Link Banner

Tutorial Super Sederhana Mulai Menulis di Kompasiana

Saking sederhananya, semua urutan tangkapan layar (SS - screen shot) proses mendaftar, saya buat persis dengan urutan per halamannya.

SATU CATATAN UTAMA: dua halaman dari proses mendaftar yang SAMASEKALI tidak bisa dilewati, meski ada pilihan 'Lewati' dan 'Selanjutnya', HANYA di pilihan 'MINAT'. Anda sebaiknya pilih salah satu, sebelum mengklik 'Selanjutnya'.

Yuk, dimulai saja ya. Maaf, tak banyak narasi. Masih keringat dingin. Senin lalu, 2X ngibrit ke UGD buat nebu. Pakai drama nongkrong kesepian nungguin perawat jaga UGD yang ndak muncul sampai satu jam, sampai harus pindah UGD dan jadi kena biaya ekstra Paket Perawatan IGD. Padahal seriusan cuma minta nebu doang. Eh, jadi ketumpangan curcol Cuss, simak dan ikuti saja urutan proses mendaftar dan segera menulis di Kompasiana.

Ah iya, kenapa pasang tutorial di sini? Ya jelas dong, biar ada update. Belum mampu konsen update blog utama nih. Ya sudah, sekalian saja pasang di sini. Nanti juga ada rilis di akun komunitas Kompasianer Lombok koq. Beda angle saja. Tutorialnya nyambi dan nyampur dengan rilis banyak kegiatan KOLOM di pekan lalu, pas masih  sehat pake banget.

Okeh, ini dia, 14 langkah dasar dan langsung bisa menulis di Kompasiana:


Buka webnya yang www.kompasiana.com ya BUKAN kompas.com. SS Pribadi

                                                Isikan data: Nama Lengkap, dstnya. SS Pribadi


















SATU-SATUNYA SELIPAN SS BERBEDA: ss email berisi link konfirmasi aktivasi akun. Ini WAJIB diKLIK ya - KLIK LINKnya, BUKAN BALAS EMAILnya. Baru bisa melanjutkan proses mendaftar dan MULAI MENULIS di Kompasiana.

Semoga membantu. Kalau masih ada yang tidak jelas, TANYAKAN DI KOLOM KOMENTAR ya. Semangat menulis semuanya.
Bunsal
Hi, you can call me Bunsal, despite of my full name at my main blog domain. A mom blogger based on Lombok, Indonesia. I do blogging since 2005 and lately using my new email and the domain, start on 2014.

Related Posts

10 comments

  1. Udah daftar ke kompasiana, udah ngikutin step by step sesuai di tulisan ini juga. Tapi entah kenapa sampai sekarang masih berat untuk nulis diluar dari blog sendiri. Mungkin karena platform selain blog pribadi itu ga banyak ngasih fitur kustomisasi kali ya, jadi isinya pure sama gambar dan teks saja tanpa bisa kita ubah drastis penampilannya.

    Tapi yah, never say never.... Mungkin nanti juga saya akan coba untuk sesekali nulis disana.

    ReplyDelete
  2. Nulis di kompasiana mudah dan gak perlu repot2 cari pembaca. Haha.. soalnya basisnya udah banyak di sana. Bisa dapetin cuan juga, lewat lomba dan campaign menulis. Semua orang wajib daftar!

    ReplyDelete
  3. Sebenernya step by stepnya ga terlalu aulit ya mbak tapi ya gitu deh. Ngurus blog sendiri aja masih keteteran apalagi nulis tempat lain hehehe

    ReplyDelete
  4. sejak pertama Kompasiana muncul, udah ikut daftar di sana, dulu pernah nulis di sana, girang banget dong pas masuk di highlight gitu tapi lama vakum dan baru nulis lagi tahun lalu, setelah itu? Bisa ketebak doong, gak nulis lagi.
    saking bingung mau nulis apa sih di sana yang bisa menarik perhatian orang secara organik untuk baca tulisan tersebut hihihhh

    ReplyDelete
  5. Saya sebenarnya sudah punya akun di Kompasiana. Tutorial daftarnya sama kayak gitu. Cuma memang, aku masih belum banyak menulis di sana. Kupikir akan berbeda saat aku menulis untuk blog pribadi. Aku belum terbiasa menulis untuk platform bersama begitu. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Kompasianer juga ya kak? Gimana udah monetasi di sana?

    Aku di K jarang isi sih ya. Paling sesekali dan tulisan curcolan
    Atau pas topiknya ga pas kalau diuoad di blogku.

    Tapi daperin viewer lebih mudah kalo nulis d sana BTW.

    ReplyDelete
  7. makasih banyak tuk tutorial step by step mulai menulis di Kompasiana nya mba Muslifa.. Soalnya udah sekian tahun saya punya akun di Kompasiana, sampe sekarang belum mulai nulis aja nih, ga tau kenapa. Btw semoga mba Muslifa sehat2 selalu ya

    ReplyDelete
  8. Wah ini berguna banget mbak
    Karena kebetulan kemarin aku ingin bisa update postingan di Kompasiana tapi bingung langkah langkahnya
    Jadi urung mau Explorer lebih
    Ternyata untuk pilihan minat itu cukup satu saja ya mbak
    Catatan nihh
    Makasih sharing nya ya mbak

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah saya dah punya akun Kompasiana. Sesekali aktif nulis di sana. Tapi nggak terlalu rutin. Tapi tips menulis di Kompasiana ini sangat membantu sekali terutama untuk yang mau belajar menulis seperti anak-anak sekolah, guru-guru, yang sekarang diwajibkan menulis, lebih enak di Kompasiana atau platform keroyokan lainnya dibanding blog pribadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Saya sering juga berkunjung ke tulisannya di Kompasiana. Awet produktif bener. Blog rajin update, Kompasiana ya iya. Jempooolll

      Delete

Post a Comment