Link Banner

Tiga Syarat Sederhana Aplikasi Crypto Bagi Pemula

Pekan pertama Februari, kita dikejutkan berita viral dari satu negara yang semula jadi destinasi wisata favorit. Turki, yang biasanya kita simak dari berita trip wisata selebritis Indonesia, viral selama berminggu-minggu setelah Senin 6 Februari karena gempa dahsyat beruntun. Guncangan gempa pertama terjadi di pukul 4 dini hari waktu setempat, sebesar 7.4 SR, disusul guncangan di selang beberapa jam dan tak kalah dahsyat.
Tak terbayang, langit biru Lombok juga pernah tersaput mendung kelabu, kedukaan dampak gempa beruntun di Agustus 2018 dulu. Dokpri
Sebagai yang pernah juga merasakan gempa berkekuatan besar dan beruntun di Lombok, saya menyimak intens berita terkait gempa Turki ini. Meski hanya sebatas kirimkan doa yang tak putus, saya berselancar di sosial media, berharap di hari-hari awal gempa banyak pertolongan yang datang. Syukurlah. Tentu selalu tidak seideal harapan banyak orang. Namun, berita-berita berhasilnya menyelamatkan para korban di bawah reruntuhan gempa, jauh lebih banyak dibandingkan berita menyedihkan.

Salah satu yang sempat menarik perhatian saya, bentuk donasi yang diberikan bagi para korban. Apa saja?

Lomba Donasi Bagi Para Korban Bencana Gempa Turki


Salah satu yang saya temukan, seorang pemilik toko bersegera menyumbangkan seluruh isi tokonya. Alhamdulillah. Donasi unik lainnya, pelaku industri Cryptocurrency, baik perusahaan atau komunitas, bersemangat pula menghimpun serta menyalurkan donasi mereka. Sempat pula saya melihat satu video, dimana selebritis Turki, membuka line telepon langsung untuk menghimpun dana donasi.

Bagaimana tidak berlomba. Dampak gempa massif menimpa sampai 10 provinsi di Turki. Juga negara tetangga di sisi Tenggara, Syria. Para tim penolong di awal, berlomba dengan waktu dan musim dingin yang menggigit. Pembelajaran berharga. Bagaimana pemberitaan terfokus pada upaya penyelamatan. Bukan berlarut membagikan rekaman kesedihan dan penderitaan.

Langkah Sederhana Donasi Crypto


Kamu yang juga ingin berdonasi, namun masih belum menemukan lembaga atau target donasi yang terpercaya, bisa memilih opsi berdonasi menggunakan crypto currency. Indonesia, belakangan sudah banyak menyediakan informasi, aplikasi dan lembaga terkait lainnya, dimana kamu bisa mulai membuka akun crypto dan memutuskan menggunakan currency apa.

Salah satu pioneer yang sempat viral di sosial media, Bitcoin. Satu bentuk aset crypto pertama di dunia dan di Januari 2020 harganya naik sampai 10.000%. Salah satu penyebab, viralnya Bitcoin di tahun tersebut.

Di tahun ini, aset-aset lain crypto tidak terbatas hanya di Bitcoin saja. Salah satu web yang saya kunjungi, bahkan menampilkan langsung pergerakan harga dari beberapa aset mereka, di antaranya Alchemy Pay, Neo, atau Ontology. Tentu jadi memudahkan kamu yang sedang menggunakan cryptocurrency tersebut.

Ssst, web ini terekomendasikan, karena beberapa alasan berikut:

Masih khawatir? Saya jadi teringat saran seorang mentor saya saat ingin belajar tentang crypto. Jangan ragu untuk bertanya, tidak sungkan eksplor berita crypto, aktif pula menyimak diskusi di grup-grup chat online yang membahas dunia ini.

Serunya lagi, masih di web yang saya sebutkan di tulisan ini, mereka sediakan halaman khusus untuk kamu yang ingin memperdalam pengetahuan. Sehingga ketika memutuskan untuk menggunakan aset tertentu, kamu sudah paham dengan semua resiko dan bisa tenang memantau setiap pergerakan harganya. Atau, mungkin ikut tergerak untuk berdonasi ke para korban gempa Turki, seperti pembuka tulisan ini.

Syarat Sederhana Aplikasi Crypto


Semakin eksis memanfaatkan banyak kemudahan berkat teknologi digital, setidaknya demikian pula yang kita harapkan ketika ingin juga ‘menempatkan butiran telur di keranjang berbeda’, istilah yang digunakan ketika ingin mengelola pendapatan kita. Proses pembuatan akun yang mudah serta sederhana melalui HP pintar, proses transfer dan penarikan dana yang sama mudah dan sederhana, pun bisa langsung beraktivitas atau bertransaksi. Yaaa, daripada keburu dananya habis karena terpikat program sale marketplace yang menggiurkan 😀

Demikianlah yang sebaiknya tersedia di aplikasi manapun, termasuk aplikasi cryptocurrency. Sebagian dari syarat sederhananya;

Pertama, pilihan rekening bank yang memudahkan untuk proses deposit atau withdraw (penarikan). Sepengalaman saya saat masih bekerja di exchanger forex di tahun 2000an dulu, saat ini sudah banyak daftar bank Indonesia yang bisa digunakan untuk proses deposit atau penarikan. Dulu, kita masih harus mengandalkan layanan exchanger.
Dunia cryptocurrency masa kini makin sederhana dan mudah dengan pilihan bank serta ewallet yang kita akrabi di transaksi digital. Dokpri
Kedua, pilihan penggunaan rekening ewallet. Ini juga teknologi digital yang sangat memudahkan kita. Pemanfaatan ewallet membuat siapapun bisa membuka akun crypto. Proses deposit bisa sambil shopping. Atau tak terbatas jam kerja, lokasi. Walau ya tentu memang tergantung pada koneksi internet dong ya ^^

Ketiga, update informasi terbaru terkait dunia crypto. Nah, ini, mengharuskan kita buat tidak malas mencari tahu. Jangan sampai dong, dana yang kita niatkan untuk wujudkan salah satu mimpi baik kita, mendadak lenyap karena malas memantau berita.

Tiga syarat sederhana di atas, membuat kita bisa aman kelola dana menggunakan cryptocurrency. Jadi, seorang investor yang berhasil, tidak hanya bergantung pada besaran modal awal berinvestasi. Keberhasilan merupakan paduan dari banyak faktor. Disiplin, sabar, tenang, visioner dan rutin menyimak update informasi terkait dunia crypto.

Berikutnya, jika bisa mulai berinvestasi dengan 11 ribu rupiah, siapapun kita telah bisa menjadi seorang investor. Syukur jika kemudian menjadi satu dari bagian besar yang dimampukan berdonasi. Alhamdulillah.
Bunsal
Hi, you can call me Bunsal, despite of my full name at my main blog domain. A mom blogger based on Lombok, Indonesia. I do blogging since 2005 and lately using my new email and the domain, start on 2014.

Related Posts

There is no other posts in this category.

11 comments

  1. Sekarang udah makin gampang ya, untuk daftar dan gunain aplikasi crypto apalagi buat pemula. Dan sampai saat ini juga saya belum terjun ke crypto karena masih pelajarin dari segala sisinya.

    ReplyDelete
  2. Wajib banget ya tahu dan update tentang dunia crypto jika memang ingin investasi di crypto ya, dan ternyata nggak sulit-sulit banget kok, apalagi sekarang udah ada aplikasinya

    ReplyDelete
  3. Saya tertarik di poin ke-3 mbak, biasanya untuk nyari update informasi terbaru terkait dunia crypto dimana ya mbak? yang update gitu

    ReplyDelete
  4. pas banget lagi nyari informasi seputar crypto, artikelnya mudah di pahami untuk pemula seperti saya.

    ReplyDelete
  5. Tersentuh bacanya, bahwa bagaimana pemberitaan terfokus pada upaya penyelamatan. Bukan berlarut membagikan rekaman kesedihan dan penderitaan!

    Aku udah ikutan tapi sebagai "bayaran" nulis di steemit -- which is karena terindikasi ada penyimpangan dana ke founder komunitas di steemit, akhirnya aku lupakan tulisan di steemit!

    nanti deh aku ikutan lagi

    ReplyDelete
  6. Poin ketiga memang perlu dicatat banget, nih, Crypto memang lagi trend. Tetapi, penting untuk gak sekadar ikutan. Harus paham banget dengan investasinya. Supaya lebih bijak untuk memutuskan ikut berinvestasi atau tidak

    ReplyDelete
  7. seberapa sering harus memantau info mengenai crypto?
    kalau saham kan melihat performa perusahaan, bisa pilih yang blue chip. Sementara crypto gimana ya mbak untuk pemula pilih mana yang ga bikin sport jantung?

    ReplyDelete
  8. Iya ya, sekarang ini apa-apa mudah dijangkau dengan kekuatan teknologi. Lupa bawa dompet asal bawa HP rasanya aman karena ada e-wallet. Tak kalah penting juga dan setuju dengan Mba bahwa kita harus sadar diri mau belajar dan sat set mencari informasi ^^

    ReplyDelete
  9. Untuk investasi crypto memang harus banyak mencari informasi biar tahu bagaimana proses dan caranya. Kreatif juga nih, crypto bisa untuk donasi

    ReplyDelete
  10. Aku belum belajar nih mba soal per-crypto-an.. Menarik nih untuk simpan dana dingin. Kalau sudah main crypto memang mesti bener-bener dipantau juga ya kak..

    ReplyDelete
  11. Makasih banyak, Kak, informasi seputar crypto yang kini kian populer. Jujur aja aku blak banget apalagi ada bitcoin dll makin pusing. Punya sedikit gambaran dari psotingan ini bahwa ternyata crypto pun bisa dipakai buat berdonasi ya. Keren!

    ReplyDelete

Post a Comment