Berkah Jumat Bersama Duta Zakat Lazis Baiturrahman Semarang

Jumat Barokah. 

Seberapa banyak kita yang kerap tak tertahan cetuskan frase ini di keseharian? Atau hampir selalu diucapkan di setiap yang berkaitan dengan kata ‘Jumat’? Malam Jumat, Jumat pagi, Hari Jumat, sholat Jumat, dan seterusnya. 

Nah, di pagi Jumat ini, semoga keberkahan melimpahi kamu semua. Siapa pun yang kamu cintai. Kita.

Pun di keberkahan yang sama, yuk berjemaah menjadi duta zakat. Hmm, Duta Zakat

Motto Lazis Baiturrahman Semarang. SS
Iya. Duta Zakat. Menjadi seseorang yang gemar saling mengajak, mengingatkan, melakukan zakat. Zakat apa saja nih? Banyak..

Tetapi khusus hari ini, yuk bareng-bareng saya menjadi Duta Zakat bagi Lazisba Semarang. 

Lazisba Semarang, Lembaga Amil Zakat Baiturrahman di kota Semarang, tepatnya berada di bawah Yayasan Pusat dan Pengembangan Islam (YPKPI) Masjid Raya Baiturrahman. Badan ini juga sudah terdaftar dengan SK Kemenkumham No AHU-10075.50.10.2014 per tanggal 3 Desember, yang kemudian menjadi Yayasan Lazis Baiturrahman.

Nama Baiturrahman sendiri sudah lekat dengan masjid terdekat di kawasan Simpang Lima Semarang. Hayyoo lo, yang sudah pernah ke Semarang, pasti mampir atau minimal melewati kawasan yang menjadi salah satu ikon tempat publik terkenal Semarang. Dekat Wisma HSBC, juga di lajur terdekat dengan kompleks Mall serta Hotel Ciputra.

SS dari Lazis Baiturrahman Semarang.
Kembali ke Lazisba Semarang, zakat kamu yang terkumpul nantinya akan dikelola serta disalurkan untuk beberapa program. Apa saja nih?

Pertama, di bidang Ekonomi. Dinamai KUBAH (Kredit Usaha Barokah), program ini memberikan bantuan modal kepada para Mustahik (orang-orang yang berhak menerima zakat, infaq dan shodaqoh) tanpa bunga. Program ini sudah dijalankan di beberapa desa di sekitar Semarang, Desa Tambak Mulya (nelayan, tahun 2009), di Mangkang (2009), desa Tegowanu di Karangawen (petani, 2009), desa Cepoko Gunung Pati (2010 sampai 2015) dan desa Tambak Rejo di Kali Gawe (2014 sampai 2019, masih berjalan).

Kedua, bidang Pendidikan. Beberapa program di bidang ini, diantaranya BUS (Beasiswa Untuk Surga), Maksum (Masjidku Tersenyum), ELC (Education Learning Center), Asyik (Taman Syia’r Qur’an) serta Santri (Sahabat Anak Berprestasi). 

Ketiga, bidang Kesehatan. Program-program di bidang ini seperti BERCERITA (Bersalin dan Berbagi Cinta), satu program persalinan gratis bagi para mustahiq. Ada juga IBU-KUS (Ibuku Sehat – Anakku Cerdas) serta Sunah (Sunat Barokah), program sunat gratis bagi anak-anak yatim, piatu, dan duafa.

Keempat, bidang Kepemudaan atau SABAB (Satuan Pembina Umat Lazisba). Bidang ini dengan program SABAB menyasar para muda mudi muslim, menyiapkan mereka menjadi muslim sempurna berlatar IMAN dan ILMU. Nantinya diharapkan menjadi generasi yang tegakkan Islam, miliki karakter islami, berjiwa sosial tinggi, calon-calon dai yang siap membina generasi berikutnya. Sekaligus menjadi sarana pengembangan semangat Enterpreneurship bagi para muda mudi Islam.

Beberapa program Lazis Baiturrahman Semarang. SS
Berbagai program yang tercakup di empat bidang di atas bisa dijalankan berkat tiga sumber dana, yaitu infaq, zakat dan shodaqoh yang diterima Lazisba Semarang. Sumber dana lainnya berasal juga dari program-program CSR perusahaan, juga dana tertentu para donator dengan periode pemberian bantuan berjangka waktu tertentu.

Istilahnya, setiap orang (saya dan kamu) bisa menjadi donator dengan berikan zakat, infaq, dan shodaqoh di Lazis Baiturrahman. Tak mematok di nominal tertentu, insyaAllah akan menjadi kontribusi bermanfaat, baik bagi masyarakat umum, khususnya para penerima bantuan melalui program-program Lazis Baiturrahman Semarang.

Ingin bershodaqoh dengan cara lain? Kamu juga bisa menjadi Duta Zakat. Relawan dengan ragam latar profesi, membantu menyebarkan informasi seperti di tulisan ini, mengajak dan mengabarkan ke seluas mungkin ke orang-orang lain mengenai Lazis Baiturrahman.

Terakhir, agar shodaqoh kamu tepat sasaran, simak detail info tentang Lazis Baiturrahman Semarang di bawah ini;
Rekening Donasi Lazis Baiturrahman
Bank Syariah Mandiri (BSM) 0500217029
CIMB Niaga Syariah 5350100068007
BNI Syariah 0268583724
Bank Jateng Syariah 5031000799
Ingin jadi Duta Zakat juga, panteng akun-akun sosial media Lazis Baiturrahman Semarang di sini;
Sobat Zakat Lazis Baiturrahman
FB / Fanspage : Lazis Baiturrahman
IG : @lazisbaiturrahman
Twitter: @lazisbaiturrahm
Youtube: Lazis Baiturrahman
Call center : 085100999774
Nah, sudah siap menjadi Duta Zakat? Atau ingin jadi donatur saja? Silakan.. 

No comments:

Recent

recentposts

Random

randomposts