Keseruan Kelas Hari Pertama Women Will Lombok

Rasa syukur bertubi-tubi, ketika akhirnya terpilih menjadi salah satu peserta Kelas TTT (Training To Trainer) Women Will Lombok. Bukan apa-apa. Sejak masih tinggal di Semarang dulu, Google terus menerus melakukan banyak ekspansi fitur yang semakin tepat sasaran. Meski lebih dikenal sebagai mesin pencari terbesar di dunia maya, faktanya, kini banyak fitur google yang bisa digunakan di banyak jenis aktifitas.

Nah, salah satu yang bisa saya share di tulisan ini, fitur-fitur yang sebaiknya diakrabi perempuan pengusaha. Wait, perempuan? Pengusaha?

Kelas Hari Pertama Women Will Lombok. Dokpri

Apa sih Women Will?


Sudah dijelaskan detail di webnya, ini ringkasan a la Bunsal yak ^^

‘Women Will merupakan inisiasi Google untuk menciptakan kesempatan ekonomis untuk perempuan dimanapun, darimanapun dan latar profesi apapun. Event yang ditujukan untuk kesuksesan dan pengembangan bisnis.,

Agar makin afdol, boleh banget intip sendiri penjelasan lengkap tentang apa itu Women Will.

Di Lombok, kelas Women Will juga diselenggarakan berbarengan dengan kelas Gapura Digital. Lombok menjadi satu dari total 14 kota, tempat pelaksanaan kelas Women Will dan Gapura Digital ini. Di sini saja, semakin terbayang kan betapa beruntungnya saya?

Masih di Lombok pula, pelaksanaan kelas dimulai terlebih dahulu dengan kelas Gapura Digital pada tanggal 23 Februari lalu. Di akhir pekan pertama Maret, giliran kelas Women Will, menyempatkan saya berkumpul bersama sekitar 35 orang perempuan pengusaha di Lombok.

Keseruan Kelas Women Will Hari Pertama


Sebenarnya, keseruan akhirnya ikut kelas Women Will Lombok, dimulai dari DM di akun IG. Seru sepihak si. Secara bawaan orok, ketika bertemu orang Lombok saat masih tinggal di Semarang dulu, suka sekali sok akrab langsung ngobrol pake Bahasa Sasak Lombok. Nah, sebaliknya, pas kembali tinggal di Lombok. Setiap ada kenalan baru yang kisahkan ia berasal dari Jawa, mendadak suka langsung ngobrol pake Bahasa Jawa. Maaf ya mas Ali. Kebiasaan marketing online, tips menjaring pelanggan baru, berkomunikasi dengan cara yang diakrabi calon pelanggan (eh – ngeles).


Keseruan nyata lainnya semakin susul menyusul. Kekhasan dari banyak event dari Google, sebagian besar proses dilakukan serba digital. Jadi, tidak ada acara bisik sana bisik sini tentang detail rundown acara. Venue event pun dibagikan komplit plit. Lokasi venue acara di Hotel Pratama, Ampenan, di share di WA grup lengkap dengan peta gmaps. Di era 4.0 sekarang ini, gadget seri apa pun sudah semakin memudahkan para pemakainya menemukan lokasi tertentu. Apalagi jika sudah terbiasa menggunakan fitur-fitur dasar Google, seperti Google Search dan Gmail.

Fitur Baru Google Yang Sebaiknya Diakrabi Perempuan Pengusaha


Empat modul di hari pertama kelas Women Will, saya yakini, membuat sebagian besar peserta kelas akan semakin mengakrabi beberapa fitur Google ini. Apa saja?

Pertama, Google Doc. Tak hanya empat modul, dua materi tes juga menggunakan form Google Doc. Samasekali tidak melibatkan aktifitas tulis menulis menggunakan kertas dan alat tulis lainnya (meski tersedia dua lembar note dan satu pensil di meja peserta). Kebiasaan menggunakan fitur ini, ke depan akan memudahkan kompilasi data usaha. Baik internal maupun eksternal. 

Modul dilengkapi praktek langsung dan diskusi seru. Dokpri
Kedua, pengenalan menggunakan link pendek untuk promosikan bisnis. Untuk yang terbiasa online, tentu sudah mengakrabi link pendek goo.gl atau bit.ly. Wah, khusus bagian ini, boleh nih jadi tulisan tutorial sederhana.

Ketiga, pengenalan selintas tentang beberapa fitur lain. Ada Google My Business (baru ada sekitar 4 peserta yang sudah memiliki akun ini untuk bisnis mereka), Google Sheet, Google Slide, Google Trends serta beberapa fitur lain yang spesifik sesuai fungsinya masing-masing.

Nah, bakal makin ‘merasuk’ pengetahuan, kalau besok di hari kedua kelas, saya juga bisa mengikuti setiap materi dengan penuh. Hyuuk ..

5 comments:

  1. Bermanfaat banget bunda, thanks for sharing☺️

    ReplyDelete
  2. gak seru ini, diskriminasiong 😂

    ReplyDelete
  3. Yang ini kelas TTT Women Will yaa, kelas untuk menyeleksi siapa yang bakal jadi fasilitator untuk kelas Women Will nanti :)

    Jadi pasnya di atas disebutkan kalau ini kelas TTT (Training To Trainer).

    ReplyDelete