Liburan Sambil Belajar di Jogja? Sambangi 5 Destinasi Wisata Sejarah Ini

Yogyakarta, salah satu daerah teristimewa di Indonesia selain Aceh. Tentu tidak akan pernah ada habisnya jika membicarakan kota satu ini. Kota yang memiliki suasana khas keraton yang sangat kental ini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan selain Pulau Dewata dan Lombok. Keramahannya selalu membuat semua orang ingin berkunjung lagi dan lagi.

Bersama Mombassador SGM Eksplor Batch 5 di Hotel Indie Jogja. Dokpri
Bukan hanya dikelilingi oleh destinasi wisata alam yang memukau, Jogja juga sarat dengan berbagai wisata sejarah yang cocok untuk media belajar si buah hati sembari bermain di akhir pekan atau saat waktu liburan menjelang. Belum lagi dengan sajian kulinernya yang sangat menggugah selera. Berikut 5 destinasi sejarah yang tepat dikunjungi bersama anak-anak tercinta:

1. Tamansari

Pertama, Anda bisa berkunjung ke Tamansari yang letaknya tak jauh dari Keraton Yogyakarta. Tamansari merupakan komplek taman peninggalan Sultan Hamengkubuwono I yang amat menawan. Dahulu, oleh keluarga dan kerabat keraton, Tamansari sering dijadikan destinasi wisata.


Sumber : manusialembah.com
Selain taman dan kolam dengan pancuran air, Tamansari juga memiliki lorong-lorong rahasia yang letaknya ada di bawah tanah. Kabarnya, dahulu lorong ini menjadi tempat pelarian keluarga keraton apabila mendapat serangan musuh.

2. Candi Prambanan

Tidak ada yang tidak tahu destinasi paling bersejarah satu ini. Candi Prambanan merupakan satu-satunya komplek candi bercorak Hindu terbesar yang dimiliki Indonesia. Candi yang termasuk ke dalam salah satu warisan dunia UNESCO ini sering digunakan sebagai latar pementasan sendratari Ramayana. Baik dikunjungi saat siang atau malam hari, destinasi ini tak pernah kehilangan keindahannya. 

3. Benteng Vrederburg

Teknologi yang semakin berkembang membuat sejarah nyaris terlupakan. Oleh karena itu, tak ada salahnya mengajak buah hati kembali menapaki masa sejarah beratus tahun silam. Salah satunya adalah dengan mengunjungi Benteng Vrederburg yang berlokasi tak jauh dari Kantor Pos Besar dan Pasar Beringharjo. Kini, bangunan pertahanan milik Belanda ini digunakan sebagai museum yang berisi banyak diorama yang menceritakan kisah perjuangan rakyat Yogyakarta mengusir penjajah.

4. Keraton Yogyakarta

Tak lengkap rasanya liburan Anda di Kota Pelajar ini jika tak menyambangi Keraton Yogyakarta, salah satu simbol kota Jogja. Di sini, Anda bisa menunjukkan kepada si kecil tentang betapa kentalnya kehidupan Jawa di Jogja sekaligus memperkenalkan mereka pada semua benda-benda bersejarah yang dahulu pernah digunakan oleh keraton untuk kegiatan sehari-hari, termasuk saat berperang melawan penjajah.

5. Monumen Jogja Kembali (Monjali)

Terakhir, ada Monumen Jogja Kembali yang juga merupakan salah satu museum favorit para wisatawan. Museum ini didominasi oleh sejarah bagaimana Jenderal Soedirman memimpin rakyat Yogyakarta berperang memukul mundur penjajah. Selain diorama, dipajang pula semua jenis senjata, pedati, hingga tandu yang dulu digunakan ketika berperang.

Sumber : sewamotordijogja.com
Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah memesan hotel di Jogja untuk tempat Anda dan si kecil beristirahat. Supaya lebih mudah, langsung saja pesan di Airy Rooms. Kamar-kamarnya memiliki standar kualitas dan fasilitas yang mumpuni, mulai dari AC, televisi, tempat tidur besar yang bersih, dan air mineral serta akses internet gratis di dalam kamar.

Lokasi hotelnya pun berada di tempat yang strategis dan mudah ditemukan, tidak seperti akomodasi murah kebanyakan yang berada di tempat yang sulit dijangkau. Selain tidak akan sulit menemukannya, mobilitas Anda pun akan semakin mudah. Yuk, pesan hotelnya sekarang, dan tuntaskan transaksinya dengan kartu kredit Anda. Jika tidak punya, Anda bisa membayar dengan transfer atau tunai di Indomaret.

7 comments:

  1. No satu, tiga ma lima belum pernah aku, baru ke candi prambanan dan keraton yogya aja hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa segera main ke spot2 itu ya bunsay ^^
      Jeng2 seru plus buat apdet blog juga..

      Salam siang dari Lombok ^^

      Delete
  2. Semoga da kesmepatan dalam waktu dekat. Ingin sekali bergegas ke jogja bun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin bang.
      Bakalan manteng liputan kerenmu di blog deh.

      Maaf, masih jarang2 BW balik ni.

      Delete
  3. Salam kenal mbak dari blogger jogja, jangan lupa beli oleh-oleh di Pasar Beringharjo sebelah utara Benteng Vredeburg mbak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali mas Priyo.

      I will.
      Baru sempat sekali ke Beringharjo, pas masih nggendong anak mbarep sing jik baby ^^

      Suwun sanget mpun mampir nggih ^^

      Delete
  4. Belum kesampean ke Tamansari. Semoga bisa kesana deh..Salam kenal bun.

    ReplyDelete