Link Banner

Skuy, Sharing Dresscode ASN Indonesia

Akhirnya, mendadak tersambar ide tulisan ini. Gara-gara di pekan ini, tersita pikiran dan persiapan oleh permintaan si anak bungsu cowok. “Bunda, nanti di peringatan Hari Pendidikan Nasional di sekolah, kita harus memakai busana adat khas Lombok. Tolong disewakan ya..”


Si sulung dan satu motif tenun torso yang dijual di Lombok. Dokpri



Lalu, pagi ini tadi, kakak sulung dan seorang adik lelaki yang tinggal serumah, berangkat ke kantor sama-sama mengenakan kemeja batik. Eh, ketambahan pula, di linimasa twitter, ada rekan penulis di Semarang menceritakan outfit khususnya, batik motif lurik yang dijahit menjadi kemeja dan mendapat ekstra perhatian dari beberapa orang.
Tiga kondisi ini, kemudian membuat saya teringat satu kesan khusus saat dulu sering wara wiri ke salah satu bank swasta berwarna biru. Yakni, di hari ketika semua karyawan kantor cabang pembantu mengenakan kaos polo putih dan berkerah, serta bercelana jeans! Iyak, jadi terkenang-kenang, karena penampilan jauh lebih santai, wajah mereka jauh lebih cerah dan lebih sering tersenyum. Bisa jadi inilah yang membuat ingatan saya begitu lekat, dibandingnya seragam kantor lainnya.

Outfit Batik dan Tenun Khas Lombok di ASN NTB


Di samping seragam ASN yang dikenakan merata se-Indonesia, kini tenun khas daerah sungguh benar mulai terangkat berkat kebijakan mewajibkan tenun khas sebagai seragam wajib di hari tertentu. Di Lombok sendiri, ASN diwajibkan mengenakan Dodot (set busana adat Suku Sasak Lombok, yang dikenakan lelaki) di setiap hari Kamis, dan Lambung (set busana adat untuk perempuan). Hal yang sama, sempat pula diberlakukan bagi siswa siswi sekolah dasar negeri.
Belakangan, beberapa SD negeri tidak terlalu ketat dengan anjuran khusus ini. Namun, beberapa sekolah masih memberlakukannya. Jadi, jika kamu sedang nge-trip ke Lombok di hari Kamis, pasti akan mudah menemukan Dodot dan Lambung di spot-spot utama atau kota-kota kabupaten.

Hanbok di salah satu cottage bernuansa khas negeri Ginseng. Cred. Om Nduut Kompal
Demikian juga di Pulau Sumbawa. Walau saya tidak terlalu yakin, apakah sama-sama dikenakan di hari Kamis, namun penggunaan outfit khas dari suku ‘Samawa’ (Sumbawa) serta ‘Mbojo’ (Bima dan Dompu) kerap bisa kita temukan saat weekdays (hari kerja).

Jadi, Ada Berapa Jenis Dresscode Bagi ASN Indonesia?


Nah, persis seperti judul tulisan ini, iyak, saya belum menemukan info valid tentang berapa pastinya jenis seragam khusus bagi ASN yang bekerja sepekan. Sepekan di sini pun ada dua pilihan. Yang bekerja dari Senin sampai Jumat, atau yang bekerja dari Senin sampai Sabtu.


Hiks, jadi ketahuan ya, saya belum mencari referensi kategori ASN tersebut di kantor-kantor pemerintahan yang mana. Soalnya, untuk bank-bank besar dengan karyawan yang bekerja di Kantor Pusat, sebagian mereka masih bekerja di hari Sabtu. Lalu, apakah mereka ini termasuk juga ASN?

Kebaya brokat yang kerap dikenakan semeton (saudara) suku Bali dan batik murah meriah di pasar tradisional. Tetap awet meski dibeli di tahun 2014 dulu. Dokpri
Bagaimanapun, untuk putra bungsu saya yang sedang selesaikan kelas VI-nya di satu SD negeri, seragam utamanya ada 3 set. Putih merah, putih hitam dan Pramuka. Nah, yang tadinya Kamis wajib kenakan busana adat suku Sasak Lombok, sekarang sudah tidak diwajibkan, masih mengenakan seragam putih dan bawahan celana hitam.
Kamu yang berkenan berbagi info tentang berapa banyak set outfit khusus ASN di daerahmu masing-masing, ditunggu sharingnya di kolom komen ya. Selamat Selasa ceria!^^
Bunsal
Hi, you can call me Bunsal, despite of my full name at my main blog domain. A mom blogger based on Lombok, Indonesia. I do blogging since 2005 and lately using my new email and the domain, start on 2014.

Related Posts

There is no other posts in this category.

8 comments

  1. Keinget dulu saat SD, bikin celana bahan eh ternyata warnanya PNS banget. Sekali dipake kena ledek abis-abisan sama sepupu, dan langsung "trauma" hahaha.

    Karena baca tulisan ini, aku jadi kepo sama pakaian PNS di negara lain. Rata-rata di Asia sih ya yang ada seragam. Di Eropa dan Amerika kayaknya bebas pantas aja tanpa harus pake bahan bermotif tertentu.

    ReplyDelete
  2. Saya jadi penasaran sama tampilan baju dodot (set busana suku saak yang dipakai PNS pria di Lombok. Saya kok ingatnya baju dodot yang dipakai pengantin Jawa itu lho hehe. Dan so far di daerah saya para ASN pakenya baju daerah berupa batik atau tutup kepala aja

    ReplyDelete
  3. Aku baru tau banget kalau dresscode ASN ini ada yang mengenakan pakaian daerah.
    Seru banget yah..
    Kalau di Bandung ada Rabu Nyunda. Jadi setiap Rabu, anak-anak sekolah wajib menggunakan baju kebaya atau yang laki juga baju daerah Bandung, Jawa Barat.

    Unik banget sih.. Terutama bagi anak perempuan yang aktif.
    Asa kasian kalau liat bawahannya pakai jarit, jadi gak bebas bergerak..rasanya.

    ReplyDelete
  4. disini juga tiap Kamis ASN punya baju tenun, tiap instansi warnanya berbeda-beda tapi motifnya sih hampir sama.
    anak sekolah pun rerata masih pakai batik dan juga ada tenun gitu di hari Rabu ataupun Kamis

    ReplyDelete
  5. Kayaknya di Kudus juga diberlakukan seragam khusus bawahan batik dan atasan putih, tapi karena aku bukan ASN jadi ya gak tahu yg aslinya gimana

    ReplyDelete
  6. Mbaaak, saya bukan ASN ee, bigimana?hehe.
    Tapi saya sukak pakai batik. Jaman kuliah, saya pernah kasih ide ke temen-temen angkatan kalau hari Jum'at pakai batik. Kebeneran mereka setuju dan setiap hari Jum'at angkatan kami terlihat mencolok sendiri xixi. Ngga lama berselang, wakil dekan sekaligus profesor saya skripsi panggil saya buat ijin ide ini dikopas buat satu gedung. Jadinya hari Jum'at kami semua pakai batik ^^.

    ReplyDelete
  7. Kalau bicara soal asn, aku jadi inget papa saya dulu jaman dinas. Dia selalu pakai baju itu2 aja, walau bajunya banyak teteup aja warna dan bentuknya sama kadang kalau mencuci berasa mencuci baju yang sama. Untungnya sekarwng asn juga dah bisa modis yah.. jadi brasa lebih gaul gitu hahaha

    ReplyDelete
  8. senang banget yang pakai hanbok. Walau ya baju dinas ASN itu rata-rata seragam tapi ada yang batik khas daerahnya ya. Soalnya keluargaku banyak yang ASN dan mereka ada jadwal khususnya. Jadi ingat zaman ayahku dulu banyak pakai jas. Sekarang ASN bajunya lebih santai ya.

    ReplyDelete

Post a Comment