Link Banner

Hindari Keparahan Ruam Popok Dengan Segera Konsul ke Dokter

Seorang ibu, umumnya mudah jatuh cinta pada bayi, atau anak-anak balita. Wangi khas mereka, tingkah menggemaskan, sebagian dari sejuta satu lebih alasan yang gampang membuat kita jatuh hati. Tentu dua kondisi yang bisa terjadi, jika bayi atau anak-anak balita kita sedang dalam keadaan sehat. Lain cerita ketika bayi atau balita sedang mengalami ruam popok. Rewel, gelisah, bahkan bisa sampai menangis terus menerus. 

Keponakan saya telah siap berlibur bareng tanpa ruam popok, bersama MAKUKU SAP Diapers Slim size M. Dokumentasi pribadi
Nyatanya, di masa 1000 hari pertama mereka ini, ada saja yang membuat mereka kurang sehat. Salah satu yang tak terhindarkan, ruam popok. Saya pribadi, bahkan setelah dua anak saya telah remaja dan si sulung bahkan telah bekerja, masih sulit menghapus kenangan kurang nyaman dari momen-momen ketika mereka berdua mengalami ruam popok ini. Sudah berselang lebih dari sepuluh tahun malah.

Beruntung, di masa kini, telah tersedia banyak produk diapers yang membantu mencegah ruam popok. Ada pula layanan konsultasi, tanya dokter gratis, sekaligus juga bisa sampaikan masalah-masalah seputar konsultasi ibu dan anak. Senangnyaaaa. Kalau pun sampai terjadi ruam popok, para ibu akan segera tahu, kapan sebaiknya bayi atau balita segera dibawa ke dokter.

Mengapa Ruampopok Bermasalah Bagi Bayi dan Ibu?

Biasanya, apapun produk diapers yang kita pakai, wajib dianjurkan untuk segera mengganti setelah 4X BAK – Buang Air Kecil, bahkan langsung ganti jika bayi BAB. Saya meyakini, anjuran ini pada dasarnya dipegang teguh para ibu kebanyakan. Walau kadang, ada momen ketika mengajak bayi atau balita kita beraktivitas di luar ruangan, batasan ini suka molor.

Batas waktu yang molor inilah yang beresiko menimbulkan ruam popok. Kulit bayi atau balita yang rapat tertutup diapers dalam waktu lama, mulai kemerahan dan cenderung gatal. Akhirnya bayi atau balita kita jadi sangat tidak nyaman, gelisah hampir sepanjang waktu. Aktivitas rutin harian tak lagi menyenangkan. Momen memakai atau berganti diapers, jadi serba tak menyenangkan.

Satu kenangan saat berada di masa tak nyaman, karena si sulung sedang terkena ruam popok dulu, sekeluarga jadi ekstra sibuk. Begitu merahnya kulit di area sensitif, tak mungkin memakaikannya diapers apapun dulu. Setiap BAK atau BAB, dia jadi rewel luar biasa. Untuk beberapa hari, terpaksa kembali ke cara tradisional dulu. Memberikan alas tidur plastik dan cucian khusus pakaian serta alas kain lampin berbahan katun jadi sekian kali lebih banyak, dibandingkan saat biasa memakai diapers. Oh no, seandainya bisa mencegah, rasanya ingin sama sekali tidak pernah alami ruam popok.

Ruam popok yang membuat bayi/balita rewel. Cred. iStock
Ketidak-nyamanan lainnya, praktis tak ada dulu lagi scene aktivitas di luar rumah. Yang biasanya rutin jalan-jalan pagi dan sore, atau bahkan ngemall, puasa panjang dulu. Benar-benar harus menunggu sampai kulit yang kemerahan sudah kembali normal dan hal ini tidak bisa terjadi dari satu atau dua hari. Hiks

Dari kenangan tak nyaman tersebut, beberapa kondisi ruam popok yang kita sebaiknya segera ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, diantaranya;

Pertama, bayi atau balita kita rewel, gelisah dan menangis terus menerus. Padahal sudah tidak dipasangkan popok, tapi rewelnya tetap tidak berkurang. Segera ke dokter saja ya bu.

Kedua, ruam kemerahan di area kulit sensistif bayi atau balita semakin merah dan lebih tebal. Duh, menuliskan begini saja, saya ya ikutan tak nyaman. Bagaimana bayi atau balita kita ya bu.

Ketiga, muncul demam dan ruam kemerahan menjalar ke area kulit yang lain. Waduh, kalau begini, segera saja dibawa ke dokter ya bu. 

Beruntung Berkat Teknologi Diapers Terbaru

Lucky Zheng, Branding Director MAKUKU, menjelaskan, bahwa ruam popok merupakan salah satu dari penyakit kulit yang paling umum dialami oleh bayi, setidaknya sekali selama penggunaan popok. Namun, ternyata ada koq bayi-bayi yang ternyata bisa sama sekali tidak mengalami ini. Siapa?

Tokoh publik seperti Nikita Willy atau Jessica Iskandar, nyatanya berhasil lho melakukan tindakan antisipatif pada bayi mereka. Nikita misalnya, mengisahkan ia langsung menggunakan produk MAKUKU pada bayinya. Demikian juga Jessica Iskandar. Mereka sepakat, tak masalah menggunakan produk terbaik, sepanjang bayi mereka terjaga kenyamanannya.

Sebagian varian MAKUKU dan tokoh publik Chelsea Olivia bersama putranya yang telah menggunakan MAKUKU SAP Diapers Slim. Dokumentasi pribadi
Kembali ke Lucky Zheng, “Sebagai pelopor inti struktur SAP di Indonesia, MAKUKU SAP Diapers Pro Care berkomitmen untuk membantu para Ibu untuk menekan risiko ruam popok. Oleh karena itu, Program Jaminan “Tidak Cocok, Uang Kembali” dilaksanakan setelah peluncuran MAKUKU SAP Diapers Pro Care dan ternyata mendapatkan respon positif. Hingga saat ini, MAKUKU belum menerima pengembalian produk dengan alasan ruam popok pada kulit bayi.”

Skuy, Makin Kenal MAKUKU SAP Diapers Slim

MAKUKU telah resmi berdiri sejak tahun 2020. Orientasi perusahaan yang memayungi MAKUKU, yakni menyediakan produk berkualitas sesuai kebutuhan ibu dan anak. Untuk ini, MAKUKU memposisikan diri sebagai ‘Intimate Friend, Professional, Value Delivery, bersama-sama dengan orang tua menyediakan kebutuhan berkualitas serta pastinya terbaik bagi si kecil.

Kesungguhan orientasi serba berkualitas ini dilaksanakan juga melalui berbagai program nyata di lapangan dengan acara-acara offline untuk para orang tua. Misalnya, roadshow pengenalan langsung produk MAKUKU yang terselenggara di 10 kota besar Indonesia yaitu Jakarta, Bekasi, Yogyakarta, Bogor, Bandung, Medan, Tangerang, Surabaya, Bali, dan Makassar. Wah, beruntung sekali ya para pesertanya.

Acara offline keren lainnya, kolaborasi dengan 10 rumah sakit memberikan konsultasi kesehatan gratis. Kolaborasi ini akan dilaksanakan di 10 kota yang telah dipilih yaitu Jakarta, Tangerang, Karawang, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Lampung, dan Makassar mulai tanggal 16 Desember hingga 18 Desember 2022.

Dokter spesialis menemani para ibu, berkonsultasi terkait kesehatan bayi/balita mereka, serta memberikan edukasi mengenai masalah ruam popok. Di setiap kota, ibu-ibu peserta antusias memanfaatkan layanan konsultasi dokter gratis ini. Ssst, para ibu yang berkonsultasi mendapatkan popok gratis. Jadi, bisa langsung tahu keunggulan dari produk-produk MAKUKU.

Varian kemasan MAKUKU. Cred. SS Web MAKUKU
Kenangan masa kecil ibu dan bayi/balita bersama MAKUKU, adalah tentang ‘Kebahagiaan, Kesehatan, Kehangatan dan Kenyamanan’. Benar-benar sejalan kan dengan harapan ideal semua orang tua?

Adalah juga MAKUKU yang pertama di Indonesia menggunakan teknologi stuktur inti SAP (Super Absorbent Polymer), dimana cairan yang diserap takkan menggumpal, terserap maksimal serta anti bocor. MAKUKU SAP Diapers Slim sendiri adalah brand terbaru, dimana tersedia dalam dua tipe, yaitu tape perekat dan celana, dalam ukuran yang lengkap mulai dari New Born (NB) sampai usia > 15 bulan atau berat maksimal 25kg.

Tak ada lagi 'story' menggumpang, bocor dan 'menggantung'. Cred. SS Web MAKUKU
Tipe tape perekat tersedia untuk ukuran NB, S dan M. Untuk tipe celana, tersedia di ukuran M, L, XL dan XXL. Pilihan lengkap bukan? Secara lengkap, MAKUKU tersedia pilihan MAKUKU SAP Diapers Pro Care, MAKUKU SAP Diapers Slim, MAKUKU SAP Diapers Comfort dan MAKUKU SAP Diapers Balance Care. Jangan sungkan bertanya, produk mana yang paling tepat sesuai kebutuhan bayi atau balita kita ya.

Antisipatif Ruam Popok, Anti Menggumpal dan Slim

Di samping keunggulan teknologi struktur inti SAP, teknologi 3D membuat MAKUKU diapers tidak bersentuhan langsung dengan kulit bayi/balita. Kondisi inilah yang membantu langkah pencegahan maksimal agar bayi/balita tidak mengalami ruam popok. Tak hanya itu, ini dua keunggulan lainnya yang menjadi alasan utama, MAKUKU SAP Diapers Slim memang layak jadi ‘life time-partner’ bayi/balita kita.

Lapisan Pertama: lapisan permukaan non woven, menggunakan permukaan 3D. Keuntungan yang baik, karena mengurangi kontak langsung ke kulit bayi, secara efektif melindungi.

Lapisan Kedua: lapisan inti struktur SAP. Keunikan : 5 lapisan inti struktur, meningkatkan penyebaran serta mengunci cairan.Menjaga pantat bayi tetap nyaman, lembut dan tipis di saat yang bersamaan

Lapisan Ketiga : Lapisan bawah anti bocor + kain non-woven. Keunikan : Sirkulasi udara yang baik serta lembut.

Keunggulan teknologi SAP, membantu penyerapan maksimal. Cred. SS Web MAKUKU
Tak hanya tiga keunggulan di atas, yang terpenting justru keunggulan penguncian cairan yang membuat diapers tidak menggembung di satu lokasi dan pastinya tidak bocor pula ‘aroma’ dari BAk atau BAB mereka. Dua kondisi yang membuktikan, teknologi SAP membantu penyerapan cairan dengan maksimal. Dua hal yang membuat siapapun kita, pasangan orang tua/pengasuh dengan bayi atau balita, nyaman beraktivitas dimanapun, kapanpun. Setuju?

Mau Dong MAKUKU SAP Diapers Slim-nya

Nah, sekarang sudah makin yakin memasukkan MAKUKU sebagai produk utama belanja bulanan? Untuk ini, rasanya saya cuma satu dari jutaan para ibu, yang saat memiliki bayi atau balita, wajib memasukkan diapers sebagai produk belanja prioritas di daftar belanja bulanan. Udah, ngaku saja ^^

MAKUKU bisa dengan mudah kita dapatkan, mulai dari situs resmi mereka, juga di banyak marketplace. Tiktok Shop, Lazada, Shopee dan Tokopedia lengkap menjadi pilihan kita untuk berbelanja produk-produk MAKUKU.

Tentu juga bisa didapatkan dengan mudah di jaringan toko offline yang daftar lengkapnya bisa kita dapatkan di situs resmi MAKUKU. Di kota kelahiran saya, kota Selong di kabupaten Lombok Timur, produk MAKUKU tersedia lho di swalayan langganan. Meski dua anak saya sudah besar, saya bisa membelikan produk MAKUKU sebagai kado lahiran atau surprise hadiah bagi beberapa keponakan yang masih balita.

Kemasan MAKUKU SAP Diapers Slim putih bersih ya bu. Dokumentasi pribadi
Salah seorang tokoh publik lainnya, Chelsea Olivia yang telah memiliki dua anak, menyebutkan, “Konsultasi yang paling tepat adalah dengan dokter sebagai ahlinya. Mengganti popok secara berkala merupakan bentuk perawatan yang tepat untuk mengatasi risiko ruam popok bayi. Selain itu, pemilihan popok dengan daya serap yang tinggi juga tidak kalah pentingnya. Sama pentingnya dengan perawatan bayi, edukasi bagi para Ibu juga penting terutama untuk kesehatan bayi. Sebagai seorang Ibu, saya juga sangat bersemangat mendengarkan cerita dari Ibu lain hari ini sekaligus membagikan pengalaman saya secara pribadi sebagai seorang Ibu dalam MAKUKU Live Shopping di TikTok. Para Ibu juga dapat mengkonfirmasi secara langsung pada dokter yang merupakan ahlinya.”

Seru ya. Betapa lengkapnya MAKUKU menyediakan banyak hal yang terkait dengan kesehatan bayi/balita, ibu dan anak, melalui teknologi digital yang telah akrab dengan keseharian kita. Amat sangat jauh, jika dibandingkan dengan masa-masa saya bersama si sulung saat masih bayi sampai balita dulu.

Waktu itu, kami pernah melintas dua pulau, perjalanan laut dan darat dari Lombok menuju Semarang. Jelas popok adalah bawaan utama, karena si sulung masih terhitung New Born. Meski telah maksimal berusaha sering-sering mengganti popoknya sebelum 4 jam, tak urung si sulung hampir terkena ruam popok di perjalanan sekitar 24 jam penuh. Segera setelah sampai di Semarang, terpaksa si sulung ‘diistirahatkan’ dari penggunaan popok. Nglangut bener kalau ingat kenangan perjalanan ini.

Tentu kini takkan ada lagi episode sedih seperti di atas. Juga tak perlu mengulang kenangan tak nyaman lainnya, misal, ketika chill out dengan sesama ibu muda bersama bayi mereka. Susah buat segera berhenti beranjangsana. Empat jam sekali pun seringnya terasa kurang. Itu sebabnya, janji temu kadang dipilih di hari Ahad, sehingga bisa habiskan waktu bersama sejak pagi sampai sore.

Jadi masalah, ketika diapers yang dipakai bayi atau balita kita mulai tampak menggembung. Belum lagi kalau sampai wangi unik bayi atau cologne balita kita, mulai tertindih ‘wangi’ tak enak dari BAK yang terlalu banyak, atau bahkan BAB. Aaakk, kan sayang, yang tadinya mau seseruan seharian, terpaksa terpotong karena harus mengganti popok.

MAKUKU SAP Diapers Comfort NB, varian lain MAKUKU. Bisa jadi kado lahiran. Dokumentasi pribadi
MAKUKU SAP Diapers Slim, memastikan episode popok menggumpal dan kebocoran bau, lenyap sempurna dari setiap momen kebersamaan seperti contoh di atas. Untuk keponakan saya yang masih menggunakan diapers ukuran M, saya membeli di marketplace dan mendapatkan potongan diskon sampai ke harga sekitar 82K idr. Adapun varian tipe serta ukuran lainnya; tipe perekat (ukuran Newborn, S, M) dan celana (ukuran M, L, XL, XXL), siap kita pilih.

Semoga dengan pilihan paling tepat untuk produk MAKUKU, bayi atau balita kita terhindarkan dari ruam popok yang menggangu. Aamiin.
Bunsal
Hi, you can call me Bunsal, despite of my full name at my main blog domain. A mom blogger based on Lombok, Indonesia. I do blogging since 2005 and lately using my new email and the domain, start on 2014.

Related Posts

1 comment

  1. Bery nais mam bunsal.... Yu bery smat tu wereiting ebeut dat

    ReplyDelete

Post a Comment