Simple SEO a la BunSal


Ini masih hutang tulisan. Mengapa hutang, karena saya menyanggupi untuk mengulasnya. Mohon maaf, jadi berselang seminggu dari janji awal. 

Iyap, lagi dan lagi, mengulas tentang simple SEO. 

Blogging stuff yang sebaiknya memang harus dikuasai. Terutama jika ingin me-monetizing blog. Menerima job-job online. Baik itu Cp (content placement) atau kerap juga disebut Pp (placement post). Bisa juga campaign kombinasi. Sekian blog post, ditambah post-post di sosmed lain. Umumnya dikombinasi dengan sosmed di ‘kelas’ yang ‘setara’. Mulai dari Instagram, Facebook, Twitter, bahkan channel Youtube. Pendukung lainnya, saya sebut random, Google+, Linkedin, tumblr (sayangnya masih diblokir pemerintah Indonesia) dan pinterest. 

Ini Must Visit Wisata di Lombok: ...Sembalun, Tubing Sungai Pringgasela, dan Sentra Tenun Desa Sukarara

Masih selalu merasa pembelajar, saya dapatkan semua pengetahuan tentang SEO (search engine optimization) dari diskusi jaman masih milisan dulu, training atau sharing kelas bloger. Sebagian besar saat masih aktif di komunitas bloger Semarang, Loenpia dot Net. Yang terakhir dan terhitung serius, training SEO dari PT Dwidaya Travel. Perusahaan yang miliki Ezy Travel. Saya waktu itu satu dari enam bloger yang dikontrak sebagai penulis di web travel hellolombokku yang sekarang sudah almarhum (sayang ya). 

Nah, sebelum mulai, saya ingatkan sesuatu. Sebagian besar praktek SEO, sekarang sudah tersedia di Google. Iyap, bukan sekadar mesin pencari, sejak mem’beli’ blogspot, blogging things memang sudah komplit plit di Google. Berikutnya, meski sudah tersedia pilihan Bahasa Indonesia, sebagian besar alat ini masih ber-Bahasa Inggris. Jadi, pengetahuan dasar bahasa ini memang satu keharusan. 

Pengantarnya cukup dulu, yuk langsung praktek.


Contoh Placement Post di Blog BunSal: . . .Stimuno Forte, Vitamin Anak, dan Mombassador SGM

Nah, di atas, dua kotak transparan berisi sekitar 6 link berbeda. Kata yang berwarna biru, sesuai dengan pengantar yang saya tuliskan. Enam link di atas disebut Inbound Link. Alias, Link Ke Dalam, karena semuanya merujuk ke tulisan-tulisan yang ada di blog ini juga.

Sepertinya ini dulu. Sebentar lagi sudah waktunya berbuka. Jadi, belajar SEO sederhana a la Bunsal, lanjut di tulisan berikutnya ya ^^.

Sedikit penutup, ini beberapa jejak yang masih tersisa dan dimunculkan mesin pencari. Dari beberapa foto dan tulisan saya plus rekan-rekan bloger Lombok lainnya di web travel hellolombokku.
Jejal lainnya, di linimasa Twitter.

Dari mesin pencari Google. Sayang, cache webnya tidak muncul.
Foto bagus ini bukan milik saya. Mengeceknya ke web hellolombokku pun tak bisa.

8 comments:

  1. Terimakasih artikel pembahasannya,kak.
    Nambah referensi buat kita semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali.
      Alhamdulillah jika niat saya sampai.

      Salam siang dari Lombok

      Delete
    2. Terimakasih,kak Muslifa.
      Sukses selalu ya.

      Delete
  2. Membuat penasaran. .Ditunggu sharing berikutnya ya mba... :)

    ReplyDelete
  3. Masih belum paham tentang seo. :(

    ReplyDelete
  4. Berarti link kedalam itu penting ya mbk. Makasih sharingnya. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  5. selamat ya jadi penulis kantor travel. Mpo juga masih belajar SEO . walaupun agak pusing kalau denger SEO

    ReplyDelete