Ke Belitong Demi Lintang dan Ikal

Trip impian sebenarnya tak cuma ke Belitong. Kalau menurutkan kata hati dan mimpi-mimpi, semua destinasi wisata terbaik Indonesia, rasa-rasanya ingin didatangi semua. Mulai dari snorkeling dan menanti sunrise pun senja di Pulau Weh, ujung terbarat negeri pertiwi. Juga menyantap ubi bekam batu, berlatar barisan pegunungan serba hijau, di lebatnya hutan-hutan alami Papua.

Lalu, mengapa Belitong? Apa karena Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata?

Di Lombok Ada Pohon Raksasa. Setinggi Apa Sih?


Yang ini, early sunset di Bukit Merese Lombok. Ntar, semoga bisa punya foto pribadi di pantai-pantai di Belitong. Dokpri
Nah, iya! Namun, bukan yang utama juga. Belitong adalah juga tentang kenangan di sana dan di sini. Salah satu yang receh, bahwa seorang Sandra Dewi yang cantik berasal dari sini, juga Ahok. Dua sosok yang mengingatkan selintas pada A Ling, yang diburu Ikal sampai lintas benua di buku Endensor. 

Lalu, ada pula kenangan selintas tentang pantai berbatu raksasa. Suasana selanjutnya alias kenangan yang ‘naik tingkat’, dari momen-momen mengesankan saat mengunjungi pantai Semeti Lombok. Kontur pantai berbatu, yang tentunya akan berikan tambahan kenangan mengesankan baru.

Spot Wisata Ramah Anak di Lombok Dimana Saja?


Apa hanya pantai berbatu raksasa? Tidak dong. Kan juga bakal wisata kuliner. Trip wajib lainnya, dari satu perjalanan wisata. Plus, tentu juga, obrolan ringan di warung kopi kecil. Berburu racikan kopi hitam masyarakat setempat. Tanpa gula. Latar dari kisah-kisah keseharian, tentang yang asli lahir, menetap dan berkeluarga di Belitong. Bisa juga tentang kisah para pendatang. 

Alasan berikutnya mengapa Belitong menjadi destinasi traveling impian, berburu spot-spot memancing. Baik di perairan lautnya, atau juga kawasan-kawasan air tawar, seperti muara sungai atau sungai-sungai besar di Belitong. 

Meski agak sedikit jerih. Auto teringat, salah satu momen Lintang terpaksa terlambat sampai di sekolah. Salah satu batang sungai yang dilalui Lintang, tengah menjadi lokasi ‘berjemur’ para buaya. Rrr, kan nggak lucu, kalau set memancing, strikenya buaya. Bukan ikan target. Huhuhuhu.

Ini juga masih di Bukit Merese, Lombok. Yang atas sisi timur, ini sisi baratnya. Dokpri
Tiga target besar di trip impian ke Belitong ini, makin perfek jika dinikmati sekeluarga. Terutama bareng si sulung. Makin gadis, makin susah bener ngajakin dia jalan bareng. Nggak relaaaaa ... (Nebeng curcol, boleh yaaaa).

Terus, sekarang, tinggal memikirkan ongkosnya ni. Harus segera membuat simulasi tabungan dan rencana A (sampai Z juga, mungkin) untuk perjalanan pergi serta pulang. Dari Lombok, menyasar kota transit di Jakarta. Nah, dari Jakarta, baru terpaksa memilih penerbangan Jakarta Belitong (terpaksa J)

Lombok ke Jakarta, opsi perjalanannya masih sangat banyak. Bisa memilih KMP Legundi atau Oasis, Lombok ke Surabaya. Surabaya ke Jakarta, bisa memilih bis, travel atau kereta api. Wadu, banyak pilihan begini, baik memilih juga melakoni rencana perjalanannya, koq sudah lelah sendiri yak? Wkwkwkwk.

Padahal, trip wisata notabenenya ya memang tentang perjalanan. Pasti lelah. Nggak mau lelah, mending lelap di kasur. Jadi jemaah rebahan. 

Baiklah. Trip Belitong sudah rapi tersusun. Sekarang, tinggal mulai menabung dan memantapkan hati, tabah dan teguh di perjalanan panjang menuju Belitong. Bisa! Mampu! Aamiin.

Di Lombok Beneran Ada River Tubing?


Nah, kalau nyampe di Belitong, bikin ulang pose begini. Si kakak dan si adik, pose a la suruhan bunda di Pantai Semeti. Dokpri
But wait. Kalau misalnya ada yang menawarkan trip bareng, misal nih, bawa mobil dari Bali dan trip lintas pulau sampai ke Belitong, boleh banget ditawarkan dulu. Secara sudah pernah melakukan trip mudik, memancing, lintas Jawa, Bali dan Lombok. Juga Jawa ke Lampung, pulang pergi. Tawaran begini, tentu akan menjanjikan perjalanan yang semakin seru. Plus pastinya penuh warna. Mungkin, dengan kamu dan keluargamu?

2 comments:

  1. Wah asyik juga kayanha bawa mobil sampe Belitong. Selama perjalanan bisa mampir di kota2 yg dilewatin

    ReplyDelete
  2. Keren...
    Narasi yang bagus..

    Kapan² main ke sini ah..

    ReplyDelete