Sudah Tahu SehatQ.com? Asisten Kesehatan Keluarga Jaman Now

Di kehidupan keseharian, banyak hal yang kadang kala tidak bisa diprediksi atau dimasukkan di jadwal kalender aktifitas rutin. Salah satunya, sakit. Manalagi jika yang mendadak sakit adalah anggota keluarga sendiri. Bisa anak-anak, ayah atau ibu, suami atau istri. 

Demikian juga dengan waktu kemunculannya. InshaaAllah banyak yang akan menyepakati aksioma saya, betapa week end adalah salah satu contoh waktu yang nggak banget buat mendadak sakit. 

Lengkapnya layanan kesehatan di web SehatQ

Terutama bagi saya pribadi. Keluarga besar saya, baik di Lombok atau pun di Semarang, umumnya sudah cukup dengan kunjungan atau kontrol sebentar ke Pusat Layanan Kesehatan (Puskesmas). Nah, kalau sakitnya mendadak terjadi di akhir pekan, terpaksa harus menunggu sampai hari Senin dulu, baru bisa ke puskemas kan? Semakin harus bersabar pula, jika terjadi di masa liburan panjang hari raya agama. Contohnya, liburan panjang lebaran umat muslim dan liburan Natal serta tahun baru masehi. 

Konsultasi Kesehatan Di Era Milisan Dan Jaman Now 


Sedikit kembali ke masa-masa balita putri sulung saya –sekarang sudah kelas 10, seringkali saya meminta bantuan ke teman-teman sesama ibu di komunitas Balita Anda. Itu di era belum mengenal grup chat yang eksis saat ini, seperti WA, Line atau Telegram. Di masa itu, yang eksis adalah grup milisan, atau grup yang mendaftarkan emailnya. Biasanya melalui grup yahoo atau google (google groups). 

Di era milisan, interaksi setiap hari berlangsung hampir selama jam online kita sendiri. Sekali waktu, beberapa yang sudah akrab, kemudian bersedia bertukar nomor HP. Ujungnya, di saat-saat genting --misalnya ketika ada anggota keluarga mendapat serangan asma, pertolongan darurat bisa diminta dengan berbalasan SMS. 

Kini, konsul serba mendadak ini juga bahkan semakin mudah. Grup-grup chat online sangat variatif. Mulai dari keluarga dekat, alumni sekolah ini dan itu, jaringan teman kantor, atau sampai komunitas-komunitas khusus. 

Tools aplikatif untuk mengontrol sendiri kondisi tubuh.
Suka sharing dan diskusi online? Boleh banget tanya jawab di Forum SehatQ
Konsul kesehatan atau pun segala hal yang berkaitan dengan kondisi serba mendadak, kini semacam memiliki ‘bank jawaban’. Meski pun misalnya, para anggota grup chat sendiri tidak selalu berlatar tenaga atau dunia kesehatan, namun kadang-kadang bisa jadi keluarga terdekat mereka seorang dokter atau tenaga kesehatan lainnya. Karakter anggota grup chat seperti ini yang kerap bisa pula kita mintai tolong. Baik itu tentang diagnosa awal penyakit tertentu, preskripsi obat-obatan atau sekedar meyakinkan, perlukah ke dokter atau cukup dengan proses penyembuhan di rumah. 

Harus Ke Dokter Atau Cukup Konsul Kesehatan Online? 


Jika kemudian konsul kesehatan sudah semakin memudahkan, apa kemudian bisa cukup yakin untuk melakukan proses penyembuhan di rumah? Well, tergantung. Bagi saya, pengalaman pribadi merawat suami dan anak-anak, ada beberapa jenis penyakit yang sudah ‘berani’ saya putuskan cukup penyembuhan di rumah. Salah satunya, flu efek musim pancaroba, gondongan atau diare. Sharing selama aktif milisan dulu, cukup membuat saya percaya diri. Kunci penyembuhan tiga contoh penyakit di atas, asupan makanan dan minuman dijaga ketat, serta istirahat yang cukup. Tiga kombinasi ini, membantu mengenyahkan virus-virus penyakit dan otomatis membantu badan kembali pulih. 

Namun, tentu juga banyak jenis penyakit lainnya yang memang harus segera dibawa ke dokter atau layanan kesehatan. Salah satu yang meninggalkan kesan mendalam, antisipasi terlambat atas luka lecet almarhum bapak saya di bulan puasa lalu. Luka lecet yang tadinya diakrabi anak-anak dan para ponakan (karena aktifitas bermain mereka yang tinggi), ternyata bisa berakibat fatal, bahkan kematian pada lansia (almarhum bapak berusia 72 tahun saat memiliki luka lecet). Bakteri pada jaringan kulit yang tidak segera mengering, beresiko cepat menyebar ke jaringan-jaringan vital tubuh. Istilah medisnya, Sepsis. 

Jenis penyakit seperti inilah, yang wajib segera dibawa ke dokter atau layanan kesehatan. Berbagai cek dan kontrol wajib diberikan. Diagnosa dan saran-saran dokter, hukumnya wajib ‘ain. Apalagi untuk lansia yang disertai kondisi pikun, upaya ketat menjaga asupan makanan, minuman serta jam istirahat, kerap sulit dipatuhi. Ini situasi yang sudah di tahap gawat darurat. Sebaiknya menghindari terlalu banyak konsul ‘online’ ke yang bukan tenaga kesehatan langsung. Kematian, adalah harga mahal dari resiko tindakan yang terlambat. 

Konsul Kesehatan Menenangkan Di SehatQ 

Saat ini, layanan konsul kesehatan bisa mudah ditemukan. Salah satunya, web lengkap SehatQ. Berikut fitur atau menu layanan yang bisa kamu manfaatkan di web ini; 

Penyakit ; seperti judul fiturnya, di sini kamu bisa dapatkan informasi lengkap tentang beragam jenis penyakit. 

Obat: Nah, kalau di sini, tentu penjelasan lengkap terkait obat-obatan. 

Artikel: Di menu Artikel, tersedia lengkap rujukan atau review kesehatan. Kamu yang membutuhkan informasi detail terkait kondisi kesehatan, menu ini akan sangat membantu. 

Dokter: ingin memastikan dulu mau berkunjung ke dokter yang mana? Intip daftar lengkapnya di sini ya. Di menu ini juga kamu bisa melakukan booking dokter. Jadi, saat harus terpaksa konsul kesehatan langsung ke dokter, proses pemesanan cukup online saja. 

Mudahnya Booking Dokter, cukup via gadget.
Rumah Sakit: menu ini untuk kamu yang membutuhkan informasi lengkap tentang rumah sakit terdekat atau terfavorit. 

Promo: khusus di menu ini, kamu bisa dapatkan promo-promo menarik. Salah satu contohnya, promo vaksin HPV 2019 dari InHarmony selama bulan September 2019. Lokasi promo tersedia se-Jabodetabek, dan beberapa kota besar lain seperti Pekanbaru serta Semarang. 

Acara: di menu ini, selalu tersedia update event-event kesehatan di berbagai kota besar di Indonesia. Bisa jadi justru review event yang dua hari lalu kamu ikutin. 

Forum: nah, ini wadah khusus yang suka ‘ngobrol’ online. Di sini, kamu bisa saling berbagi apa saja terkait dunia kesehatan. 

Layanan serba lengkap SehatQ, terasa amat sangat membantu. Menu-menu sudah dikelompokkan spesifik, sehingga kita pun jadi mudah menemukan informasi yang kita butuhkan. Mau ikutan mencoba layanan di web SehatQ? Silakan bisa intip-intip di akun sosial medianya. Bisa di Twitter, Instagram atau Facebook. Yuk, semangat hidup sehat, mulai hari ini. Mulai sekarang!

22 comments:

  1. Nah itu lah kalo hari Senin, klinik keluarga atau puskesman bakal full pasien yang akan berobat. Mereka kayak menahan sakitnya selama sabtu minggu. Sedih ya, karena belum tahu kayaknya dnegna asisten kesehatan keluarga di website SehatQ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia mbak Wati. Untung sekarang ada layanan konsul kesehatan yang bisa diakses online seperti SehatQ.

      Sementara bertemu dokter langsung, bisa konsul online dulu.

      Delete
  2. Betul2 asisten yg mumpuni nih si SehatQ.com ini. Kami sangat terbantu dh adanya apk ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, mbak Tanti. Jadi ikutan senang.

      Delete
  3. Wah....tertarik banget dengan SehatQ. Segera meluncur kepo-in sosial medianya...ah...

    ReplyDelete
  4. Aku pakai SehatQ.com juga, Mbak. Kemarin hasil tanya di sana, akhirnya aku bawa ibuku ke dokter ortopedi sesuai saran dokter di SehatQ.com.

    Kehadiran SehatQ.com sangat membantu menurutku. Soalnya ibuku paling susah kalau diajak periksa. Apalagi ke dokter keluarga, antrenya oaling cepet setengah jam.

    Tinggal ketik, dulu nggak sampai 24 jam, pertanyaanku sudah dijawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Semoga ibu segera sehat dan selalu sehat. Aamiin ya Rabb

      Delete
  5. Wah bagus ya websitenya kita bisa berkonsultasi langsung dengan tenaga medis, jadi lebih tenang dan nyaman..

    ReplyDelete
  6. Untuk sakit2 yg "kecil" gitu masih berani ya mba buat tertangani. Tapi kalo udah spesifik dan gejalanya beda kayak biasa nih, nggak berani jg buat ngadepin sndiri. Biar mantep hrs ada dokter yg diagnosa. Alhamdulillah ada aplikasi ini, buat jaga2 hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget mbak Lulu.
      Untuk jenis2 penyakit berat, memang tetap sebaiknya langsung ke dokter.

      Delete
  7. konsultasi ringan, pencegahan mungkin lebih diutamakan. n_n

    ReplyDelete
  8. Wah ... Bagus banget nih aplikasinya, bisa ngebantu para mamak yang suka panik kalau anak tiba-tiba sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nha, iya banget mbak Irfa.
      Para mamak tenang, proses healing anak-anak pun jadi lancar.

      Delete
  9. Alhamdulillah, akhirnya dapat ide dimana aku bisa konsultasi dengan mudah, bisa tanpa harus keluar rumah Khan ini? Secara berapa yang tidak keluar rumah utk ibro, bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Fenny. Cukup akses online. Meminimalisir yang sakit untuk berlama-lama di luar rumah.

      Delete
  10. senang banget sekarang sudah dipermudah untuk konsultasi. jadi gak harus repot kita bisa banyak nanya-nanya sama ahlinya.. makasih sharingnya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan senang, alhamdulillah.

      Btw, semoga asap segera menipis, segera turun hujan dan akhirnya bisa membuka pintu serta jendela rumah. MasyaAllah, nggak kebayang sudah semingguan ndak buka pintu dan jendela rumah. Hiks

      Delete
  11. Semakin mudah dan murah mengakses info kesehatan ya

    ReplyDelete
  12. Wah baru tahu ini... lebih praktis dan pastinya bermanfaat ya..

    ReplyDelete