Salwaa Demam dan Batuk

Ya iya-lah. Virus bertebaran dimana-mana. Tetangga depan kos, serumah pilek dan batuk. Padahal, adik Ani dan Ana yang kembar masih baru 14 bulan. Semalam, bahkan mereka berdua terdengar menangis semalaman. Pasti karena susah tidur.
Salwaa sendiri, baru positif tertular batuk setelah main ke mas Kavin di Sawunggaling sana. Tante Uci [mama mas Kavin] sudah batuk hampir seminggu ini. Parahnya, aku ma ayahnya malah mengajak Salwaa mancing ke kompleks sawah Keramas di Minggu sore. Lumayan, dapet betek se jempol 5 ekor. Goreng garing, jadilah Salwaa makan malem dengan betek goreng garing tersebut.
Semalaman badan Salwaa terasa hangat, tapi belum ada batuk. Batuk mulai muncul di Senin siang. Dan semakin sering di Senin malam.
Semalam pula Salwaa akhirnya muntah.
Berbekal ilmu kesehatan dasar dari milis Sehat , ada juga milis BA plus artikel-artikel gratis dari hasil googling, muntah, demam dan batuknya Salwaa bisa aku sikapi dengan tenang.
Yang gak tenang Ayahnya tentu.
Protes seperti,"Sok teu koyok dokter!-lah..."Sok kepinteran-lah..." Kalo Wa2 kenapa2, kamu yg tanggung-lah....
Hiks...Si Ayah gimana bisa tahu tentang itu kalo gak mau baca dan dengar sharingku? :-(
Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket
Sekarang, kalo Salwaa batuk kemudian muntah hebat, aku semakin yakin buat bilang,"Gak pa-pa Sayang. Dikluarin smua yaaa. Dahaknya jadi kluar dari lambung deh. Wa2 bisa makan dengan enak skarang..."
Ya. Saat batuk, anak se usia Salwaa belum pandai mengeluarkan lendir dan membuangnya keluar. Lendir yang ada sebagian besar tertelan ke lambung. Efeknya, lambung terasa penuh dan membuat anak ogah makan. Atau, lendir tersebut akan keluar bersama feses saat anak BAB. Jika lendir tidak keluar juga karena anak tidak BAB, muntah adalah salah satu cara membuangnya. Biasanya, setelah muntah, anak bisa merasa agak ringan dan merasa lapar.
Satu-satunya obat mujarab adalah, tetap makan/inum seperti biasa, tidur sesuai pola biasa dan jaga agar anak tidak dehidrasi. Batuk akan sembuh sendiri dalam 5 hari-an. Dengan catatan, virus tersebut tidak berpindah-pindah ke aku atau ayahnya.
Kemarin, aku sendiri sempat mau flu. Alhamdulillah, pagi ini, walau tidak mandi, rasanya si virus masih kalah ma imun tubuhku. Semoga dengan tidak ping-pongnya virus tersebut, batuk dan deman Salwaa akan sembuh di wiken ini juga. Amin

4 comments:

  1. jadi penasarn bun, ikut brp milis sih? hehe~ semoga salwa cepet sehat yah

    ReplyDelete
  2. Banyak2 minum CDR bund,
    biar ga flu

    ReplyDelete
  3. dikantor ada yang tau gak yah kalo hari itu bunda gak mandi? hihihi...

    ReplyDelete
  4. >> Mas ADi : Banyak :P Sampe lupa berapa..Tapi, di gmail, yang masih aktif dibaca 7. Yg aktif posting, 3 [satunya kan gi mo puasa :P], 3 sisanya, jadi pembaca setia. Di Yahoo, 10-an kalo g salah ingat.
    Oia, thanks buat doa-nya untuk Salwaa.

    >> Reth Badung : Otre hani. Gi pada doyan Pocari Sweat nih. Btw, postingan2 baru kamu banyak amir yah. Walo dah baca cepet2, suka lupa tinggalin komen :P

    >> mas Irwan : Gak ada, karena gak ditanya :P
    Paling ya ada bau2 kecut beredar...He he he

    ReplyDelete