Link Banner

Temukan Resep Rahasia Rasa “Spicy” Ternikmat di Sambal ini!

Bisa dibilang, nasi adalah kuliner (makanan) paling aman, saat travelling kemana pun di Indonesia. Yang sering jadi masalah, justru lauk pauknya. Biasanya, di cara pengolahan, bumbu dan pilihan penyedap rasa sebagai penyempurna sebelum dihidangkan.
Hadiri salah satu resepsi keluarga besar Kotaraja di auditorium kampus negeri di Lombok, kuliner khas seperti sayur Ares selalu wajib pindah ke piring. Dokpri
Salah satu kenangan pribadi saya, saat tinggal dan bekerja di Semarang, setelah sebelumnya lahir, besar lalu kembali menetap di Lombok. Saya yang penggemar pedas, kesulitan mendapatkan sambal Beberok khas Lombok yang menggunakan bahan serba segar kecuali terasi.
Iya, sambal tomat ala Lombok ini minimalis. Cukup cabe rawit dan tomat segar, garam serta terasi. Diulek halus, selesai. Jadi masalah, karena ternyata cabe rawit di Semarang dan Lombok, rasanya berbeda. Di Semarang, rawit yang biasanya dijadikan sambal Beberok di Lombok, pedasnya luar biasa. Bahkan, dinamai rawit setan saking pedasnya. Dua jenis cabai yang mudah ditemui, rawit hijau peneman serba gorengan, atau rawit keriting untuk berbagai jenis sambal.
Aaaaakkk, selalu jadi peer setiap kangen Beberok, hanya karena perbedaan rasa cabai rawit. Sambal terbaik khas Lombok yang jadi favorit saya, cukup lama harus saya sesuaikan dengan ketersediaan jenis cabai yang berbeda, selama tinggal di kota lumpia Semarang. Nah, setelah membahas pengalaman pribadi mencoba berbagai sambal dengan cabai dari tiap daerah, selanjutnya saya ingin membahas tentang Cabai Hiyung. Mari disimak.

Apa itu Cabai Hiyung?

Cabai hiyung adalah jenis cabai yang berasal dari Kalimantan, Indonesia. Cabai hiyung memiliki ukuran yang lebih kecil dari cabai biasa dan memiliki bentuk seperti kerucut dengan ujung yang lancip.
Alasan mengapa cabai ini menjadi salah satu  cabai dengan kualitas terbaik di Indonesia karena biasanya digunakan sebagai bahan masakan untuk memberikan rasa pedas pada makanan. Selain itu, cabai hiyung juga memiliki kandungan capsaicin yang cukup tinggi, sehingga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan seperti meningkatkan metabolisme tubuh dan meredakan rasa sakit.
Fakta menariknya, Cabai Hiyung ini berasal dari Desa Hiyung, Tapin, Kalimantan Selatan, oleh karena itu cabai ini diberi nama Cabai Hiyung. Saat ditanam di tempat lain, rasanya menjadi kurang pedas, bahkan cenderung tidak pedas.
Di kota-kota besar, keluarga yang biasanya sibuk kerja kantoran cenderung menyediakan kepraktisan dalam aktivitas kuliner mereka. Demikian juga dengan sambal. Syukurnya, jaman now, banyak tersedia pilihan sambal sesuai favorit masing-masing anggota keluarga. Sehingga, saat menyantap apapun, sambal yang tepat sesuai menu yang terhidang, jadi serba ada. Praktis, akan cocok dengan makanan apapun.
Kenangan sarapan bersama pak ketua KDM - Kitapixel Digital Mandiri. Roti bakar iya, dicolek sambal ya iya :D. Dokpri
Contoh saja, keluarga sibuk dengan anak-anak yang menyukai genre musik berbeda. Seringkali, perbedaan ini pun berlanjut pula ke cemilan favorit. Anak kita yang gandrung dengan KPop, biasanya akan ngemil juga kuliner khas negeri ginseng. Tteokbokki, corn dog, atau Ramyeon, makin sedap jika disantap dengan aneka saus atau sambal yang sesuai.
Bisa juga, karena sudah kadung favorit dengan sambal khas nusantara, jajanan atau cemilan negara luar, dicobai dengan menyolek ke sambal menggunakan bahan-bahan asli di Indonesia. Yang ini, biasanya buat kamu yang lebih suka ekpslor rasa. Paduan berbeda makanan luar dengan aneka sambal khas negeri kita.

Sambal ABC, Sambal Favorit Sekeluarga

Sebenarnya, sambal enak memiliki resep rahasia yang sederhana. Utamanya, bahan-bahan segar dan kondisi matang terbaik. Kembali ke Beberok Lombok, dengan bahan utama kangkung, tauge, kacang tanah goreng serta parutan kelapa, dan sambal tomat, semuanya dalam kondisi segar. Di samping cabai berkualitas, tomat dan kelapa muda segar, memberikan rasa khas berbeda.
5 varian sambal ABC. Doh, liat foto saja, auto ngiler sendiri. Cred. IG ABC Heinz Indonesia
Demikian juga ABC, salah satu brand yang sejak lama menjadi teman setia di dapur atau meja makan keluarga Indonesia. Kini, semakin banyak pilihan rasa sambal yang bisa menjadi favorit kamu, atau keluarga. Utamanya, 5 varian sambal tersebut menggunakan bahan utama Cabai Hiyung, menjadikan varian sambal ABC bukan sambal biasa. Pastinya makin sempurna, jika kita selalu menyimpang semua variasi rasanya. Ada sambal Asli, Ayam Goreng, Manis Pedas, Bawang Pedas dan Extra Pedas. 
Cabai Hiyung sendiri, dinamai persis seperti lokasi tanamnya di desa Hiyung, kecamatan dan kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Yang unik, jika ditanam di luar desa ini, rasa pedasnya akan jauh berkurang. Cabai Hiyung dirawat dan dipetik langsung oleh petani di Kalimantan. Kemudian menjadi salah bahan premium di varian sambal ABC. Keunikan yang menjadikan rasa spesial di setiap rasa sambal ABC favorit kita.
Keunikan cabai Hiyung, Kalimantan Selatan. Cred. AgroTVNews
Kamu yang suka pedas, bisa beli sekarang, di banyak marketplace. Kamu bisa temukan di toko Shopee, Tokopedia, Lazada dan BliBli. Kamu yang sibuk dengan aktivitas apapun, selalu bisa ‘My Spicy My Way’. Sssstt, sekarang ada kemasan pouch yang praktis. Mau makan siang di kantor sekali pun, sensasi pedas saat bersantap pasti bisa!
Bunsal
Hi, you can call me Bunsal, despite of my full name at my main blog domain. A mom blogger based on Lombok, Indonesia. I do blogging since 2005 and lately using my new email and the domain, start on 2014.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment