Tips Memilih Aksesoris Gadget dan Elektronik yang Sesuai Kebutuhan

Aksesoris kamera DSLR dan tinta printer memiliki satu kesamaan: ketidak hati-hatian dalam memilih produk akan merusak perangkat yang harganya tidak murah. Walaupun ada banyak sekali pilihan aksesoris maupun refill tinta di pasaran sana, sayangnya tidak semua layak dicoba dan bahkan berbahaya bagi kamera dan printer yang dimiliki. Jadi, apa tips-tips dalam membeli? 



Simak penjelasan berikut:

Memilih Aksesoris Kamera yang Aman

Mengingat harga kamera DSLR yang tidak mudah, pemilik harus benar-benar melindungi kamera yang dimiliki. Selain itu, perawatannya pun juga harus dilakukan dengan tepat dan baik. Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam merawat kamera DSLR adalah dengan melengkapi kamera yang dimiliki dengan aksesoris kamera. 



Aksesoris kamera tersebut tidak dimaksudkan untuk mempercantik tampilan kamera, namun juga ditujukan untuk melindungi kamera tersebut. Akan tetapi, pemilihan aksesorisnya tidak bisa sembarangan. Aksesoris yang dipakaikan ke kamera setidaknya harus memenuhi ciri-ciri di bawah ini:

Yang pertama, pastikan aksesoris kamera, seperti misalnya tas kamera, yang dibeli dan dipakai dibuat dari bahan yang waterproof atau tahan air. Pemilihan tas kamera dengan bahan seperti ini bukan berarti pemilik bisa saja memasukkan kamera ke dalam air. Namun, dengan tas pelindung berbahan waterproof seperti ini, perlindungan kamera terhadap situasi tak disengaja atau tak terduga yang melibatkan air menjadi lebih aman dan tangguh. 

Yang kedua, pilihlah aksesoris kamera berupa penyangga kamera yang berbahan kuat. Kamera DSLR bagi sebagian orang merupakan kamera yang berat dan mudah membuat lelah apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, aksesoris kamera DSLR berupa penyangga ini sangat diperlukan. 

Namun, dalam membeli penyangga kamera, pastikan bahwa penyangga kamera tersebut berbahan kuat. Kamera DSLR memiliki berat yang lumayan besar. Maka, jangan sampai memilih penyangga kamera yang terlihat tidak meyakinkan. Pemilihan penyangga kamera yang kuat juga pastinya akan lebih tahan lama dan awet. 

Pemilik kamera pun tidak perlu berkali-kali membeli penyangga kamera karena barang yang kemarin dibeli sudah rusak dan rusak lagi. Selain itu, pilihlah penyangga kamera yang juga bisa berfungsi sebagai baterai cadangan. Jadi, ketika kamera sedang dipergunakan untuk kegiatan yang cukup lama, pemilik tidak perlu khawatir akan daya tahan baterai. 



Cara Memilih Tinta Printer yang Tepat

Yang tak kalah penting dari mengetahui cara memilih aksesoris kamera DSLR adalah tips-tips memilih tinta printer yang tepat. Pemilihan tinta yang tepat ini sangat penting karena jika salah pilih, printer yang dimiliki bisa cepat rusak. Faktanya, tinta printer yang berkualitas tidak harus mahal. 

Berikut tips memilih tinta printer bagus dan murah:

Tips yang pertama adalah dengan memilih merk tinta yang sesuai dengan printer yang dimiliki. Yang perlu diingat adalah, setiap merk tinta printer memiliki tingkat kekentalan tinta yang berbeda. Maka dari itu, pastikan untuk selalu mengisi ulang tinta printer dengan merk yang sama dengan merk printer yang dimiliki. Alasannya jelas agar kekentalan tinta yang digunakan cocok dan pas dengan printer yang dimiliki. 

Akibat dari pemakaian tinta printer yang tingkat kekentalannya tidak sesuai dengan printer yang digunakan pastilah printer yang menjadi cepat rusak. Jangan sampai refil tinta printer lebih encer atau terlalu kental dari tingkat kekentalan yang dibutuhkan oleh printer yang digunakan. 

Selanjutnya, pastikan tinta printer yang dibeli memiliki kompatibilitas dengan printer yang dimiliki. Cara mengecek kompatibilitasnya sangat mudah. Cek kardus pembungkus tinta printer yang dibeli. Biasanya aka nada keterangan di kemasan tinta tersebut tentang jenis printer apa saja yang bisa memakai tinta printer tersebut.

Sebelum membeli, pastikan refil tinta tersebut sesuai dengan jenis dan tipe printer yang dimiliki. Namun, apabila susah didapatkan, setidaknya pilih tinta yang sesuai dengan jenis printer, walaupun akan lebih baik apabila tinta refill tersebut benar-benar sesuai untuk baik jenis maupun tipe printer. 




Tips Membeli Aksesoris Kamera dan Tinta Printer dengan Mudah dan Murah


Setelah mengetahui detail masing-masing dari cara memilih aksesoris kamera dan tinta printer, selanjutnya kita juga perlu mengetahui bagaimana cara berbelanja aksesoris kamera dan refill tinta dengan mudah dan murah. 

Cara yang pertama adalah dengan selalu memastikan produk yang dibeli adalah produk yang original. Originalitas adalah jaminan kualitas. Jangan pernah main-main dengan apa yang dibeli untuk kamera dan printer. Seperti yang telah disebutkan di atas, kamera dan printer adalah barang yang rentan rusak dan harganya mahal.

Yang kedua, pastikan pembelian produk dilakukan di toko yang berizin resmi. Dengan begitu, barang-barang yang dibeli pasti harganya lebih terjangkau dan kualitas barangnya lebih terjamin. Selain itu, pembelian barang di toko yang resmi pasti memudahkan kita untuk mengklaim sesuatu apabila ada kerusakan atau hal-hal lain yang tidak sesuai keinginan. Hindari membeli aksesoris kamera atau refill tinta di toko yang tidak berani menjamin kualitas dan garansi produknya. 

Membeli tinta printer dan aksesoris kamera memang gampang-gampang susah. Namun dengan adanya panduan membeli di atas, pastinya perburuan barang-barang yang diperlukan untuk baik printer maupun kamera bisa menjadi lebih simple. Jangan asal beli barang murah ya!

4 comments:

  1. Betul kalau yang murah suka merusak printernya :)

    ReplyDelete
  2. Printerku dirusakin adekku. Gemes rasanya. Tipsnya masuk banget bunsal, aku lagi pengen beli kamera. Makasih bunsal

    ReplyDelete
  3. Nice info. Tau aja deh hubungannya printer dan kamera ��

    ReplyDelete
  4. Salah beli tinta, malah printernya yang rusak yaa..

    ReplyDelete