Refleksi 2017, Tahun Berlibur Impian

Belum bisa lagi menjejak jalur-jalur pendakian Rinjani. Pintu Senaru dan Sembalun, dua jalur utama yang dulu terasa sangat akrab. Dalam setahun, saya bisa lakukan pendakian tiga sampai empat kali. Kesukaan yang berakhir di 2001 dan berjeda panjang selepas menikah, kemudian menetap serta bekerja di Semarang sampai awal 2014.

View Gunung Agung dari halaman belakang kantor baru saya  - APWTour dot Com. Dokpri
Pengingat pun pembuka, refleksi sederhana 365 saya di tajuk 2017. Satu ide dari duo mom blogger komunitas Gandjel Rel Semarang, Mbak Tanti Mechta dan Mbak Nuzha. Mbak Tanti telah miliki dua buku, --Notes From Mecca Memoar 2015 dan Kumcer ‘Tentang Mimpi dan Luka Yang Telah Pecah’, sekaligus travel blogger juga. Mbak Nuzha, pun penyuka jalan-jalan seru, dengan kisah yang bisa diintip lengkap di blognya.

Travelling ke Destinasi Seru

Labuhan Bajo!! Mengingat teriakan girang saya saat memastikan sendiri nama saya benar tercantum di satu dari 20 pemenang Weekend Escape Insto Buddy bareng Insto Combhipar, masih juga satu senyuman hadir di wajah dan hati. Menyempurna karena ijin berangkat diberikan keluarga. Trip berlayar, menginap di atas perahu pinisi, 3 hari 2 malam. 


Sebelumnya, perasaan girang sama ketika saya menjadi satu dari seratus orang Mombassador Batch 5, event seseruan para bunda hebat yang berasal dari seluruh Indonesia, digawe besar Susu SGM Eksplor alias PT Sari Husada. Di trip ini pula saya akhirnya mendarat di ibukota Jakarta, meski hanya transit terbang di bandara Halim Perdanakusuma selama 3 jam ( :D ). Mirip solo travelling, karena trip saya sendiri (karena hanya sendirian berangkat dari Lombok), berawal di Lombok dengan transit 3 jam di Jakarta untuk kemudian berakhir di kota Jogjakarta. Solo travelling kembali di trip pulang, start Jogja, transit Bali sebelum akhirnya safely landed di Lombok. Solo travelling 3 hari 2 malam, dengan kegiatan super padat bersama para bunda hebat lainnya.

Staycation Asyik di Hotel Golden Palace bareng Sahabat Lombok Taksi. Dokpri
Aktifitas Travelling Seru

Sepanjang tiga tahun kembali dan menetap di Lombok, tadinya hanya ingin memperkuat kemampuan berenang. Namun, ketika akhirnya dapat kesempatan travelling ke Labuhan Bajo, saya tetapkan hati harus mencoba snorkeling sendiri. Swim suit tertutup masih ada (cuma satu dan awet selama hampir 5 tahun :D ), snorkeling set pun lengkap (masker, life jacket dan fin), bekal awal yang yakinkan saya snorkeling memang menyenangkan.

And indeed it so much fun!!

Meski mendung gelap, selalu ada sisi cantik. Trip sehari ke Gili Kondo Lombok Timur. Dokpri
Memulainya di Pulau Kelor, Labuhan Bajo, saya memilih mengabaikan puncak bukit di pulau cantik ini dan sepenuhnya berada di bawah air. Snorkeling yang membuat saya sungguh candu. Dua hari sisa sailing trip, baik saat di pantai pink, saya benar-benar kuras tenaga hanya untuk memuaskan diri nikmati pemandangan bawah laut Labuhan Bajo. Baru dua spot, Pulau Kelor dan Pantai Pink, namun saya yakin akan segera bertambah. Through whatsoever ways ^^

Aktifitas travelling yang meningkat, bagi saya, ketika di awal tahun kembali bisa nikmati keseruan Tubing Sungai bersama Jejak Black Barry Adventure di desa Pringgasela, Lombok Timur. 

Resolusi Yang di Ijabah ALLAH SWT

Naskah novel pertama saya masih tersimpan manis, di email pun di bank penyimpan data drive. Belum ada lagi antologi puisi atau cerpen. Sesekali masih menulis di akun Kompasiana. Kompilasi produktifitas menulis, yang ketika berujung diterimanya saya sebagai Editor di satu kantor Tour and Travel -- yang menggagas web travel sebagai salah satu strategi marketingnya, tahun 2017 saya sungguh terasa sempurna.


Kelindan serba indah, serba baik, serba positif, harap yang selalu saja terselip di ratusan kata-kata terpilih di puluhan jenis tulisan saya. 

Kesempatan interview istimewa, Pak Amir Muslim - Manager Lombok Taksi dan Pak Cekas Budiman - Manager HRD. Dokpri
Kini, saya merasa hanya harus menjaganya. Membuatnya selalu sejalan dengan segala serba indah, serba baik, serba positif dari setiap konten tulisan yang kemudian lahir di setiap proses tanggung jawab harian sebagai editor. Syukur mendalam, aktifitas editor ini bahkan erat berkaitan dengan travelling. Update kolom berita dan interview, menjaga konten-konten –baik di web magazine maupun paket-paket wisata, bisa terbaca nyaman oleh siapa pun.

Refleksi setahun, semoga menjadi dasar terbaik saya untuk semakin lebih produktif di 2018 yang telah terlewatkan di sepuluh hari pertamanya. Semoga pula mampu mengerakkan kamu, yang ingin menjejak rekam-rekam positif saya. Blogger, traveller, dan pecinta kata-kata.

Aamiin.

22 comments:

  1. sudah lama ga ke lombok nih.. terakhir 3 taun lalu ke pantai seger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk ke Lombok lagi bang.
      Mumpung kalender libur panjang 2018 juga sudah viral.

      Kabar2i ya, sapa tau bisa meet up plus travelling bareng ^^

      Delete
  2. Pergi ke berbagai tempat wisata tanpa biaya adalah salah satu resolusi saya di tahun lalu,alhamdulillah kesampaian. Tahun ini juga pengen lagi pergi ke tempat yang lain yang lebih jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ^^

      Aamiin, semoga salah satu yang jauh itu destinasi cantik di Lombok.

      Delete
  3. Aamiin ya Allah semoga resolusi produktif dan bermanfaatnya tercapai ya Bunsal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.
      Semoga Nyi juga diijabah semua doa baik untuk tahun 2018 ini yaaa.

      Delete
  4. Senengnya bisa liburan ke labuan bajo ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak dosen.

      Rezeki rajin manteng blog njenengan juga.
      jadi selalu semangat dan siap sedia ngetrip kemana pun, kapan pun, bagaimana pun ^^

      Delete
  5. Lombok trtap destinasi wisata yang ingin kukunjungi, semoga dalam waktu dekat ini ya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kukan menantimu dengan setia dan penuh keyakinan mbak Vita.

      *lari2kecilalapelemIndiatrusmuter2inpohon
      *ehlho

      Delete
  6. Semoga tahun ini kita bisa ketemu lagi di Raja Ampat ya Bunsal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin super kenceng, lepel dewa plus tembus semua lapisan langit.
      *sakingkhusyuknyangaminindoasuperbaikbegini

      Delete
  7. Asiik banyak jalan2nya ya bunsal di 2017. Alhamdulillah aku juga dapat rejeki ketemuan lagi ma bunsal di 2017 ini. Moga tahun ini bisa kopdar lagi yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah Mak Irit.
      Eh kleru, mak Rahmi penulisnya Mak Irit ^^

      Rezekiku juga, bisa beli komik Mak Irit buat oleh2 anak wedhok.
      Semoga tahun 2018 rezeki meet up lagi yaaa.
      Aamiin ^^

      Delete
  8. salwa tumbuh makin cantik, bun.
    Oh iya, sudah 2 kali kesempatan ada acara bareng sama nuzha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suwun sanget om.

      Salam baik ke Nuzha yaaa.
      Aku malah belum rezeki kopdar nih.

      Salam ma nyonyah dan anak2.

      Delete
  9. Masya Allah, seru banget ya mbak tahun kemarin. Semoga tahun ini lebih seru lagi. Bisa kecapaian resolusinya. Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mbak Anita.
      Aamiin, doa baik yang sama untuk mbak Anita.

      Salam siang dari Lombok

      Delete
  10. Kilas baliknya seru banget Bunsal :) semoga tahun depan lebih baik lagi... Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga seseru kilas balik mbak Nuzha juga yaaa.
      Aamiin.

      Rezeki kopdar juga buat kita berdua, semoga bisa di 2018 ini.
      Aamiin lagi ^^

      Delete