Link Banner

Strategi Cerdas Membayar Cicilan KTA Lebih Cepat

Kelola penghasilan untuk bisa seimbang antara pemasukan dan pengeluaran, mudah-mudah gampang, eh, gampang-gampang susah, maksudnya. Banyak teman saya yang masih memanfaatkan berbagai promo kartu kredit untuk mendapatkan produk berkualitas baik. Satu catatan terpenting dari mereka, kepemilikan kartu kredit sejatinya untuk memudahkan. Ya seperti promo produk. Tapi, jangan pernah menggunakan kartu kredit untuk meminjam uang. Apalagi kalau kita memiliki kebiasaan serba menunda. Sudahlah meminjam uang tunai, pelunasan pinjaman pun ditunda-tunda. Jangan sampai yaaa..
Kartu kredit bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu pembayaran saat travelling. Dokumentasi pribadi
Sebelum mengajukan Pinjaman KTA sebaiknya menghitung kemampuan dalam membayar cicilan sehingga tidak memberatkan. Cicilan KTA merupakan kewajiban yang tidak bisa ditunda dan harus dibayar setiap tanggal jatuh tempo. Keterlambatan dalam pembayaran dapat menyebabkan Anda harus membayar denda yang tidak sedikit jumlahnya.
Cred. https://img.freepik.com/free-photo/muslim-lady-use-smart-phone-credit-card-buy-purchase-e-commerce-internet-living-room-house_7861-2992.jpg
Untuk ketepatan waktu dalam membayar pun, sebaiknya diperhatikan karena ini juga penting dalam meningkatkan kepercayaan perusahaan keuangan sehingga kedepannya mudah memberikan pinjaman lagi.

Cara Melunasi Cicilan KTA dengan Cerdas dan Cepat

KTA bisa menjadi solusi ketika sedang membutuhkan banyak uang dalam waktu cepat. Karena prosesnya hanya beberapa jam, fitur ini bisa diandalkan sebagai solusi kebutuhan keuangan yang mendesak. Pemberi kredit biasanya sudah menjelaskan sistem cicilan yang harus dibayar oleh nasabah.
Dengan mengetahui kewajiban pembayaran cicilan KTA tersebut, nasabah bisa mengatur keuangan dengan lebih bijaksana. Meski bisa menjadi solusi, namun mempunyai hutang dalam jumlah banyak bisa menimbulkan masalah.
Diantaranya adalah beban pembayaran pokok dan bunga yang harus dibayar. Cara melunasi KTA dengan cerdas berikut bisa membantu agar beban tersebut berkurang.

1. Buat Daftar Tagihan

Beberapa orang ada yang mempunyai tagihan di beberapa tempat dengan total yang cukup banyak. Untuk bisa mengalokasikan pendapatan guna membayar cicilan tersebut, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat daftar tagihan. Buat list setiap tanggal jatuh tempo dan jumlahnya.
Selain itu, setiap nasabah perlu mengetahui besar cicilan KTA, baik untuk pokok maupun bunganya. Dengan mengetahui besar bunga yang menjadi kewajiban akan mendorong untuk semakin rajin bekerja dan mengumpulkan uang untuk melunasinya sehingga mengurangi tanggungan.

2. Jadwalkan Pembayaran

Pembayaran yang terlewat dari tanggal jatuh tempo mempunyai konsekuensi denda yang harus dibayar. Karena itu, pastikan Anda membayar sebelum waktu yang ditentukan. Salah satu caranya dengan mengaktifkan fitur auto debet pada rekening yang digunakan sehingga setiap tanggal yang sudah ditentukan, sistem akan melakukan debet secara otomatis.

3. Utamakan untuk Membayar KTA dengan Bunga Tertinggi

Teknik berikutnya untuk membayar cicilan KTA secara cerdas adalah dengan mengutamakan pembayaran jenis pinjaman berbunga tinggi. Bunga yang dibayarkan ini akan mengurangi jumlah penghasilan sehingga semakin cepat dilunasi, beban pengeluaran akan berkurang.
Dalam melakukan pelunasan, sebaiknya memastikan terlebih dulu pada perusahaan keuangan, apakah ada penalti yang harus dibayar sebagai kompensasi. Sebelum meminjam, sebaiknya Anda juga harus pertimbangkan hal ini. Jangan sampai keinginan untuk menekan pengeluaran justru harus membayar dalam jumlah lebih banyak.

4. Hitung Kembali Pendapatan dan Pengeluaran

Penyebab masalah tidak bisa membayar cicilan KTA, diantaranya karena tidak mengetahui jumlah pendapatan dan pengeluaran sehingga menyebabkan defisit. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa dengan menghitung kembali semua pendapatan dan pengeluaran.
Pastikan juga mengelola keuangan dengan bijaksana sehingga dapat menyisihkan untuk membayar cicilan. Kurangi pengeluaran yang tidak penting dan alokasikan untuk membayar hutang. Semakin cepat lunas, maka kemungkinan untuk bisa hidup lebih sejahtera bertambah besar.

5. Bayar Tepat Waktu

Tidak sedikit orang yang lupa dengan waktu pembayaran. Sebaiknya, setelah menerima pendapatan, segera selesaikan kewajiban, termasuk membayar hutang. Pembayaran tepat waktu merupakan salah satu track record yang menjadi pertimbangan dari bank sebelum memberikan pinjaman kembali.
Riwayat pembayaran tepat waktu bisa meningkatkan kepercayaan bank untuk memberikan pinjaman dalam jumlah lebih besar apabila mempunyai repayment capacity atau kemampuan membayar. Dengan membayar tepat waktu, selain membuat hutang cepat lunas Anda pun lebih tenang.

6. Maksimalkan Membayar Melebihi Batas Minimal

Bank atau perusahaan keuangan ketika memberikan pinjaman sudah menghitung kemampuan dari nasabah untuk membayar cicilan. Biasanya angka tersebut merupakan limit minimal yang harus dibayar berdasarkan kondisi keuangan nasabah saat mengajukan pinjaman.
Apabila mempunyai kelebihan dana, sebaiknya menambah pembayaran tersebut sehingga outstanding atau nominal saldo pinjaman bisa lebih berkurang dan cepat lunas. Yang perlu diingat, semakin cepat lunas maka akan lebih menguntungkan bagi nasabah.

7. Cari Pemasukan Tambahan

Berikutnya yang bisa dilakukan adalah menambah pemasukan. Saat ini banyak pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan tanpa mengganggu job utama. Selama pandai mencari peluang, banyak kesempatan untuk meningkatkan penghasilan dan menggunakannya untuk membayar hutang. Manfaatkan semua potensi yang ada agar lebih produktif.

Ambil Cicilan Aman dan Terpercaya di Digital Banking

Cred. https://img.freepik.com/free-photo/close-up-smiling-lady-reading-her-notes-diary_1262-17813.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.1.122370889.1683817063&semt=ai
Membayar cicilan sering menjadi beban, sedangkan konsekuensi ini sudah diketahui sejak menerima pinjaman. Karena itu membutuhkan strategi yang cerdas sehingga hutang tersebut cepat lunas.
Aplikasi digibank by DBS merupakan aplikasi perbankan yang dapat membantu untuk membayar utang. Karena penggunaannya lebih fleksibel.
Besarnya cicilan KTA di digital banking dari digibank by DBS juga dapat disesuaikan dengan kemampuan sehingga sangat membantu bagi penggunanya. Bukan itu saja, banyak keunggulan dari aplikasi ini yang bisa dirasakan oleh nasabah, diantaranya adalah:
  • Menyediakan berbagai kebutuhan perbankan secara lengkap, mudah dan terjamin aman.
  • Terdapat lebih dari 150 pilihan produk investasi dan asuransi yang recommended.
  • Tersedia penawaran kartu kredit dan pinjaman tanpa dokumen fisik dengan approval 60 detik.
Perlu di ingat! Cicilan merupakan kewajiban bagi nasabah yang harus segera diselesaikan begitu jatuh tempo. Jika Anda membutuhkan dana di waktu yang mendesak, Anda dapat mengajukan KTA pada Aplikasi digibank by DBS. Agar lebih yakin menjadi nasabah digibank by DBS, silakan cari tahu keterangan lebih lengkap mengenai pengajuan pinjaman tersebut di https://www.dbs.id/digibank/id/id/default.page

Related Posts

Post a Comment