, jika pun ada penyakit khusus, para kader BKL bisa memantau serta mendampingi perawatan/proses rawat jalan para lansia tersebut.

Waktu-waktu tertentu, petugas-petugas paramedis dari Puskesmas terdekat juga memberikan perhatian lebih dengan menerima konsultasi serta memberikan obat-obatan gratis sesuai penyakit para lansia.

Banyumanik-18 Januari 2013


No comments:

Post a Comment