Link Banner

Dubes RI Korea, Undang NTB Promosi Pariwisata di KBRI Seoul

Dubes RI di Korea Selatan dan L.M. Faozal, Kadisparprov NTB.
Cred: Kadisparprov NTB
Ada yang pernah papasan dengan Rain dan istrinya pasca kembali dari honeymoon di Pulau Moyo Sumbawa? Saya sih enggak. Tapi saya beruntung bisa jalan-jalan sebentar berkeliling Amanwana Resort. Resort berkonsep akomodasi glam-camp plus standar privacy kelas dunia.

Glamp-camp, unit Ocean dan Jungle di Amanwana Resort Pulau Moyo. Dokpri
Foto dari gawai 2MP, maklumi yaaa ^^

Nah, saat ini, NTB melalui Dinas Pariwisata (Dispar) semakin membuka kesempatan bagi para wisman Korea untuk bisa mudah kunjungi Lombok Sumbawa. Dua pulau terbesar di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang miliki beragam potensi wisata.

Melihat potensi pasar pariwisata NTB di Korea, Dinas Pariwisata (Dispar) NTB terus membuat gebrakan. Setelah beberapa kali charter flight Korean Air Incheon - Lombok sukses di bulan lalu kini saatnya promosi semakin digencarkan.

Booming pariwisata NTB di Korea semakin menjadi setelah ratusan tamu undangan menikmati atraksi seni budaya dan kuliner dodol khas rumput laut di acara puncak perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 di KBRI Seoul.

Rombongan Dispar NTB membawa kesenian khas dan menyuguhkan dodol sebagai hidangan bagi tamu undangan.

Korea Selatan (korsel) memiliki potensi pasar yang besar untuk pemasaran pariwisata Lombok dan NTB pada umumnya.

Sebelum charter flight Korean Air telah dilakukan analisa pasar. Bahkan pada akhir tahun lalu bimtek khusus terkait pasar Korea digelar Kemenpar di Lombok.

"Kami menindaklanjuti dengan kegiatan kongkrit. Ini bukti bahwa kami serius menggarap pasar Korea," tegas Kadispar NTB Lalu M Faozal di Seoul, Kamis 28 September 2017.

Kondisi perekonomian Korea yang baik mendorong masyarakat Korea untuk berlibur. Tren yang ada di Korea saat ini lebih pada berlibur ke luar negri. Potensi ini di manfaatkan untuk mendorong pertumbuhan wisman yang datang ke Lombok.

Jika tahun ini target wisman adalah 1, 5 juta maka memang perlu gebrakan dan keseriusan dalam menggarap pasar, tambahan uraian LM. Faozal.

Lombok memiliki pasar yang tumbuh dengan angka yang sangat signifikan. Kunjungan wisman Korea ke Lombok dari tahun ke tahun terus meningkat meskipun belum masuk dalam 3 besar seperti Australia China dan Jepang.

Melalui program yang kami lakukan diharapkan akan melipat gandakan jumlah wisman Korea ke Lombok.

Pantauan Dispar NTB selama ini,  banyak wisman Korea khususnya group yang datang ke NTB. Tidak hanya Lombok yang memang sudah memiliki pasar di Korea, banyak wisman Korea yang sampai ke Sumbawa seperti ke pulau Kenawa atau Paserang, ini memunculkan optimisme bagi kami, terang Faozal.

Potensi wisman Korea ini cocok dengan potensi pariwisata NTB. Sebagian besar memilih untuk berlibur dengan konsep leisure dan sebagian memilih untuk bertualang dan mencoba hal hal baru. Bahkan kedekatan psikologis terhadap pandangan budaya membuat pasar semakin optimis. Orang Korea ini suka dan menjunjung tinggi budaya, NTB punya segmen wisata dan atraksi budaya seperti tenun dan adat istiadat atau the way of life yang bisa menjadi atraksi pariwisata.

Selain art performing di panggung KBRI dan dodol yang disajikan untuk tamu undangan, Dispar NTB menyuguhkan atraksi tenun dengan membawa penenun yang juga mendapat perhatian dari para tamu undangan.

"Menenun adalah salah satu budaya, banyak filosofi dan tenun ini adalah komoditas unggulan bagi Lombok, orang Korea suka yang begini," tambah Faozal.

Upaya direct flight rutin sedang dilakukan, termasuk kami sedang merencanakan untuk membuat kampanye khusus bagi promosi Korea melalui media yang efektif sesuai kajian dan hasil bimtek tahun lalu.

Upaya ini juga dilakukan untuk mewujudkan target 15 juta wisman pada 2017 yang datang ke Indonesia.

Sudah siap bareng-bareng oppa dan eonni Korea nikmati destinasi favorit kamu di Lombok juga Sumbawa? Yuk, makin rajin latih skill kamu berbahasa Korea yaaa.

Related Posts

2 comments

  1. NTB memang keren. Sayang, Disparnya tidak konsisten 😀

    ReplyDelete
  2. Waah NTB, moga diberi rejeki menjejakinya bersama keluarga, aamiin 😇😇

    ReplyDelete

Post a Comment