Libur panjang akhir tahun akhirnya dimulai. Saat ini, banyak keluarga yang memilih berlibur, dengan menyetir sendiri mobil keluarga. Sayangnya, bagi beberapa orang mungkin belum banyak mengerti tentang apa itu transmisi hingga fungsi umum dari transmisi. Namun bagi orang orang yang suka dengan dunia otomotif, tentunya sudah tidak asing lagi. 

Bagi mereka yang telah terjun dalam bidang otomotif mungkin sangat paham betul mengenai semua hal yang terkait dengan ini. Lalu akhirnya, selalu siap menemani keluarga, berlibur kemana pun dengan mengendarai mobil sendiri. 

Pemandangan sunset, momen liburan keluarga yang berkesan. Dokpri

BACA LAGI: Kuliner Unik Singang Udang Sumbawa Di Liburan Keluarga


Transmisi tentunya memiliki peranan penting bagi kendaraan. Terutama kendaraan bermotor seperti motor ataupun mobil. Pada saat berlibur tentunya anda akan lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, transmisi ini memenuhi kebutuhan mobilitas pada saat ini. 

Apa Itu Transmisi Kendaraan 


Bagi yang belum mengetahui apa itu transmisi, transmisi merupakan bagian yang berada pada sistem power train atau biasa disebut dengan sistem penggerak pada sebuah kendaraan. Meskipun setiap mobil memiliki tempat transmisi yang berbeda beda, namun pada umumnya transmisi terletak pada sistem kopling dan poros roda. 

Di dalamnya tersusun roda dan gigi yang bertautan sehingga menghasilkan gelar ratio. Pada gear ratio ini memberikan pilihan pada pengemudi mengenai kecepatan pada sebuah mobil. 

Dimana semakin kecil gear ratio akan menyebabkan tenaga putar menurun, tetapi kecepatan pada putaran akan menjadi semakin cepat. Di dalamnya terdapat tuas yang dihubungkan dengan kabel yang berguna untuk mengatur sebuah kendaraan. 


Transmisi mobil baik, liburan pun nyaman
Transmisi mobil baik, liburan keluarga pun nyaman. Dokpri

Fungsi Transmisi Pada Kendaraan 


Pada transmisi ini biasanya akan dilengkapi dengan penggunaan adanya tuas transmisi yang sudah dihubungkan langsung atau dihubungkan dengan kabel selektor sebagai perantaranya. 

Dimana tuas transmisi ini juga bisa digunakan oleh pengendara agar bisa mengubah kecepatan serta tenaga putar yang dihasilkan agar bisa memungkinkan kendaraan bisa berhenti, melaju atau bergerak mundur. Lalu apa saja sih fungsi umum dari transmisi ini? 

1. Meneruskan Tenaga Serta Putaran Ke Poros Propeller 


Fungsi umum dari transmisi yang pertama adalah untuk meneruskan tenaga yang dihasilkan dan juga putaran mesin yang bermula dari kopling menuju ke poros propeller. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin ini bisa memutar plat kopling yang biasanya akan terhubung langsung dengan sistem input shaft transmisi. 

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin dapat memutar plat kopling yang sudah terhubung dengan input shaft transmisi. Saat input berputar maka rangkaian serta susunan roda gigi akan berputar sesuai kebutuhan. Setelah itu akan berujung pada output shaft yang juga terhubung dengan propeller, lalu diteruskan oleh transmisi hingga ke roda dan propeller. 

2. Mengubah Momen Yang Dihasilkan Oleh Mesin 


Fungsi umum dari transmisi berikutnya adalah bisa mengubah momen dari mesin yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan mobil. Biasanya kebutuhan ini akan diukur berdasarkan kecepatan, beban kendaraan dan juga kondisi jalanan yang dilewati. 

Semua itu tentu saja bisa mempengaruhi kemampuan dari mobil agar bisa tetap melaju. Pengguna gigi transmisi disesuaikan dengan kondisi jalan serta kondisi mobil yang dibawa dan tentunya ini berpengaruh dalam penggunaan oleh para pengemudi mobil itu sendiri. 

3. Membuat Kendaraan Bisa Berjalan Mundur 


Fungsi selanjutnya, transmisi memudahkan anda dalam memundurkan kendaraan. Terlebih lagi kendaraan yang beroda lebih dari dua. Anda cukup mengarahkan tuas gigi persneling pada huruf E yang telah tersedia. 

Dimana jika anda mengubah posisi gigi transmisi ke E ini tentu saja akan mengubah arah putaran yang akan bergerak dengan terbalik. Misalnya jika anda ingin mengubah gigi maju, maka output gear transmisi tersebut akan berputar ke kanan, dan untuk gigi mundur output dari gear transmisi tersebut akan berputar ke arah kiri. 

BACA LAGI: Blogging Asyik Itu Begini

4. Agar Mesin Tetap Hidup Walau pun Posisi Netral 


Fungsi terakhir dari adanya transmisi pada mobil adalah untuk memungkinkan mesin kendaraan agar bisa tetap hidup walaupun dalam posisi netral. Dalam posisi netral ini, putaran input transmisi tidak akan diteruskan ke poros output dari transmisi. 

Pemandangan indah, jadi salah satu target di liburan bareng keluarga. Dokpri

Bagi yang belum mengetahui posisi netral yaitu dimana mobil tidak dapat bergerak karena tidak adanya roda gigi dalam transmisi yang juga ikut berputar walaupun mesin masih tetap hidup. Untuk melakukan mesin netral ini cukup pindahkan tuas pada N saja. 

Nah, sekarang, sudah siap liburan jauh? Destinasi wisata di Indonesia, kini semakin banyak yang bisa didatangi beramai-ramai bersama keluarga. Liburan nyaman dengan mobil keluarga, berkendara pun aman karena transmisi mobil beroperasi dengan baik.

14 Comments

  1. Info yang sangat mencerahkan terutama untyk saya yg kurang mengerti ttg transmisi dan mesin!! Makasi banyak Mbak Blogger!!

    ReplyDelete
  2. Urusan permesinan ini memang harus diperhatikan sebelum liburan ya, mbak. Biasanya kami juga masukin mobil ke bengkel dulu buat cek ini itu sebelum liburan, supaya liburan aman dan nyaman

    ReplyDelete
  3. Baru ngeh mbak. Secara gabisa nyetir hihihi. Memang sih harus paham banget hal beginian biar lancar urusan mesin ya

    ReplyDelete
  4. Ah jadi gitu ya, baru tahu nih.
    Cakep banget infonya. Dan sangat bermanfaat. Thank for sharing ya

    ReplyDelete
  5. Aku baru tahu kalau fungsi transmisi bisa sebanyak ini. Dulu kupikir cuma buat perpindahan gigi aja. Pastinya sebelum dibawa liburan, mesin harus dicek dulu biar aman dan lancar pas jalan2 ya.

    ReplyDelete
  6. Terimakasih mb bunsal jd sedikit melek nih ttg permesinan..jalan2 makin tenang ya klu transmisi mobil bgs

    ReplyDelete
  7. Suami biasanya selalu cek segala rupa permesinan termasuk transmisi mobil supaya performa mobil tetep bagus jd selalu siap dibawa kemana aja

    ReplyDelete
  8. Aku nggak paham soal transmisi kendaraan, tahunya naik mobil atau motor dengan nyaman aja, hihi. Ntar deh kalo punya mobil sendiri, mau belajar tentang transmisi

    ReplyDelete
  9. Aku ngertinya mung kopling dan persneling, bun hehehee... Ternyata penjelasannya gini ya. Rada mbundet kiye inyong memahaminya. :) Maklum nyetir bisanya ya mung belajaran tok.

    ReplyDelete
  10. Sama kayak mbak Ika nih, aku pun juga kurang faham tenfang transmisi. Baca tulisan bunda jadi nambah info tentang dunia mesin dan mobil. Thank you, Bun

    ReplyDelete
  11. Bermanfaat bgt mba, aq yg g ngerti apa2 ttg dunia otomotif jd tau apa itu transmisi. Haha tahun depan jd pengen les nyetir deh

    ReplyDelete
  12. Agak mudeng sih masalah ini..krn yg biasa ke bengkel aku drpd suamiku..hihi. transmisi mmg kudu dikontrol keprimaannya biar mobil sll fit di jalan.

    ReplyDelete
  13. Buat aku yg buta otomotif, ini informatif banget sih mbak. Bisa nih kalo dishare ke yang membutuhkan, ya

    ReplyDelete
  14. Baca ini dikit2 jadi tau nih tentang transmisi mobil, biasanya cuma asal numpak wae urusan mesin bojoku wae lah hahaha

    ReplyDelete