Jangan datang ke Sumbawa, mataharinya ada tiga. Tapi, jangan datang sebentar ke Sumbawa, menginaplah yang lama. Ada Singang Udang yang lezat, selezat Sepat Ikan, membuatmu enggan pulang.


Singang Udang yang lezat. Dokpri

Iyass, seperti saya. Satu kilo udang segar hendak diolah menjadi Singang Udang. Master chefnya, Ririn. Seorang wedding singer, bunda dari Ryan, pun istri Bang Dudi. Rekan relawan saya di Generasi Pesona Indonesia (GenPI) NTB.

Abaikan sungkan, meski baru pertama berkunjung ke rumah pasangan ini, saya memaksa ikut memasak Singang Udang. Selain Singang, Sepat juga kuliner khas Sumbawa. Jadi, serupa mendapat durian runtuh. Makan siang dengan menu utama Singang Udang, juga dapatkan contekan resep serta cara memasaknya.

Langsung yuk, ini resep dan cara memasak Singang Udang. 

Bahan-Bahan Resep Singang Udang


Udang segar 1 kg
Bawang merah 15 siung
Bawang putih 5 siung
Kemiri 5 butir
Tomat 3 buah
Cabe merah besar 5 buah
Cabe rawit secukupnya 
Asam jawa 3 papan
Kunyit dua ruas jari
Jahe seujung telunjuk
Laos atau Lengkuas seujung telunjuk
Daun Ruku' 5 tangkai
Merica bubuk 1 sachet atau 2 sdt
Minyak goreng 5 sdm
Garam, gula pasir, secukupnya

Cara Memasak


Iris tipis lima siung bawang merah. Haluskan kunyit, kemiri, bawang merah (5 siung) bawang putih dan jahe.

Tiga papan asam jawa segar, salah satu bumbu utama. Dokpri
Siapkan lima sdm minyak goreng, tunggu panas dan masukkan irisan bawang merah (10 siung), biarkan sampai wangi. 
Masukkan lagi bumbu yang dihaluskan dan geprekan laos. Tunggu sampai semua bumbu wangi dan minyak kemirinya agak keluar.

Saat bumbu gongso semakin wangi, masukkan 200 ml air. Tambahkan irisan tomat dan cabe merah besar. Irisan dan beberapa butir cabe rawit (untuk penyuka pedas, 10 butir cabe rawit juga boleh).

Satu mangkok besar Singang Udang siap santap. Dokpri
Terpisah, siapkan remasan tiga papan asam jawa, daun Ruku' (kemanginya Sumbawa). Jadi, jika daun ini tak ada, insyaAllah nggak ada yang marah kalau diganti kemangi. Tambahkan juga garam dan gula pasir sesuai selera.


Bumbu gongso mendidih, masukkan air remasan asam. Tunggu sampai mendidih lagi, masukkan udang segar yang sebelumnya sudah dibersihkan. Terakhir, persis sesaat sebelum disajikan, masukkan daun Ruku'.

Satu mangkok besar Singang Udang, siap menjadi menu utama di salah satu momen santapmu.

Selamat makan.

13 Comments

  1. Hmmmm,yummi...,tumben batur makan singang and sepat....

    ReplyDelete
  2. Cabenya bikin pengin makan.....

    ReplyDelete
  3. Waah..udaaaang.. kesukaanku nih. Langsung lapeeer n ngileer lihat foto2 Singang Udangnya. Mau coba bikin juga ah..

    ReplyDelete
  4. Kalau dilihat dari resepnya sih sebagian adalah bumbu dasar yang biasa dipakai ibu-ibu, kecuali bagian Daun Ruku. Aku sudah bisa membayangkan rasanya yang segar dari asam jawa dan tomat. hmmm... maknyus.

    btw, kalau dimodif ditambahin santan kira-kira gimana? masih cocok tidak ya?

    ReplyDelete
  5. seger banget ya ada asemnya mba apalagi liat penampakan cabenya itu alamak nyess grendos,,aku biasa bikin udang itu goreng tepung atau tumis jadi pengen deh coba resepn ini

    ReplyDelete
  6. Duh mba jadi ngiler aku liatnya, seger kayaknya yah... Dulu pas aku ke Sumbawa kok nggak tahu ada makanan ini yah... Yang aku inget makan rarit sama urap rumput laut rasanya enak banget..

    ReplyDelete
  7. Pulang kerja, lapar, eh lihat postingan Singang Udang. Jadi pengen cobain nih. Resepnya cukup mudah nih.

    ReplyDelete
  8. Aku pecinta udang. Mau itu udang goreng, goreng tepung, asam manis, balado pokoknya dimasak apapunlah.

    Eh kalau ada resep makanan dari daerah lain begini yo aku pingin nyoba dong. Kalau punya udah aku bakal buat singang udang ini. Nyontek resep boleh ya, Kak. Hehehehe

    ReplyDelete
  9. wah udang ini salah satu lauk favoritku. penasaran nih sama namanya singang itu apa ya artinya?

    ReplyDelete
  10. Wahh, segar banget deh ini ya. Dimakan saat siang ataupun malam kayaknya gak bakalan nolak deh untuk nambah.
    Makasih resepnya lho ya.

    ReplyDelete
  11. Hm.... Aduh enak banget kayaknya ini Singang Udang Sumbawa. Aku lagi suka banget masak di kos, kira-kira bisa gak ya masak ini di kos. Dicoba ah, soalnya bosen makan ayam mulu.


    Oh iya, Singang artinya apa ya?

    ReplyDelete