Lombok kini semakin eksis menjadi destinasi wisata, nusantara pun kelas dunia. Nah, agar liburanmu semakin berkesan, yuk kenali lagi kuliner khas Lombok. Masing-masingnya biasanya akan kamu rasakan, baik di trip hari pertama atau bahkan -- saking nyandunya, akhirnya kamu jadikan menu utama di setiap momen santap.

Terutama di waktu sekarang ini nih. Saat Ramadan tiba, waktunya sedikit cooling down dan menikmati suasana. Bagi kamu yang ke Lombok saat ini, kebetulan juga sedang berlangsung even Pesona Khazanah Ramadan. Venue utamanya di kompleks Islamic Center Mataram.

Jalan jalan ke Lombok tidak lengkap tanpa menikmati sajian kuliner yang tentu menggoyang lidah. Tidak hanya Ayam Taliwang dan Pelecing Kangkung loh gaes. Masih banyak kuliner Lombok lain yang bisa kamu nikmati. Begitu beragam dan tidak semuanya pedas. Penasaran kan? 

Yuk simak berbagai kuliner Lombok yang wajib kamu santap 

1. Ayam Taliwang 

Ayam taliwang sangat terkenal, bahkan pada 2016 ayam taliwang menyabet penghargaan sebagai hidangan nusantara terfavorit. Ayam bisa didapatkan di berbagai rumah makan dan sentranya ada di Karang Taliwang Mataram. Rasanya pedas, dan bumbunya sangat strong.

2. Pelecing Kangkung 

Kangkung Lombok terkenal berbeda dengan daerah lain. Kangkung Lombok terkenal lebih lembut dan manis. Plecing merupakan makanan khas yanh disajikan bersama sambal khas pelecing, kecambah serta kacang tanah goreng.


3. Sate Bulayak 

Sate bulayak terkenal karena rasanya yang istimewa. Bulayak sendiri merupakan nasi yang dibungkus dengan daun kelapa yanh dihidangkan bersamaan dengan sate ayam daging atau jerohan. Bisa dipilih sesuai dengan selera 

4. Bebalung 

Bebalung merupakan sup tulang khas Lombok. Rasanya nikmat dengan daging sapi yang empuk dipadu dengan kaldu yang gurih. Menggoda selera gaes dan pengen nambah rasanya kalo makan bebalung.


5. Sate Rembiga 

Sate rembiga adalah sate sapi khas Lombok. Dipanggang dengan bumbu khusus sehingga menjadi legit. Rasanya manis namun tetap pedas. Nah bingung kan ? Mesti dicobain gaes 

6. Beberok

Beberok adalah sambal khas Lombok. Terbuat dari terong, cabai, tomat, kacang panjang dan bawang merah. Cocok untuk kamu yang suka lalapan dan sayuran segar.


7. Ayam Pelalah 

Ayam pelalah adalah ayam kampung yang dimasak menggunakan santan. Hampir mirip kari namun bumbunya lebih strong. Daging ayam yang lembut begitu enak dan menggoda 

8. Sate Ikan Tanjung 

Sate Ikan Tanjung merupakan sate ikan barakida dan tengiri yang merupakan makanan khas dari Lombok Utara. Rasanya legit dan bumbu rempah yang khas menambah selera untuk mencoba 

9. Ayam Rarang 

Ayam rarang merupakan ayam bumbu cabe yang terkenal dengan pedasnya. Ayam rarang merupakan hidangan khas dari Lombok Timur dan dapat dijumpai di daerah rarang kecamatan terara 

10. Sayur Lebui 

Sayur ini khas ini khas dan sulit ditemui didaerah lain. Ada biji kacang lebui yang berwarna hitam seperti kedelai namun empuk dan sangat enak dinikmati bersama kuah nya yang gurih 

Nah gaes, masih banyak lagi kuliner khas Lombok yang bisa kamu nikmati saat berkunjung. Apalagi kalo berkunjungnya pas ramadan gini sambil hadir dan turut meramaikan even Pesona Khazanah Ramadan di Lombok. 

Berbagai sajian kuliner diatas ada juga loh di arena bazar Pesona Khazanah Ramadan yang buka setiap sore di Islamic Center Mataram. Gak perlu ribet masak, kamu bisa pilih dan mencicipi berbagai hidangan khas cita rasa Lombok.

Happy fasting and travelling ^^

14 Comments

  1. Bebalung kayaknya seger banget tuh,,,,sama beberok,,,namanya unik tapi kelihatannya makanannya enak pisan hihihi,,,,jadi pengen sarapan,,,wkwk

    ReplyDelete
  2. Setiap kali membaca tentang kuliner tradisional, pasti langsung ngiler. Saya pernah makan ayam taliwang, pelecing kangkung, dan sate bulayak. Tapi belum pernah makan hidangan yang lain. Pengin kunjungan lagi ke Lombok dan mencobai makanan lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa segera ngetrip seru ke Lombok lagi, mbak Dyah.
      Pastinya juga wisata kuliner Bebalung, sate Rembige, sate ikan Tanjung, juga kuliner khas Lombok lainnya.

      Delete
  3. Haisshh...barusan komen tapi salah kamar. Bukannya di kolom komen malah di kolom kontak wkwkwkwk.

    Rewrite.

    Kalau pelecing kangkung itu menu sayur langganan saya pas njajan sea food di Daun Lada. Yang doyan sih ibu negara, kalau saya ga seberapa soalnya ga terlalu akur sama makanan pedes.

    Oya, bebalung itu kalau di sini mungkin namanya balungan kali ya. Soalnya isinya balung thok gitu.

    ReplyDelete
  4. ya ampun ngeces liatnya dan dari namanya aja keliatan yummy yang udah pernah ku coba cuma ayam taliwang sama pelecing kangkung sisanya kudu nih cari

    ReplyDelete
  5. Di Lombok sepertinya banyak kuliner bercitarasa pedas, ya? Pengen cobain ayam taliwang dan plecing kangkung tapi takut kepedesan wkwkkw.
    Dulu pernah dioleh2in sate rembiga dan enak banget, rasanya pas.

    ReplyDelete
  6. Waah..baru nyoba 5 dari yg ada di daftar ini.. Yg paling fav Sate Rembiganya.. Mau je Lombok lagi aah...

    ReplyDelete
  7. Dari ke 10 jenis masakan khas Lombok baru 2 nih yang sudah pernah saya makan yaitu ayam talowang dan plecing kangkung. 8 lainnya pengen deh cobain juga, sayangnya waktu ke Lombok dulu ga sempet kulineran lama-lama jd makanan yg dicoba ga banyak.

    ReplyDelete
  8. Plecing kayak lotek gitu ya soalnya ada tauge juga sama kangkung. Belum pernah nyobain makanan Lombok. Sepertinya cocok dengan lidah nih karena saya suka pedas.

    ReplyDelete
  9. Oh.. Ayam taliwang adalah kuliner lombok tho. Dulu saya berpikir bahwa ayam taliwang tu kulinernya Bali. Ternyata saya keliru. Hehehe...

    Ternyata banyak ragamnya kuliner khas lombok ya. Jadi pingin iciP-icip. Pasti maknyus banget.

    ReplyDelete
  10. Wahh ak baru tau banget tuh yang sate bulayak, saya pikir itu semacam pepes tapi ada nasinya.. Ternyata agak sedikit berbeda yaa.. Kalau yang lain udah sedikit tau sih..

    ReplyDelete
  11. Menunya bikin mupeng dan menggoda sekali ya. saya belum pernah coba semua ini, hehe. Pernah baca doang dan paling familiar adalah ayam taliwang. Pernah punya teman dari Lombok tapi sayang gak sempat tanya-tanya makanan khasnya, hihihi

    ReplyDelete
  12. wah banyak juga ya ternyata kuliner khas lombok ini. saya tahunya cuma ayam taliwang nih sama plecing kangkung. belum pernah nyicip juga itu makanannya

    ReplyDelete