Pasta Siram Tom Yum Topping Nugget Ayam So Good

Serupa meracik tulisan, menyiapkan menu masakan di keseharian keluarga juga gampang-gampang susah. Buat saya, lebih sering susahnya .. :D 

Alhamdulillah, sering khusus memasak menu-menu kesukaan anak-anak di hari libur bekerja membuat kami temukan ‘pakem-pakem’ khusus untuk setiap test-case resep baru. Pertama, memasak satu resep yang benar-benar baru. Kedua, memasak ulang resep favorit, tapi menambahkan bahan masakan tertentu. Terakhir, kombinasi dari keduanya, dengan catatan, semua resep yang dicoba harus habis. 

Cred. Foodnetwork.
Nah, di wiken yang bertepatan dengan libur Harai Raya Nyepi lalu, saya melakukan yang terakhir. Memasak pasta dengan nugget ayam –yang mudah didapatkan dan salah satu menu favorit anak-anak, plus kombinasi sayur dan buah di menu piring gizi seimbang

Yang utama, mensiasati beberapa hal juga. Misal, di dua atau tiga tahun lalu, ragam jenis sayuran masih menjadi menu wajib harian yang akan sama tandasnya dengan sepiring lauk tinggi protein seperti olahan daging ayam, sapi, telur atau seafood (udang, ikan laut atau cumi). Sekarang, bahkan sayur sop paling sederhana sekali pun kadang mengundang cemberut atau porsi makan hanya di hitungan jari tangan. Hmmm, yuk mari, masukkan ulang beberapa sayur ke olahan resep baru wiken ini. 

Gagal berburu sayur di pasar tradisional kota, di bibi sayur tetangga sebelah hanya tersedia buncis muda dan sawi. Tak masalah. Nugget ayam sebagai campuran utama akan membuat anak-anak bisa menyuap dengan semangat potongan kasar sawi dan buncis. Yang juga membuat semangat, irisan segar apel merah dan tekstur khas daging rambutan (di Lombok saat ini, per 1 kilo rambutan mulai dari 4K idr sampai belasan ribu rupiah) akan tambahkan ekstasi rasa baru di santapan harian anak-anak. 

“Iyes, bunda masak pasta!” Si putri sulung berbinar dan makin bersemangat menyiapkan bahan-bahan resep serta saat mengolahnya. 

Iyap, berbagai jenis pasta masih selalu disukai anak-anak. Meski mungkin tampilan saat plating atau keseluruhan rasanya tidak seindah pun selezat dari majalah-majalah masakan pun acara-acara chef di TV serta channel youtube, olahan pasta saya masih tetap dipuji anak-anak. Terutama, karena memang belum tentu memasak pasta setiap hari, plus sentuhan ajaib tangan bundanya selalu menjadi pelezat ekstra (ehm! :D ) 

Akhirnya, satu piring pasta siram tom yum topping nugget ayam siap. Iya, masih juga seperti membuat judul tulisan, nama resep masakan baru juga gampang-gampang susah. Agar mudah dan seolah-olah seperti di acara-acara chef, ambil kata kunci dari setiap bahan masakan dan bumbu utama, gabung jadi satu kalimat. Voilla! Lahirlah satu resep baru favorit keluarga (baca: anak-anak), Pasta Siram Tom Yum Topping Nugget Ayam . 

Masakan Lombok, apapun kreasinya, selalu harus diberikan irisan cabe rawit merah. Dokpri
Biar afdol, berikut bocoran resep coba-coba ala BunSal; 

Bahan Utama 

Beberapa potong nugget ayam So Good (8 potong untuk satu resep) 

200 gram pasta 

Dua ikat sawi hijau 

10 batang buncis muda 

100 gram udang segar 

100 gram apel merah 

100 gram daging buah rambutan, potong acak 

50 gram tomat segar 

50 gram cabe rawit merah, iris kasar 

2 sdm tepung maizena, cairkan. 

Bumbu: 5 siung bawang putih, setengah butir bawang bombay, pasta tom yum siap masak. 

Cara Memasak 

Kukus semua sayuran sampai lunak. Tiriskan. Rebus pasta sampai lunak. Tiriskan juga. Geprek bawang putih, cacah halus, tumis bersama dengan irisan bawang bombay sampai harum dan layu. Masukkan pasta tom yum, tunggu sampai mendidih, masukkan udang yang sudah dibersihkan. Tunggu sampai mendidih lagi, masukkan tepung maizena yang sudah dicairkan, biarkan mengental di teflon. Sesaat sebelum disiramkan di pasta yang sudah disiapkan di piring saji, masukkan potongan apel merah dan daging buah rambutan, juga irisan tomat dan cabe rawit merah. 

Tata dengan topping irisan nungget ayam hangat. 

Bahan Utama Pasta Siram Tom Yum Topping Nugget Ayam. Dokpri
Yum, liburan menyenangkan dengan bersama-sama menyiapkan, memasak dan menyantap menu favorit keluarga.

40 comments:

  1. Bunsal aku kalo main ke rumahmu gaweke iki yaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap..
      Mung, kondo lho yen kepedesan.
      Cabe rawit Lombok rasane bedo mbe rawit setan ning Semarang.

      Btw, barter mbe tahu susur po tahu petis ngunu yak..
      Hihihihi ^^

      Delete
  2. Wiiihh... Ini sih makanan kesukaan. Praktis. Tapi karena gak kreatif jadinya aku mah masaknya digoreng doank wkwkwk. Tapi boleh dicoba nih resepnya biar yang di rumah gak bosen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap mb Orin.
      Kebetulan ada bumbu Tom Yum, dikreasiin dah.

      Alhamdulilah, tandas das das ^^
      *brasaiklan-itu ^^

      Delete
  3. baca cara buatnya aja udah ngiler sendiri

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah masak pasta tom yam nih apalagi dengan topping so good, nanti kapan-kapan dicoba ah 😊

    ReplyDelete
  5. Bunsaaal, bikinin tom yam yaaa kalo aku ke Lombok

    ReplyDelete
  6. Beuuh juarak nih menunya. Aku cuma bs yg simpel2 aja, nugget goreng hahah

    ReplyDelete
  7. Huaa.. Ini sensasai itali campur thailand plus amerika tambah lombok ya. Mantap jiwa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wogh, iya juga yak..
      Hahahaha..

      Kurang ji roso Lombok e, kei terasi..
      *eh

      :))

      Delete
  8. Unik..nih. bisa jd inspirasi. Baru tau pasta bisa dibumbuin tom yam..😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Archa..
      Ngakalin bosan makan ^^

      Salam Kamis sore ^^

      Delete
  9. Pasta dan makanan yg bentuknya panjang2 kayak mie emang memiliki daya tarik tersendiri, apalagi pas bosen makan nasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju.
      Jadi semangat ngabisin juga dan minimalin resiko makanan sisa.

      Delete
  10. Gak pernah bisa nolak tom yum, mba :)
    Biarpun kadang di perut kerasa panas , teteup sikat sampe abisss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa..
      Ini resep yang aku coba juga ternyata tandas di sekali makan.
      Hahahaha..

      Lain kali harus bikin untuk 10 porsi, biar puas.

      Delete
  11. Wuihh salah satu kreasi so good, mantap mbak, ngelihat tom yum aja udah ngiler. #DuniaFaisol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dan enaaakkk..
      Manisnya bahan sayur dan buah, bikin rasa nano-nano khas Tom Yum jadi makin syeddaappp.
      Alhamdulillah ^^

      Delete
  12. Wah pasta tomyam berbahan SO GOOD. Mau coba ah kapan2. Kayaknya gampang ya, Mbak, proses masaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang, yang makan waktu justru pas nyiapin bahan2.
      Pas masak, cemplang cemplung, mateng dah ^^

      Salam Kamis sore ^^

      Delete
  13. Replies
    1. Endang surendang Mas..

      Kapan sharing ilmu keren lagi ke Lombok? ^^

      Delete
  14. Hihigi bener kak. Pas mau kasih nama menunya mayan makan waktu ternyata. Tujuannya biar ciamik ala chef hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah..Hahahaha

      Walo ujungnya belepotan sana-sini.. :))
      Yang penting sudah usaha.
      *menghiburdiri

      Delete
  15. Ini bisa dioper ke saya ya? Eh..
    bikin sendiri lahh, bisa contek resep gitu kok :D
    Ntar beli nuggetnya deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh..Kirim pake bouraq ke Balikpapan yaaa ^^

      Silakan..
      Semoga suka ^^

      Delete
  16. Replies
    1. Siap..
      Kapan2 mau jenguk blognya ah, siapa tau dibuat jadi postingan baru juga ^^

      Delete
  17. Liat gambarnya udah netes air liur, jadi pengen nyobain buat sendiri dirumah

    ReplyDelete
  18. Waaah...tampak lezaat... Aku nyatet resepnya ah.. TFS, mbaa...

    ReplyDelete
  19. Wah nemu menu baruuu, ntar aku dibuatin ini kalo ke Lombok yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mbak Wati..
      Njuk direviewkan di blog njenengan yo mbak.
      Hehehe..

      Delete
  20. pecinta tom yum hadir di sinii :D *tunjuktangan*

    ReplyDelete
  21. Terimakasih resepnya, nanti bisa dicoba dirumah

    ReplyDelete