Akhir tahun masehi 2021 sudah di angka kurang dari 50 hari. Sebagian besar kita kini mulai menerima dan hidup bersama dengan pandemi. Berita-berita tentang Corona, kasus-kasus positif juga level PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) mulai menjadi seumum topik pembicaraan lainnya.

Passion menulis, dimana pun kapan pun, berkarib dengan laptop. Dokpri

Nah, di sela jadwal trip dan update blog yang padat, saya ingin kisahkan satu cerita positif berikutnya. Kali ini tentang pentingnya kita selalu update tentang trend terkini. Siapapun kita, apapun latar profesi serta rutinitas keseharian kita. Yang unik, ini khusus ditujukan untuk kebutuhan para mama Indonesia.

Popmama Parenting Academy Jadi Bekal Seorang Up to Date Mama

Ketika pernah menjadi mama pekerja kantoran di beberapa tahun lalu, permasalahan rumah tangga yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak, menuntut untuk selalu up to date dengan pengetahuan terkait hal tersebut. Jika beragam materi dari hasil berseluncur masih saja terasa tak cukup menguatkan, dulu pernah tergabung di banyak mail-list (Komunitas yang bergabung melalui email-email pribadi atau kantor mereka) yang fokus membahas anak-anak dan keluarga pekerja.

Blogging everywhere, anytime. Dokpri

Di jaman now, mail-list berganti menjadi forum-forum, lalu kini mengerucut ke grup-grup chat online. Nah, bagaimana jika semua kebutuhan tersebut tersedia lengkap di satu web? Popmama Parenting Academy (POPAC) hadir untuk mama, anak-anak dan keluarga Indonesia umumnya. Yuk kita intip bareng, informasi yang disediakan selengkap apa ya?

Up to date Dunia Kesehatan Keluarga

Tak dipungkiri, ketokohan seseorang bisa mempengaruhi banyak orang lainnya dalam melakukan hal-hal positif. Demikian juga dengan Popmama.com yang padat dengan banyak sekali artikel yang membahas kesehatan. Utamanya ya kesehatan keluarga, plus pastinya anak-anak. Kerap pula selebriti Indonesia membagikan pengalaman langsung mereka, berinteraksi, mengatasi atau diskusi ringan tentang kesehatan anak-anak. Nah, para mama yang kebetulan fans mereka, tentu jadi lebih mudah menyerap informasi. Bahkan juga meneruskannya ke lingkungan terdekat mereka, atau komunitas yang mereka ikuti.

Pilihan Home Schooling atau Sekolah Favorit (Mahal)?

Ragam topik berikutnya, tentu dunia pendidikan keluarga. Di jaman apapun, topik ini selalu menjadi prioritas, baik tentang sumber dananya, referensi pendidikan terbaik, pun kompleksitasnya. Contoh awal, baru saja memiliki bayi, para mama dan papa sudah mendapatkan penawaran berbagai jenis polis asuransi pendidikan. Prakteknya, asuransi pendidikan baru satu hal. Berikutnya, di setiap pertambahan umur anak, hal-hal tentang dunia pendidikan menjadi prioritas utama keluarga.

Di sinilah POPAC rutin sajikan update, yang presisi sesuai umur anak-anak. Termasuk mengamini satu referensi, bahwa sebenarnya pendidikan bisa dimulai sejak dalam kandungan. Dimana, menu utama dari web, lengkap membahas dunia kehamilan. Baik di trimester awal, saat mulai pembentukan anggota tubuh, penyempurnaan sampai masa-masa kelahiran.

Hindari Child Abuse Berbekal Pengetahuan

Takkan ada satu pun orang tua yang menghendaki anak-anaknya mengalami bentuk kekerasan seperti apapun. Untuk ini, saya menyepakati bahwa salah satu langkah menghindari beragam bentuk kekerasan pada anak, dengan selalu belajar, belajar, belajar dan up to date ilmu pengetahuan.

Jika kembar identik sekalipun ternyata tak benar-benar persis sama, begitulah pula anak-anak kita. Manusiawi jika selalu inginkan dan berikan yang serba terbaik. Masalahnya adalah, preferensi standar keinginan dan kebaikan orang per orang tidak sama. Jadi, mustahil untuk menyama-ratakan pencapaian anak kita dengan anak-anak yang lainnya. Yang bisa disamakan, prosesnya, ikhtiar atau menyatukan langkah-langkah pembelajaran. Titik pencapaian berpulang pada kapasitas anak, yang berbeda satu sama lain.

Anak-anak berhak  mendapatkan masa kecil terbaik mereka. Dokpri

Demikian pula dengan ‘child abuse’. Rasa ngeri jika saja anak-anak kita menjadi korban satu bentuk kekerasan, tidak lantas membuat kita harus memenjarakan mereka atau ‘memborgol’nya dengan banyak ikatan. Pengetahuan kompleks tentang diri sendiri, dasar agama, kemampuan perlindungan diri, lingkungan dan dunia secara umum, inshaAllah bisa menjadi bekal agar mereka mampu menjaga diri. Harapan ekstra berikutnya, ketika sudah terbiasa menjaga diri, mampu pula menjaga teman sebayanya, lalu –lebih ideal lagi, bersama-sama masyarakat menjadi seseorang yang lebih peduli dan bisa bersikap tegas ketika sedang terjadi satu bentuk kekerasan pada anak terjadi di dekatnya.

Di POPAC, bahkan telah terbit satu buku khusus yang membahas penanganan anak-anak yang lahir di masa pandemi. Kehadiran buku ini bukan tanpa alasan. Tentu kita ingat, bagaimana kita harus bersabar ektra keras, tabah dan menekan rasa paranoid berlebihan, di dua tahun terakhir hidup bersama pandemi Corona. Kompleksnya kondisi psikologis ini bahkan terjadi juga secara massif di masyarakat umum. Sedikit tidak, efek dari kondisi tersebut, tentu mempengaruhi bagaimana cara kita bersikap ke anak-anak yang lahir di masa khusus ini. Sebagian alasan inilah yang mendorong penerbitan buku spesial ini.

Lika Liku Cashflow Keuangan Keluarga

Dunia digital benar telah memunculkan banyak pilihan aplikasi keuangan. Namun, bagaimana dengan skill mendasarnya? Yakni, memilah kebutuhan primer, tersier atau kebutuhan tak penting? Topik ini pun hadir di POPAC. Akan sangat membantu para mama mengatur keuangannya agar semakin bijak. Ingin bermain saham? Juga ada referensi up to date-nya.

Dasar pengelolaan keuangan yang kuat dan terarah, akan sangat membantu mama, baik dari mulai berumah-tangga, masa kehamilan sampai kelahiran, proses tumbuh kembang anak, juga rutinitas kehidupan keluarga umumnya. Akhirnya, menjadi seorang mama trendy, sehat jiwa raga serta finansial, menjadi karakter melekat. Sisanya, menjadi sosok-sosok mama terbaik, utama bagi diri sendiri, keluarga serta tentu jadi pribadi yang bermanfaat bagi orang lain.

Siapkah Menjadi Popmama di POPAC 2021?

Seperti halnya anak, keunikan dan keistimewaan masing-masing mereka, pada gilirannya akan membentuk karakter dewasa mereka dengan kelebihan masing-masing pula. Demikian juga seorang mama yang trendy. Mama millenials idealnya memiliki beragam karakteristik mendasar. Konsep 3B – Beauty, Behaviour and Brain, kini bukan lagi milik para peserta kontes kecantikan atau keputerian. Seorang mama millenials atau jaman now, pada dasarnya sangat terbuka kesempatan untuk menjadi sosok terbaik berbekal 3B tersebut.

Caranya bagaimana?

Mampu Membangun Relasi Sehat

Sebagai mahluk sosial, kemampuan mendasar membangun relasi relatif dimiliki semua orang. Akan tetapi, ada pengetahuan yang lebih untuk bisa membangun, menjaga dan memanfaatkan satu hubungan yang positif serta baik. POPAC adalah salah satu wadah yang membuat mama memiliki pengetahuan lebih ini.

Update Kesehatan dan Gaya Hidup

Sejak Indonesia menjadi bagian dari negara yang berlomba mencapai batas angka minimal pencapaian herd immunity, sebagai upaya menuju negara endemi (tidak lagi negara pandemi), isu kesehatan terkini masih berputar di sini. Konten-konten worth-sharing yang ada di POPAC, menjawab kebutuhan informasi terbarukan yang berhubungan dengan hal tersebut.

Millenial mama proaktif mendukung program vaksin. Dokpri

Semakin positif lagi, jika mama millennial di barisan terdepan masyarakat yang proaktif dengan program-program vaksin, penyebar-luasan informasi vaksin atau penangkal banyak konten hoax di issue ini.

Di samping update diri, gaya hidup lain yang muncul dari sebagian efek pandemi, menjadi kelompok-kelompok dermawan. Untuk ini, POPA juga aktif mengajak para mama trendy berdonasi, salah satunya melalui Kitabisa. Belum jenak dari ingatan kita, sekelompok anak-anak yang mendadak jadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal oleh efek fatal virus Covid-19.

Tren Home Sweet Home Kekinian

Masih bersama POPAC pula, mama-mama trendy Indonesia, bisa selalu update dengan tren rumah dan pernak-pernak furniture, eksterior interior, juga banyak hal yang bisa mewujudkan baiti jannati atau home sweet home yang serba kekinian. Sisi ini tak bisa dipungkiri sebagai salah satu prasyarat mendasar, bagaimana seorang mama, bisa tampil ideal di mata masyarakat. Ya salah satu pemisalan sederhana, cantik saat tampil, sewajarnya cantik pula saat berada di rumah dan rumah pun asri senantiasa.

Cantik, Cerdas dan Bermanfaat

Millenial mama siap temani generasi terbaik Indonesia bersama POPAC 2021. Dokpri

Anak dari millenial mama bisa dapatkan masa kecil terbaik mereka. Dokpri


Sekarang, jika kamu adalah salah satu dari mama trendy seperti kisah positif saya di atas, maka kamu sudah sangat berhak menjadi salah satu calon dari POPAC 2021. Seperti saya sebutkan di atas, POPAC hadir dengan konten yang kaya tentang mama millenials dari seluruh penjuru dunia. Target terbesar adalah para millenials dan gen Z, alasan mengapa kamu yang trendy, akan pantas sebagai finalis dari POPAC 2021.

Siapa pun kamu, apapun latar profesimu, passion apapun yang menjadikanmu eksis lalu bermanfaat ekstra bagi orang lain, dan kamu seorang mama, kamulah bintang dari POPAC 2021.

14 Comments

  1. Website favorit juga nih POPMAMA banyak ilmu parenting, bahkan memulai menjadi ibu semua perihal mama lengkap dibahas di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak Dessy.
      Web ttg Mama Trendy paket komplit

      Delete
  2. popmama memang asyiknya banget kontennya. yang terpilih jadi mama trendy popac 2021 pasti benar2 panutan, deh

    ReplyDelete
  3. Bagus ya PopMama memberikan inovasi dan wawasan ilmu parenting terbaik buat kita. Ibaratnya semua informasi bisa diserap atau diperoleh dari PopMama ini

    ReplyDelete
  4. Cantik, cerdas dan bermanfaat salah satu dari 4 kriteria jadi Mama Trendy Popac 2021. Semoga mama mama disini bisa penuhi 4 syarat tersebut ya.

    ReplyDelete
  5. Mba ak salfok sama viewnya yang indah banget, itu di Lombok kah? Wah mau dong jadi mama yang selalu update dengan rajin update info di Popmama ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Foto teratas, iya banget, di Lombok. Tepatnya di TWA Tunak, masuk kawasan Mandalika.

      Nah, kalau 2 foto terbawah, di Sekongkang, di kabupaten Sumbawa Barat.

      Delete
  6. Aku baru aktif scroll scroll POP mama setelah baca rekomendasi dari kakak, makasii sharingnya kak

    ReplyDelete
  7. saya jadi manggut-manggut mbak ketika disebut 3B bukan cuma milik peserta kontes kecantikan, tapi juga miliki para bunda yaa. beauty, behaviour and brain, saya tambahin juga sincerity, felicity and dignity. Suka banget dengan programnya Popmama, jadi semangat menjadi mama

    ReplyDelete
  8. Aku kalau cari2 artikel juga nyaman bangett baca2 di Popmama. Lengkap dan rinci, mbak.

    Btw, anak keduaku lahir di masa pandemi. Cari tahu bukunya, ah. Keren Popmama, ya.

    ReplyDelete
  9. Bersama POPAC 2021 diharapkan akan terbentuk sebuah komunitas orangtua yang kompak dan saling belajar. Konten di Popmama pun bagus-bagus dibaca sebagai orangtua masa kini.

    ReplyDelete
  10. aish, keren banget ini event nya xD ya Allah jadi pengen ikutan jadi mama trendy, hihi.. seru juga sharing dengan mama lain sekaligus dapet upgrade pengetahuan seputar parenting dari narasumber kredible.

    ReplyDelete
  11. Aku sering baca-baca artikel parenting di popmama. Soalnya kalo googling, seringnya yg muncul artikel2 dari popmama. Lengkap dan bagus-bagus artikelnya.

    ReplyDelete
  12. Beberapa kali baca artikel di PopMama, untuk cari sharing informasi seputar parenting. Sekarang justru ada lomba nya ya. Semoga Mama milenial banyak yang tertarik ikut kompetisi nya

    ReplyDelete